Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Makanan Enak Ini Bisa Picu Gangguan Pencernaan

7 Makanan Enak Ini Bisa Picu Gangguan Pencernaan
Foto oleh Juan Pablo Serrano Arenas: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-fokus-dangkal-biji-kopi-894695/


7 Makanan Enak Ini Bisa Picu Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan – semua orang tentu sangat menyukai makanan yang enak, karena makanan yang enak akan menggugah selera kita untuk makan. Tapi tahukah kita bahwa tidak semua makanan enak itu aman untuk di konsumsi, salah satu masalah yang akan di timbulkan oleh beberapa makanan enak adalah masalah pencernaan.

Makanan enak yang membawa efek negatif untuk pencernaan

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia ini adalah negara yang memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam. Dari makanan yang sangat beragam ini, kita harus pintar pintar memilih jenis makanan yang tidak mengganggu kesehatan pencernaan.

Dunia guru 87 telah merangkum beberapa jenis makanan yang akan membawa efek negatif apabila kita konsumsi secara berlebih lebihan.

1.Beberapa jenis sayuran

Sayuran seperti brokoli dan juga kubis merupakan sayuran yang sangat nikmat untuk di konsumsi, tapi jangan sampai mengkonsumsi sayuran jenis ini terlalu banyuak karena akan memicu timbulnya gas yang akan mengakitbatkan terjadinya perut kembung.

2.minuman berkafein

Minuman yang memiliki kandungan kafein yang sering kita minum adalah kopi dan juga teh, hal ini bisa terjadi karena rasanya yang nikmat dan cocok untuk semua kondisi dan aktivitas yang kita lakukan. tapi apabila kita mengkonsumsi minuman berkafein ini terlalu banyak akan mengakibatkan naiknya asam lambung kita.

3.Es krim

Es krim merupakan makanan favorit bagi semua orang, karena selain rasanya yang nikmat, es krim juga tersedia dalam banyak varian rasa. Tapi ternyata kandungan lemak yang ada di dalam es krim ini sulit untuk di cerna di dalam perut. Sehingga pencernaan kita akan bergerak dengan lambat dan akan menimbulkan rasa tidak nyaman, selain itu untuk beberapa orang akan mengalami peningkatan pada asam lambungnya apabila mengkonsumsi es krim.

4.Kacang – kacangan

Kacang – kacangan merupakan camilan yang sangat favorit. Apalagi camilan kacang kacangan seperti kacang panggang, kacang goreng, kacang telur, yang bisa kita konsumsi kapan saja. Kacang kacangan bisa di masukkan ke dalam makanan yang bisa menggangu pencernaan kita karena kandungan lemak yang ada di dalanya. 

Lemak tersebut akan mengakibatkan pencernaan kita menjadi lambat sehingga akan membawa rasa tidak nyaman di dalam perut. 

Kandungan karbohidrat yang kompleks di dalam kacang kacangan juga akan sangat sulit untuk di  cerna oleh perut kita.

5.Kacang merah

Kacang merah merupakan salah satu makanan yang sehat apabila kita konsumsi dengan sewajarnya, tapi apabila kita mengkonsumsi kacang merah secara berlebih lebihan akan membuat laju pencernaan kita menjadi sangat cepat. Hal ini bisa terjadi karena kandungan serat yang sangat tinggi di dalam kacaang merah.

6.Gorengan

Gorengan adalah salah satu camilan yang terkenal di Indonesia hingga keluar negeri. Rasa gorengan yang enak, hangat dan juga renyah adalah penyebab diterimanya makanan ini sebagai pendamping aktivitas harian kita. tapi di luar dari rasanya yang nikmat ini ternyata gorengan membawa efek negatif bagi kesehatan tubuh kita.

Kandungan lemak yang sangat tinggi di dalam gorengan, akan sangat memperlambat laju dari pencernaan kita, efeknya adalah rasa tidak nyaman yang kita rasakan, perut terasa bergah, hingga naiknya asam lambung.

7.Roti tawar

Roti adalah salah satu sumber karbohidrat, sehingga untuk beberapa orang biasanya mengganti nasi dengan roti tawar untuk sarapan pagi. Tapi jika kita mengkonsumsi roti tawar ini secara berlebih lebihan akan membawa efek negatif bagi tubuh.

Hal ini bisa terjadi karena serat yang ada di dalam roti tawar sangatlah sedikit, selain itu gluten yang tinggi juga akan sulit untuk di cerna oleh perut.

Demikianlah pembahahsan dari beberapa makanan enak yang bisa memacu gangguan pencernaan. Maka dari itu dunia guru 87 sangat mengharapkan agar kita lebih teliti lagi di dalam memilih dan memilah makanan – makanan yang baik untuk tubuh kita.

Selain artikel kesehatan, di dalam web dunia guru 87 juga telah di lengkapi dengan beberapa keperluan dari guru – guru yang kirannya akan sangat kita butuhkan di dalam mengajar.