Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Jenis Makanan yang manis dan juga sehat – dunia guru 87

6 Jenis Makanan yang manis dan juga sehat
Foto oleh Lisa Fotios: https://www.pexels.com/id-id/foto/cokelat-dan-raspberry-918327/

6 Jenis Makanan yang manis dan juga sehat – dunia guru 87

Makanan manis – makanan jenis ini adalah makanan yang paling banyak di gemari oleh semua kalangan, karena makanan manis memiliki rasa yang sangat di inginkan baik itu anak – anak hingga orang dewasa.

Makanan Manis yang aman di konsumsi

Semua makanan dan juga minuman yang mengandung gula sangatlah menggugah selera. Masalahnya seringkali kita terhalang untuk mengkonsumsi makanan manis karena efek negatif yang akan di timbulkan oleh makanan tersebut.

Teman teman tenang saja, tidak semua makanan manis membawa efek negatif bagi tubuh kita, di bawah ini telah dunia guru 87 rangkum beberapa jenis makanan yang aman untuk kita konsumsi

1.Buah segar

Salah satu jenis makanan sehat yang manis adalah buah buahan yang segar seperti mangga, anggur, buah naga, dan buah buahan lainnya. Jika teman teman ingin lebih bergairah lagi untuk mengkonsumsi buah – buahan ini, bisa teman – teman kombinasikan dengan yoghurt agar lebih menarik.

2.Dark chocolate

Seperti yang kita ketahui bahwa coklat merupakan makanan yang manis yang sangat banyak mengandung gula. Hal inilah yang menyebabkan makanan ini sangatlah menggugah selera kita. efek negatifnya adalah naiknya berat badan, kerusakan pada gigi, sampai risiko diabetes.

Tapi semua hal ini tidak akan kita temukan pada coklat hitam atau dark chocholate, hal ini disebabkan oleh kandungan dari coklat hitam yaitu antioksidan dan antiinflamasi ( polivenol). Selain itu rasa manis dari dark chocolate ini tidaklah semanis coklat lainnya karena 70 % lebih terbuat dari cokelat asli.

3.Buah kering

Salah satu menu makanan sehat yang bisa menjadi pilihan kita adalah buah kering. Buah kering dikategorikan sebagai makanan sehat karena kalori didalamnya yang jauh lebih rendah di bandingkan dengan permen.

Kandungan serat dari buah kering juga sangat banyak sehingga akan mampu untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. tapi yang perlu kita ketahui adalah tingkat kalori dari buah kering lebih tinggi di bandingkan dengan buah buahan yang segar. Untuk menurunkan kadar gula dari buah kering ini kita bisa mengkombinasikannya dengan kacang kacangan.

4.smoothies

Smoties merupakan jenis minuman yang terbuat dari kombinasi buah dengan yoghurt rendah lemak. Mengkonsumsi smoothies merupakan salah satu opsi bagi para penggemar makanan – makanan yang manis.

5.Es Krim rendah gula

Hampir semua orang sangat menggemari es krim, karena rasanya yang sangat nikmat. Tapi bagi teman – teman yang tidak mau gula darah dan juga berat badannya naik, teman teman bisa mengkonsumsi es krim rendah gula.

Es krim rendah gula ini bisa kita buat sendiri di rumah, caranya adalah dengan mencampurkan susu, yoghurt rendah lemak, gula yang juga rendah lemak, dan potongan buah yang segar. Setelah mencampur semua bahan tersebut, langkah selanjutnya adalah dengan membekukannya di dalam kulkas.

6.Kue Rendah gula

Makanan manis berikutnya adalah kue rendah gula. Kue jenis ini telah banyak beredar di pasaran, sehingga akan sangat mudah untuk kita temukan, bentuknya pun sangat beragam mulai dari kue kering hingga kue tart. 

Dengan mengkonsumsi kue rendah gula ini, kadar gula kita tidak akan meningkat secara signifikan, tapi alangkah baiknya kita bisa mengkombinasikannya dengan buah – buahan yang segar.

7.Madu

Makanan manis yang terakhir direkomendasikan oleh dunia guru 87 adalah madu, karena selain rasanya yang manis , madu ini juga akan sangat menyehatkan. Dengan mengkonsumsi madu kita tidak akan perlu khawatir berat badan kita naik, diabetes, atau juga kerusakan gigi.

Madu memiliki beragam manfaat yang bisa kita dapatkan antara lain sebagai anti bakteri dan anti jamur, mengatasi batuk, sakit tenggorokan, pengendali gula darah, mencegah kanker dan juga jantung.

Demikianlah pembahasan tentang makanan manis yang aman untuk di konsumsi. Selain makanan manis yang sehat, kita juga harus menjaga kesehatan tubuh dengan cara rutin berolahraga dan istirahat yang cukup. Karena dari tubuh yang sehat, semua aktivitas kita akan bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang kita harapkan.