Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 manfaat lari yang perlu kita ketahui

15 manfaat lari yang perlu kita ketahui
Foto oleh Olha Ruskykh: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-topless-dengan-celana-pendek-hitam-berlari-di-lapangan-rumput-hijau-6280358/


15 manfaat lari yang perlu kita ketahui

Lari – ini adalah salah satu olahraga yang banyak di gemari oleh semua kalangan, karena olahraga ini sangat praktis dan bisa di lakukan di mana saja dan kapan saja. Olahraga ini juga termasuk kedalam olahraga yang ekonomis karena olahraga ini tidak memerlukan alat – alat yang khusus.

Dibawah ini akan dunia guru 87 jabarkan beberapa manfaat dari olahraga lari yang sangat perlu untuk kita ketahui

Manfaat lari untuk tubuh manusia

Dengan melakukan olahraga lari secara rutin mampu membuat tubuh kita menjadi lebih sehat dan segar. Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari berolahraga lari antara lain :

1. Meredakan setres

Jika kita kerap mengalami setres karena pekerjaan atau hal lainnya, olahraga lari sangat di rekomendasikan untuk bisa kita lakukan. dengan lari kita akan bisa mempermaiki mod dan suasana hati, apalagi jika kita berolahraga lari ini dengan teman atau orang terdekat. 

Kita bisa mencoba dengan melakukan olahraga lari di pagi hari agar kita siap untuk melakukan aktivitas kita selanjutnya.

2. Mencegah terjadinya obesitas

Salah satu manfaat dari olahraga lari adalah membakar lemak, karena olahraga lari ini akan memperlancar metabolisme. Semakin sering kita melakukan aktivitas lari, akan semakin kecil pula kita bisa terjangkit obesitas.

3. Memperkuat sendi

Medicine & scince in sport pernah melakukan penelitian pada 100.000 orang yang melakukan aktivitas lari dan jalan kaki, dari penelitian ini ditemukan aktivitas lari mampu untuk menurunkan kemungkinan kita untuk terkena osteoartitis. Hal ini bisa terjadi karena setiap kita melakukan aktivitas lari, tulang kita akan semakin menguat.

4. Kesehatan jantung

Setiap kita melakukan aktivitas lari, jantung kita akan berdebar lebih kencang dari aktivitas biasa kita. hal ini menjadi pertanda bahwa jantung kita sedang dilatih supaya bisa menjadi lebih kuat. Hal ini tentu akan membuat kita bisa terhindar dari berbagai penyakit.

5. Membakar kalori

Tak dapat kita pungkiri bahwa olahraga lari sangat banyak membutuhkan kalori. Maka dari itu sangat di sarankan untuk kita bisa meluangkan sedikit waktu kita untuk melakukan lari. Apalagi bagi orang orang yang tengah menjalani program diet, olahraga lari ini sangatlah disarankan.

6. Memperkuat otot dan juga tulang kaki

Pada saat kita lari, organ tubuh yang paling banyak bekerja adalah kaki kita. hal ini akan membuat kaki kita menjadi terlatih, dan akan berimbas kepada struktur kaki yang lebih baik dan akan memiliki bentuk yang lebih atletis.

7. Meningkatkan stamina

Tidak sedikit dari kita yang beranggapan bahwa olahraga lari ini akan membuat tubuh kita menjadi gampang lemas dan juga letih. Faktanya adalah dengan kita melakukan aktivitas lari akan membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan sehat, karena aliran darah akan dapat tersuplai dengan lebih baik ke seluruh tubuh.

8. Meningkatkan libido

Dengan berolahraga lari dengan rutin, akan dapat meningkatkan libido kita. hal ini bisa terjadi karena kepercayaan diri yang akan meningkat, sehingga tubuh akan menjadi lebih rileks dan juga nyaman.

9. Memperkuat memori

Anda sering lupa? Atau sulit mengingat sesuatu ? jika Anda sering mengalami ini, olahraga ini sangatlah di sarankan. Olah raga lari dapat meningkatkan dan menguatkan ingatan kita baik itu jangka pendek dan jangka panjang.

10. Menurunkan risiko terkena kanker payudara

Kemungkinan untuk terjangkit kanker payudara akan menurun 20% lebih bagi wanita yang menggemari olahraga lari, dan  bagi wanita yang pernah menderita kanker payudara , akan menurun 40% lebih kemungkinan terjangkit kembali kanker payudara ini.

11. Paru paru menjadi sehat

Manfaat lain dari olahraga lari adalah dapat meningkatkan kualitas dari paru – paru dan juga akan pemperkuat otot pernafasan kita.. paru paru kita akan dapat bekerja dengan lebih efisien, sehingga akan sangat bagus bagi para penderita asma.

12. Hati yang sehat

Dengan rutin lari akan dapat menjaga berat badan yang ideal sehingga akan mengurangi kemungkinan pengembangan dari fatty liver. Fatty liver ini adalah masalah yang terjadi ketika lemak tertumpuk pada sel – sel yang ada di hati. Biasanya kondisi ini tidaklah berbahaya, tapi jika terkait dengan penyakit jantung dan juga stroke akan dapat menyebabkan peradangan yang akan mengarah kepada sirosis.

13. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bagi teman – teman yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi, sangat di sarankan untuk bisa melakukan olahraga lari secara rutin.

Walaupun ketika kita berolahraga akan menyebabkan tekanan darah kita melonjak sementara, tapi hal ini tidak perlu kita khawatirkan, karena dengan berolahraga lari dapat menurunkan risiko dari darah tinggi, kolesterol, dan juga diabetes.

14. Suasana hati yang membaik

Kita semua pasti pernah merasakan suasana hati yang tidak baik,  maka dengan berlari akan membuat kita lebih bersemangat dan dapat berpikir lebih positif.

Aktivitas lari yang cukup intens di percaya mampu menyebabkan peningkatan dari endocannanoid yaitu bahan kimia yang akan dapat memberi sinyal kesenangan.

15. Kualitas tidur yang lebih baik

Dengan berolahraga lari secara rutin di pagi hari akan membuat tidur kita menjadi lebih nyenyak. Study dari journal of adolescent healt mengemukakan bahwa dengan melakukan aktivitas lari di pagi hari secara rutin akan dapat meningkatkan kualitas tidur kita.

Olahraga lari tidak hanya dapat kita lakukan di pagi hari, kita bisa melakukan olahraga ini pada siang atau malam hari, efeknya juga akan sama yaitu  mengurangi kemungkinan kita untuk mengalami kesulitan tidur.

Selain dapat memperbaiki kualitas tidur,  dengan berolahraga lari kita akan dapat mengurangi rasa kecemasan dan juga depresi.

Demikianlah pembahasan dari manfaat lari yang sangat perlu untuk kita ketahui, dunia guru 87 sangat berharap dengan terbitnya artikel ini akan dapat memacu diri kita untuk memulai berolahraga.