Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 manfaat dari olahraga Kardio yang perlu untuk kita ketahui

11 manfaat dari olahraga Kardio yang perlu untuk kita ketahui
Foto oleh RUN 4 FFWPU: https://www.pexels.com/id-id/foto/empat-pria-berlari-2168292/


11 manfaat dari olahraga Kardio yang perlu untuk kita ketahui

Olahraga Kardio – olahraga atau latihan kardio tentu telah sering kita dengarkan. Ada beberapa latihan kardio yang populer seperti berenang, bersepeda, berlari . walaupun olahraga kardio ini sering kita lakukan, tapi masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat dari kita melakukan latihan kardio ini.

olahraga kardio merupakan jenis olahraga yang mampu meningkatkan detak jantung. Latihan kardio merupakan latihan dari latihan kardiovaskular, tujuan dari latihan ini adalah untuk melatih sistem peredaran darah dan juga melatih jantung kita.

Manfaat dari Olahraga Kardio

Dunia guru 87 telah merangkum beberapa manfaat yang bisa kita peroleh apabila kita melakukan latihan kardio, manfaat – manfaat tersebut antara lain

1.meningkatkan sirkulasi dari darah

Tak dapat kita pungkiri bahwa olahraga kardio sangat membatu sirkulasi darah kita menjadi lebih baik. Dengan sirkulasi darah yang lancar dan juga baik akan meningkatkan kinerja dari tubuh kita , selain itu kita juga akan bisa meminimalisir penyakit yang di timbulkan dari terusmbatnya pembuluh darah.

2.Menyehatkan jantung

Ini adalah manfaat dari latihan kardio yang paling utama yaitu menjaga dan juga melatih jantung. Sama halnya dengan otot pada bagian tubuh lainnya, otot jantung juga perlu di latih agar bisa menjadi lebih kuat dan  bisa bekerja dengan lebih baik lagi.

3.Mengurangi tingkat setres

Salah satu cara untuk mengatasi setres, kecemasan, depresi adalah dengan melakukan olahraga kardio. Olahraga kardio mampu merangsang lepasnya berbagai senyawa kimia di otak, seperti dopamin dan juga serotonin. Kedua senyawa inilah yang akan mempengaruhi kebahagiaan seseorang , sehingga kita bisa di jauhkan dari rasa setres , depresi dan beberapa kawan kawannya.

4.meningkatnya kualitas tidur

Tidak dapat kita pungkiri bahwa istrahat yang cukup adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan dalam menjaga kesehatan. Dengan olahraga kardio, akan mampu meningkatkan tidur kita pada malam hari. Alasanya karena rasa lelah dari olahraga ini akan membantu kita utnuk lebih mudah tidur.

5.kemampuan kognitif yang akan meningkat

Manfaat berikutnya yang bisa kita peroleh dari latihan / olahraga kardio adalah meningkatnya fungsi kognitif. Saat kita olahraga kardio, oksigen, nutrisi dan aliran darah yang di distribusikan keseluruh tubuh akan meningkat. Secara tidak langsung hal ini jua akan berpengaruh terhadap otak kita.

Dengan olahraga kardio, otak kita akan memproduksi neuron dalam jumlah banyak, neuron yang banyak akan meningkatkan fungsi dari otak kita.

6.Kesehatan Paru – Paru

Salah satu cara menjaga kesehatan paru – paru adalah dengan olahraga kardio. Manfaat dari olahraga kardio untuk paru paru adalah membuat paru – paru kita menjadi kuat dan semakin terlatih. Hal ini akan menyebabkan paru – paru kita bisa bekerja lebih efisien.

7.Salah satu opsi diet

Salah satu manfaat dari olahraga kardio adalah membantu kita membakar kalori,  dan meningkatkan metabolisme, dan bisa menurunkan berat badan kita. saat kita berolahraga, kita akan membakar kalori dari makanan yang kita konsumsi. Jika tubuh kita tidak bisa menyediakan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, maka dari itu tubuh kita akan membakar lemak dalam tubuh.

8.melatih otot

Selain latihan baban yang bertujuan untuk melatih otot kita, ternyata latihan kardio juga bisa menjadi salah satu opsi kita untuk melatih otot. Kita ambil contoh adalah berlari, dengan berlari kita akan melatih otot kaki. Contoh lainnya adalah berenang, dengan berenang kita akan melatih dan memperkuat semua otot yang ada di tubuh.

9.Menjaga kesehatan tulang

Olahraga kardio ternyata membawa efek positif bagi kesehatan tulang kita. Tidak semua olahraga kardio bisa melatih tulang kita, olahraga kardio yang mampu melatih kekuatan tulang kita antara lain bersepeda, melompat lompat, berlari.

10.Sistem Imun meningkat

Manfaat dari olahraga kardio lainnya adalah dapat meningkatkan imun tubuh kita. dengan rutin kita berolahraga kardio akan dapat meningkatkan jumlah dari darah putih yang ada di dalam tubuh.

Darah putih inilah yang akan meningkatkan kekebalan tubuh kita, dengan jumlah darah putih yang tercukupi akan membuat tubuh kita mampu untuk melawan berbagai macam patogen.

11.meningkatkan percaya diri

Olahraga kardio akan membantu tubuh kita untuk menjadi sehat dan juga bugar. Dengan kondisi fisik yang prima inilah yang akan meningkatkan kepercayaan diri kita. selain itu dengan melakukan olahraga kardio secara rutin, akan secara tidak langsung bisa membentuk tubuh sesuai dengan keinginan kita, hal inilah yang juga secara tidak langsung akan meningkatkan kepercayaan diri.

Demikianlah pembahasan artikel tentang manfaat dari latihan kardio, dunia guru 87 sangat mengharapkan agar kita bisa rutin melakukan olahraga kardio. Agar kesehatan jantung kita tetap terjaga, karena penyakit jantung ini bukanlah penyakit yang murah.