Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Obat pegal linu paling manjur

8 Obat pegal linu paling manjur
Foto oleh Alex Umbelino: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-duduk-taman-rasa-sakit-13920604/


8 Obat pegal linu paling manjur

Pegal linu – suatu keadaan yang sering dialami saat kita melakukan aktivitas harian. Pegal linu ini adalah keadaan ketika sendi dan otot kita terasa nyeri atau kaku. Pada umumnya pegal linu terjadi di areal punggung, bahu, pinggang hingga bagian kaki, lalu bagaimanakan cara kita untuk mengatasi pegal linu ? dan apa sajakah obat yang bisa mengatasi pegal linu ini?

Jenis – jenis obat pegal linu

Tak dapat kita pungkiri, jika pegal linu ini dibiarkan akan mengganggu aktivitas harian kita. di bawah ini adalah beberapa obat yang di rekomendasikan untuk mengatasi pegal linu

  • Beras kencur

Beras kencur merupakan salah satu jamu yang bisa kita gunakan untuk mengatasi pegal linu. Kandungan yang ada di dalam beras kencur ini sangat bagus untuk merilekskan otot yang kaku atau menegang akibat dari aktivitas yang berlebihan. 

Dengan mengkonsumsi beras kencur ini dua hingga tiga kali sehari akan mampu untuk meredakan pegal linu yang mendera. Selain itu beras kencur ini juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

  • Jahe

Selain untuk mengobati masuk angin, jahe ini juga bisa kita golongkan sebagai jamu yang bisa mengatasi pegal linu. Jahe memiliki fungsi untuk merenggangkan otot  yang kaku akibat dari aktivitas yang kita lakukan. kita bisa meminum air rebuasan jahe 2 hingga 3 kali sehari hingga pegal linu ini hilang.

  • Paracetamol

Paracetamol merupakan salah satu obat untuk pegal linu. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi paracetamol ketika kita mengalami pegal linu. Seperti yang kita ketahui paracetamol merupakan obat pereda rasa nyeri. Paracetamol ini sendiri merupakan salah satu obat yang paling sering di konsumsi untuk mengobati rasa nyeri dari nyeri ringan hingga sedang.

Sangat di sarankan untuk mengkonsumsi paracetamol ini sesuai dengan takaran yang ada di bungkus obat ini, karena jika kita mengkonsumsi paracetamol ini tidak sesuai dengan takaran, akan menimbulkan efek samping seperti mual, pusing, hingga rasa kantuk.

  • Temulawak

Salah satu cara mengatasi pegal linu adalah dengan mengkonsumsi minuman temulawak. Sudah menjadi tradisi minuman temulawak ini di pergunakan untuk mengatasi pegal linu. Kita bisa mencampur minuman temulawak ini dengan beberapa bahan alami seperti gula merah, madu, atau bisa juga menggunakan kuning telur.

  • Ibuprofen

Ibuprofen ini merupakan salah satu alternatif obat selain paracetamol untuk mengatasi pegal linu. Hal ini bisa terjadi karena ibuprofen memiliki sifat anti nyeri dan juga anti inflamasi yang akan dapat mencegah tubuh kita mengalami peradangan. Yang perlu kita perhatikan adalah dosisnya, sangat di sarankan untuk mengonsumsi ibuprofen ini sesuai dengan takaran yang sesuai, jangan sampai kelebihan karena akan membawa efek samping.

  • Daun sirih

Di dalam daun sirih terdapat senyawa anti inflamasi yang membuat daun sirih ini bisa kita gunakan untuk mengatasi pegal linu. Kita bisa mengkonsumsi air rebusannya 2 hingga 3 kali sehari atau kita juga bisa menggunakan daun sirih ini ketika mandi, dengan casra merendamnya di air hangat yang akan kita pergunakan untuk mandi.

  • Kayu manis

Kita bisa merendam kayu manis ini di air yang mendidih selama kurang lebih 10 menis, dan mengkonsumsinya di malam hari menjelang kita tidur. Kayu manis ini akan membuat tubuh kita menjadi lebih rileks dan nyaman.

  • Kunyit asam dan susu yang hangat

Perpaduan antara kedua ini di percaya mampu untuk mengatasi pegal linu. Seperti yang kita ketahui susu memiliki zat yang dapat meredakan rasa nyeri, begitu pula kunyit yang bisa membuat rileks otot dan sendi kita yang kaku.

Mengobati pegal linu tanpa menggunakan obat

Selain mengkonsumsi obat obatan, kita juga bisa meredakan pegal linu dengan beberapa cara di bawah ini

  • Mandi air hangat

Dengan mandi air hangat dan mengkompres bagian tubuh yang nyeri akan membuat otot kita yang tegang menjadi rileks, sehingga akan meredakan rasa dari pegal linu.

  • Pijat

Melakukan pijatan sangatlah cocok untuk mengatasi pegal linu, beberapa pijatan yang direkomendasikan antara lain pijat refleksi, thai massage dan shiatsu.

  • Perbanyak cairan

Kondisi pegal linu akan terasa semakin parah jika tubuh kita kekurangaan cairan. Maka dari itu sangat di sarankan agar kita bisa mencukupi cairan tubuh. Cara mencukupi kebutuhan cairan ini adalah dengan mengkonsumsi  air putih , semangka, jeruk , melon, dan juga oyong.

Penyebab terjadinya pegal linu

Pasti ada sebab kita bisa mengalami pegal linu, penyebab tersebut antara lain aktivitas harian kita yang terlalu berat, mengangkat beban yang lumayan berat, cedera,  atau bisa juga karena duduk atau berdiri yang di lakukan cukup lama.

Demilkianlah pembahasan tentang 8 obat pegal linu yang bisa dunia guru 87 bagikan, semoga saja artikel ini bisa membantu kita untuk mengatasi efek dari pegal linu.