Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyakit Vertigo yang perlu kita ketahui – dunia guru 87

Penyakit Vertigo yang perlu kita ketahui
Foto oleh Andrea Piacquadio: https://www.pexels.com/id-id/foto/seorang-pria-berkemeja-merah-menutupi-wajahnya-3760043/


Penyakit Vertigo yang perlu kita ketahui – dunia guru 87

Vertigo – dalam sebagian besar kasus vertigo yang muncul adalah jenis perifier, yakni rasa berputar yang biasanya terjadi karena adanya gangguan pada telinga dalam. Pada kesempatan kali ini dunia guru 87 akan membahas secara tuntas seputar vertigo yang sangat perlu untuk kita ketahui.

Vertigo apakah itu?

Vertigo merupakan suatu kondisi dimana seseorang merasakan sensasi lingkungan sekitarnya berputar. Dengan kondisi seperti ini haruskah kita mengkonsumsi obat vertigo? Yang perlu kita tahu bahwa vertigo ini merupakan penyakit yang  tidak berdiri sendiri, vertigo ini sendiri bisa merupakan tanda bagi gejala penyakit lainnya.

Vertigo bisa berlangsung beberapa menit bahkan bisa hingga berjam jam tergantung pada tingkat keparahannya. Semakin parah / berat vertigo yang di alami seseorang, akan semakin meningkatkan kemungkinan terjadinya kehilangan keseimbangan dari tubuh.

Penyebab terjadinya vertigo

Pada umumnya vertigo bisa dibagi menjadi vertigo perifer dan vertigo sentral. Dari dua vertigo ini, perifer adalah vertigo yang paling sering muncul. Dibawah ini akan di jelaskan penyebab terjadinya vertigo, berdasarkan dua jenis vertigo tersebut

1.Vertigo perifer

Ini adalah jenis vertigo yang paling sering terjadi. Penyebab terjadinya vertigo perifer adalah karena adanya gangguan pada telinga bagian dalam yang memiliki fungsi mengatur keseimbangan dari tubuh manusia. Penderita vertigo perifer ini biasanya akan mengalami rasa melayang layang, selain itu adanya peradangan pada telinga juga akan menimbulkan rasa sakit.

Dibawah ini adalah beberapa penyebab terjadinya vertigo perifer antara lain :

- BPPV 
- Meniere
- Neuritis vastibular

2.Vertigo sentral

Penyebab terjadinya vertigo sentral ini adalah adanya masalah pada otak . otak kecil dan cerebellum adalah bagian otak yang memegang peran penting terhadap munculnya penyakit ini.

Dibawah ini adalah beberapa penyebab munculnya vertigo sentral  antara lain

- Stroke
- Konsumsi obat
- Tumor otak
- Migrain
- Neuroma akustik
- Multiple sclerosis

Gejala – gejala vertigo

Yang perlu kita ketahui adalah vertigo bisa terjadi sewaktu waktu, bisa berlangsung lama maupun singkat.  Bagi yang memiliki vertigo berat biasnya vertigonya akan berlangsung agak lama bahkan bisa berhari – hari, hal ini tentu akan sangat mengganggu aktivitas kita sehari – hari .

Gejala yang paling sering kita rasakan adalah rasa berputar disertai dengan telinga yang mendengung, akibatnya adalah rasa muntah dan membuat kita tidak kuat berdiri.

Gejala lain yang biasanya ada ketika vertigo adalah sakit kepala, berkeringat, kesulitan berkonsentrasi dan gerakan mata yang tidak normal

Obat untuk vertigo

Untuk mengobati vertigo kita harus mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Bahkan pada beberapa kasus ditemukan bahwa vertigo tidak memerlukan obat , vertigo ini bisa hilang dengan sendirinya. Hal ini bisa terjadi karena otak kita bisa beradaptasi dengan perubahan yang di alami oleh telinga bagian dalam.

Untuk beberapa orang, obat vertigo antara lain

1.Rehabilitasi vastibular

Terapi fisik ini memiliki tujuan untuk memperkuat sistem vestiular kita. rehabilitasi vestibular ini sangat dunia guru 87 rekomendasikan untuk teman teman yang mengalami vertigo berulang ulang.

2.Manuver reposisi kanalit

American academy of neurology merekomendasikan rangkaian gerak khusus untuk bagian kepala dan juga tubuh untuk bisa mengatasi BPPV. Gerakan – gerakan yang di lakukan ini akan memindahkan deposit kalsium ke telinga bagian dalam.

3.Obat resep

Untuk meringankan gejala dari vertigo ini, kita bisa memberikan beberapa jenis obat. Obat obat tersebut antara lain diuretik, antihistaamin,benzodiazepine, dan anti muntah

4.Operasi

Untuk beberapa kasus bisa ditemukan bahwa salah satu cara mengobati vertigo adalah dengan cara pembedahan, apabila salah satu penyebab dari vertigo adalah tumor, cedera otak/ leher. Operasi yang dilakukan ini akan dapat meringankan vertigo.