Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tekanan Darah tetap normal dengan 7 langkah mudah – dunia guru 87

Tekanan Darah tetap normal dengan 7 langkah mudah – dunia guru 87
Foto oleh Pavel Danilyuk: https://www.pexels.com/id-id/foto/dokter-tekanan-darah-hipertensi-kardiovaskular-7108344/

Tekanan Darah tetap normal dengan 7 langkah mudah – dunia guru 87

Tekanan darah – salah satu masalah penyakit yang banyak di alami oleh masyarakat di Indonesia adalah tekanan darah tinggi. Hal ini bisa terjadi karena masih banyak orang yang masih menerapkan gaya hidup yang tidak sehat, sehingga sangat mudah untuk terjangkit penyakit ini. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk bisa terhindar dari penyakit ini adalah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Menjaga tekanan darah agar tetap normal

Pakar – pakar kesehatan telah mengemukakan beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk bisa menjaga kestabilan tekanan darah. Beberapa cara tersebut antara lain

1.Mengkonsumsi pisang

Salah satu buah yang dapat membantu kita untuk menjaga kestabilan tekanan darah yaitu buah pisang. Menurut penelitian dari British Medical journal online, pisang memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi yang mampu untuk menjaga kestabilan cairan tubuh dan mampu untuk menurunkan tekanan darah 

2.Tidak merokok

Rokok merupakan salah satu penyebab terjadinya penyakit jantung dan juga tekanan darah tinggi. Hal ini bisa terjadi karena masih banyak sekali orang – orang yang merokok. Selain perokok aktif, ternyata perokok pasif juga memiliki kemungkinan yang sama untuk terjangkit penyakit ini. maka dari itu alangkah baiknya kita bisa menghindari aktivitas merokok sedini mungkin.

3.Mengurangi kafein

Tak dapat dipungkiri bahwa kopi merupakan salah satu minuman favorit semua kalangan, tapi masalahnya adalah semakin sering kita mengkonsumsi minuman ini, semakin tinggi pula kemungkinan kita untuk terkena hipertensi.

4. menjaga berat badan ideal

Dengan kita bisa menjaga berat badan yang ideal, sirkulasi darah akan dapat berjalan dengan lancar sehingga tekanan darah kita akan tetap normal.

5.Mengurangi lembur

Lembur merupakan salah satu aktivitas yang tidak menyenangkan, karena aktivitas lembur akan mengurangi waktu istrahat kita. yang perlu kita ketahui adalah apabila kita bekerja lebih dari 40 jam perminggu, akan meningkatkan kemungkinan hipertensi sebesar 14%.

Fakta ini diungkapkan oleh university of california, yang menyebutkan bahwa kegiatan lembur akan menyebabkan kurangnya aktivitas tubuh, poka makan kita yang tidak sehat, dan kurangnya berolahraga. Hal ini akan memicu munculnya hormon setres yang akan menjadi penyebab terjadinya tekanan darah tinggi

6.Mengkonsumsi yogurt

Yogurt yang kita kenal adalah salah satu opsi dari diet. Tapi selain untuk diet, yogurt sangat baik untuk semua orang karena dapat menjaga kestabilan tekanan darah kita. seperti penelitian dari University of minnesota yang menemukan bahwa dengan rutin mengkonsumsi yogurt dapat menurunkan tekanan darah manusia.

7.Jogging

Tidak semua orang memiliki waktu luang yang banyak untuk dapat berolahraga. Salah satu cara bagi kita yang tidak memiliki waktu luang yang banyak adalah dengan berjogging pada akhir pekan. Aktivitas ini akan dapat menjaga kenormalan tekanan darah kita.


Makanan – Makanan yang harus di hindari

Selain yang telah di sebutkan diatas, dunia guru telah merangkum beberapa jenis makanan yang harus di hindari agar kita tetap bisa menjaga kestabilan dari tekanan darah kita. Makanan – makanan tersebut  antara lain

1.Garam dapur
2.pizza beku
3.Daging deli
4.Acar
5.Sup Kaleng
6.Tomat kalengan
7. dll

Demikianlah pembahasan artikel tentang 7 langkah yang bisa kita lakukan agar kita bisa terhindar dari tekanan darah tinggi, semoga saja dari artikel ini kita bisa menerapkan gaya hidup yang sehat sehingga terhindar dari tekanan darah.