Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips tips menjaga kesehatan kulit bayi yang perlu bunda ketahui

Tips tips menjaga kesehatan kulit bayi yang perlu bunda ketahui
Foto oleh Victoria Akvarel : https://www.pexels.com/id-id/foto/bayi-tersenyum-berbaring-di-matras-putih-1648377/


Tips tips menjaga kesehatan kulit bayi yang perlu bunda ketahui

Kulit bayi – seperti yang kita ketahui bahwa kulit bayi sangat sensitif, tapi tidak sedikit ibu ibu yang mencoba beberapa produk kulit bayi. Tapi penggunaan produk untuk kulit bayi yang salah akan dapat menyebabkan iritasi.

Jenis jenis penyakit kulit bayi yang sering muncul

Menurut dr. patricia, terdapat beberapa penyakit kulit yang biasanya menyerang antara lain :

1. Miliaria

Penyakit ini sering kita kenal dengan biang keringat, biang keringat ini paling sering di alami oleh kulit bayi. Penyakit ini ditandai dengan munculnya bintik bintik kecil yang berwarna merah dan terkadang terdapat cairan di dalamnya dan juga terkadang disertai dengan rasa gatal.  Akibatnya adalah bayi akan menjadi susah tidur dan juga rewal 

Cara mengobatinya adalah dengan menjauhkan bayi dari tempat yang panas, gunakanlah pakaian yang dapat menyerap keringat dan nyaman untuk di gunakan bayi. Selain itu kita juga bisa menggunakan krim steroid untuk mengobati biang keringat ini, tapi dengan catatan harus dengan resep dokter.

2. Eksim 

Eksim merupakan salah satu masalah yang sering menyerang kulit bayi, bagi bayi yang memiliki riwayat turunan alergi dan juga asma dari orang tuanya  akan memiliki peluang yang lebih besar untuk terkena penyakit eksim ini. eksim ini juga akan dapat menimbulkan rasa gatal dan juga kemerahan pada kulit bayi.

Gejala dari eksim ini adalah timbulnya ruam yang berwarna kemerahan pada pipi bayi, yang akan terasa sangat gatal. Eksim ini juga akan muncul pada lipatan lutut dan juga lipatan kaki. 

Cara mengobatinya adalah dengan menggunakan krim steroid tapi harus sesuai dengan resep dokter.

Bayi yang yang mengalami eksim ini akan mempunyai kulit kering dan juga sensitif, sehingga memerlukan penanganan yang khusus agar eksim ini tidak kambul lagi. 

3. Ruam popok

Sebagian besar bayi memang menggunakan popok, maka bayi akan sangat rentan untuk terkena ruam popok. Tanda tanda bayi yang mengalami ruam popok ini adalah munculnya kemerahan dan juga gatal yang bisa disertai dengan nanah dan juga demam.

Ruam popok ini merupakan penyakit pada kulit bayi yang disebabkan oleh popok yang telah terititasi kecing dan juga fases bayi tersebut.  Popok ruam ini juga bisa terjadi karena infeksi jamur dan juga bakteri.

Cara mengobati popok ruam ini adalah dengan sering kita mengganti popok bayi, menggunakan krim yang mengganung zinc oxide dan aloevera,  dan bisa juga dengan menggunakan krim anti jamur.

Cara merawat kulit bayi yangn perlu kita ketahui

Merawat kulit bayi tidaklah susah asal kita tahu caranya, kita bisa melakukan beberapa hal di bawah ini 

• Menggunakan air yang hangat untuk memandikan bayi

• Gunakanlah sabun bayi yang khusus untuk bayi, terutama untuk bayi yang memiliki kulit yang sensitif, apalagi guru yang mengalami eksim diusahakan untuk menggunakan sabun yang mengandung hipoalergenik

• Setelah kita memandikan bayi, gunakanlah handuk yang lembut dan pastikanlah kulit bayi benar benar kering sebelum kita menggunakan popok.

• Menggunakan pelembab khusus unutk bayi

• Menggunakan pakaian dengan bahan yang lembut, dan nyaman untuk bayi

• Menyesuaikan pakaian dengan suhu udara.

Mitos dan juga fakta tentang perawatan kulit bayi

Di bawah ini adalah beberapa fakta dan juga mitos seputaran perawatan kulit bayi antara lain 

• Menggunakan sabun berjenis antiseptik

Salah satu cara perawatan kulit bayi adalah dengan memilih sabun bayi yang tepat. Tidak sedikit orang tua yang menganggap bahwa sabun antiseptik ini cocok untuk merawat kesehatan kulit bayi.

Faktanya adalah sabun antiseptik terdapat senyawa kimia yang keras untuk kulit bayi, penggunaan dari sabun antiseptik ini justru akan dapat mengakibatkan kulit bayi menjadi iritasi dan juga kemerahan pada kulit bayi.

• Eksim susu yang terjadi karena pipi bayi terkena cipratan asi

Tidak sedikit ibu yang tidak mau menyusui bayinya karena rasa takut kalau bayinya nantinya terkena asi dan terjangkit eksim susu, apakah itu benar ?

Faktanya adalah eksim susu merupakan peradangan pada kulit bayi yang terjadi karena bawaan atau genetik.

• Membersihkan kulit dengan tisu basah

Tidak dapat kita pungkiri bahwa tisu basah banyak digunakan oleh para ibu untuk membersihkan mulut hingga membersihkan daerah sekitar popok, tapi apakah tisu basah baik untuk kulit bayi ?

Faktanya adalah di dalam tisu basah terdapat senyawa kimia dan juga alkohol, sehingga apabila kita menggunakanya dengan cara yang salah akan dapat memancing munculnya penyakit kulit pada bayi.

Demikianlah pembahasan tentang tips atau cara menjaga kesehatan kulit bayi yang sangat perlu kita ketahui sebagai orang tua. Kita harus bisa memilih hal yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan bayi kita.