Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Penyakit yang wajib ibu hamil ketahui dan waspadai

10 Penyakit yang wajib ibu hamil ketahui dan waspadai
Foto oleh Janko Ferlic: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-hamil-590496/

10 Penyakit yang wajib ibu hamil ketahui dan waspadai

Ibu hamil – perubahan bentuk tubuh dan juga perubahan hormon akan di alami oleh wanita yang tengah hamil, hal ini akan membuat ibu hamil sangat rentan untuk terjangkit suatu penyakit. Apalagi ketika hamil ini, sistem imun tubuh akan bekerja dengan sangat keras. Di bawah ini adalah beberapa penyakit yang biasa terjadi pada ibu hamil yang perlu kita ketahui

Penyakit – penyakit ibu hamil

Ibu hamil harus bisa menjaga kesehatan tubuhnya, karena akan berpengaruh juga kepada janin yang di kandungnya, terkadang gejala – gejala penyakit ini terlihat tidak berbahaya tapi hal ini merupakan pertanda dari akan munculnya penyakit penyakit yang berbahaya.

Maka dari itu ibu hamil harus bisa mencegahnya sedini mungkin agar tidak terjadi hal – hal yang tidak di inginkan. Dibawah ini adalah beberapa penyakit yang biasanya menyerang ibu hamil yang telah dunia guru 87 rangkum antara lain :

1. Keputihan

Penyakit ini adalah penyakit yang paling sering menyerang ibu hamil,  kemungkinan terjadinya keputihan ini akan meningkat pada masa keputihan karena berfungsi untuk melindungi vafina dari terjadinya infeksi, keadaan ini akan membuat dinding dan juga leher rahim menjadi lebih lembut.

Pada masa akhir kehamilan, jumlah keputihan akan meningkat dan biasanya juga akan terdapat bercak darah. Hal ini adalah salah satu pertanda persiapan kelahiran., tapi jika keputihan ini mengalami perubahan warna, aroma dan timbulnya rasa nyeri di areal vagina,  alangkah baiknya segera di periksakan ke dokter.

2. Anemia 

Anemia merupakan penyakit berikutnya yang biasanya menyerang ibu hamil, apabila ibu hamil tidak mendapatkan penanganan yang baik, akan meningkatkan kemungkinan untuk terjadinya bayi prematur, kurangnya berat bayi, bahkan bisa menyebabkan kecacatan pada bayi.

Anemia biasanya menyerang ibu hamil yang memiliki janin kembar, pola makan yang tidak sehat, dan morning sickness. Pada masa kehamilan , ibu hamil cenderung membutuhkan lebih banyak darah, tapi jika tubuh ibu hamil tidak bisa memproduksi hemoglobin yang banyak akan mengakibatkan terjadinya anemia.

3. Hepatitis B

Hepatitis B merupakan salah satu penyakit yang harus di waspadai oleh ibu hamil. Walaupun begitu janin yang ada pada ibu hamil tidak terpengaruh oleh virus hepatitis B ini.

Namun pada beberapa kasus, hepatitis B ini biasanya bisa mengakibatkan terjadinya bayi prematur, berat badan rendah pada bayi, terjadinya kelainan anatomi dan fungsi tubuh dari bayi.

4. TORCH

Salah satu penyakit yang wajib untuk ibu hamil waspadai adalah TORCH. Kegiatan pemeriksaan TORCH ini sangat diperlukan untuk bisa mendeteksi cytomegalovirus, toksoplasmosis herpes simplex, dan infeksi lainnya

Jika torch ini terjadi pada ibu hamil, akan meningkatkan kemungkinan janin untuk mengalami gangguan saraf , kelainan pada mental, gangguan tiroid, dan kelainan sistem pada imun tubuh.

5. Plasenta previa

Plasenta previa ini merupakan keadaan ketika ari – ari yang terletak di bawah rahim, dan menutupi jalan lahir janin. Plasenta plevia ini akan mengakibatkan terjadinya pendarahan di bawah rahim. Jika pendarahan ini tidak bisa kita hentikan, akan memungkinkan untuk terjadinya operasi sesar.

6. Pendarahan

Pada trismester awal, biasanya ibu hamil akan mengalami pendarahan. Pendarahan ini bisa terjadi karena terjadinya proses penempelan sel telur pada dinding rahim. 

Pendarahan bisa di katakan berbahaya apabila terjadi keram dan nyeri yang sangat hebat, selain itu pertumbuhan janin yang tidak normal juga dapat mengakibatkan terjadinya pendarahan, untuk mendapatkan penanganan yang maksimal, ibu hamil di sarankan untuk mengkonsultasikannya dengan dokter kandungan.

7. Diabetes gestasional

Ini merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang ibu hamil. Penyakit ini bisa menjangkit ibu hamil yang belum pernah didiagnosis diabetes sebelumnya.

Penyebab terjadinya penyakit ini masih belum diketahui secara pasti penyebabnya.  Walaupun demikian faktor dari perubahan hormon sering di kaitkan sebagai salah satu pemicunya.

8. Candidiasis

Candidiasis merupakan salah satu penyakit ibu hamil yang terjadi karena perubahan hormon. Penyakit ini biasanya terjadi karena infeksi dari jamur candida.

Meskipun jamur candida ini tidak berbahaya,  jamur ini bisa berkembang dengan sangat tidak terkontrol sehingga bisa mengakibatkan terjadinya infeksi.

9. Sakit punggung

Dengan pertumbuhan dari usia kehamilan, akan berimbas kepada kondisi yang memberatkan panggul dan juga punggung ibu hamil. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya sakit punggung.

10. Sembelit

Penyakit ini biasanya terjadi pada trisemester awal. Penyakit ini bisa terjadi karena perubahan hormon, meskipun demikian sembelit ini juga bisa terjadi karena pola makan yang di konsumsi ibu hamil yang kurang akan serat.

Apabila hal ini kita biarkan bisa menyebabkan terjadinya ambeien, ambein ini adalah terjadinya pembengkakan pembuluh darah yang terjadi di areal anus.

Demikianlah pembahasan artikel tentang penyakit yang biasanya menyerang ibu hamil. Semoga saja dengan terbitnya artikel ini bisa menjadi rekomendasi ibu hamil di dalam menjaga kesehatan.