Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Bahaya gadget bagi anak – anak yang perlu kita ketahui

11 Bahaya gadget bagi anak – anak yang perlu kita ketahui
Foto oleh Ron Lach : https://www.pexels.com/id-id/foto/pasangan-kedudukan-alat-vinil-7805223/


10 Bahaya gadget bagi anak – anak yang perlu kita ketahui 

Bahaya Gadget – seperti yang kita ketahui bahwa gadget pada masa sekarang adalah kebutuhan pokok yang tidak bisa kita lepas dari aktivitas kita sehari. Tanpa gadget kita akan mengalami kesulitan di dalam beraktivitas, tapi di luar manfaat tersebut ternyata gadget membawa efek negatif bagi anak – anak kita. 

Bahaya gadget bagi anak – anak kita

Yang perlu kita ketahui adalah  WHO telah menetapkan bahwa kecanduan bermain game merupakan salah satu gangguan mental. Hal ini bisa terjadi karena anak – anak bermain game hingga larut malam alias lupa waktu, selain itu anak – anak juga tidak bisa mengendalikan diri untuk tidak bermain game.

Di bawah ini dunia guru 87 telah merangkum beberapa bahaya yang bisa di timbulkan akibat dari bermain gadget, antara lain

1.Anak menjadi lebih agresif

Salah satu risiko dari bermain gadget pada anak – anak adalah anak – anak akan menjadi lebih agresif. Sifat agresif ini biasanya akan muncul pada saat kita membatasi aktifitas mereka di dalam bermain game. Situasi inilah yang akan mempengaruhi keterampilan mereka dalam berpikir dan dalam mengendalikan emosi.

2.waktu tidur yang terganggu

Kurangnya waktu istirahat pada anak – anak  akan membawa efek yang sangat besar bagi kondisi fisik dan fokus mereka. Salah satu ciri waktu istirahat yang kurang adalah rasa kantuk yang akan muncul pada siang hari. Yang perlu kita ketahui adalah istirahat yang cukup sangat mempengaruhi perkembangan dari tumbuh dan kembang mereka. 

3.Anak menjadi sangat mudah untuk lupa

Salah satu bahaya gadget bagi anak – anak adalah anak akan menjadi pelupa. Walaupun anak – anak kita lebih tenang ketika di berikan gadget, efek gadget ini sangatlah tidak baik untuk kesehatan mereka, salah satunya adalah kesehatan otak anak – anak kita yang akan terganggu memorinya.

4.menjadi salah satu pemicu obesitas

Obesitas bisa terjadi karena anak – anak menghabiskan sebagian besar waktunya di depan layar hp, hal ini yang akan sangat mempengaruhi aktivitas fisik dari anak – anak kita, dan inilah cikal bakal dari munculnya obesitas pada anak – anak.

5.kemampuan psikomotorik yang menurun

Bahaya lain dari penggunaan gadget pada anak – anak adalah menurunnya kemampuan psikomotorik mereka. Anak – anak yang mengalami kecanduan gadget tidak bisa mengeksplor bakat psikomotorik yang mereka miliki

Dengan seringnya anak – anak ini beraktivitas fisik, akan secara tidak langsung mengembangkan kemampuan otak kanan mereka. Selain itu aktifitas mereka dengan teman temannya juga akan sangat mampu untuk meningkatkan keterampilan sosialnya.

6.Kondisi mental yang terpengaruhi

Bahaya berikutnya yang perlu kita ketahui adalah timbulnya masalah pada mental antara lain depresi, kesepian, cemas, berubahnya suasana hati. Bahkan jika anak – anak kita terpapar gadget yang parah, akan memungkinkan anak – anak kita mengalami autisme, dan juga ADHD pada anak – anak kita.

7.Kesehatan mata yang terganggu

Salah satu bahaya gadget untuk anak – anak adalah kesehatan mata mereka akan terganggu. Aktivitas akomodasu yang sangat berlebihan akan mempengaruhi munculnya mata minus pada anak anak.

8.memerlukan waktu yang lama untuk melaksanakan aktivitas yang baru

Bagi anak – anak yang banyak menghabiskan waktu di depan gadget akan sangat membutuhkan waktu yang lebih agar bisa melakukan aktivitas yang baru. Agar hal ini tidak terjadi, alangkah baiknya kita bisa mengurangi aktivitas gadget pada anak – anak.

9.kemampuan kognitif yang menurun

Bahaya lain dari bermain gadget pada anak adalah menurunnya kognitif anak anak kita. sebagai contoh adalah anak – anak kita akan lebih menggemari aktivitas mereka bermain gadget dibandingkan dengan belajar, hal ini tentu akan berimbas pada menurunya prestasi belajar mereka.

10.Kurang berolahraga 

Untuk anak – anak yang kecanduan gadget akan mengalami kekurangan aktivitas fisik yang cukup. Hal ini sangat tidak baik untuk otot,dan kesehatan otak kita. cara agar hal ini tidak terjadi adalah membatasi aktivitas gadget anak – anak kita, dan mulai mengajak mereka untuk berolahraga dengan rutin

Demikianlah pembahasan artikel tentang bahaya gadget bagi anak – anak kita, dunia guru 87 sangat mengharapkan agar kita bisa membatasi aktivitas anak terhadap gadget karena efek negatif yang bisa di timbulkan dari gadget tersebut.