Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

11 Langkah untuk mencegah Kanker payudara yang harus kita ketahui


11 Langkah untuk mencegah Kanker payudara yang harus kita ketahui
Foto oleh Anna Tarazevich: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-memegang-pita-merah-muda-5483017/

11 Langkah untuk mencegah Kanker payudara yang harus kita ketahui

Kanker payudara – penyakit ini adalah penyakit yang paling sering menyerang kaum wanita, dan juga adalah salah satu penyebab utama selain kanker paru paru yang menjadi penyebab kematian pada wanita. 

Karena kanker payudara ini adalah penyakit yang berbahaya, kita wajib untuk mengetahui cara mencegah munculnya penyakit ini. Penyebab dari munculnya penyakit kanker payudara ini antara lain faktor lingkungan, faktor keturunan, dan gaya hidup yang buruk. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah kanker payudara adalah dengan meraba dan juga memijatnya, cara ini merupakan salah satu cara yang efektif dalam mendeteksi pertumbuhan dari sel kanker.

Tips Mencegah Kanker payudara

Dibawah ini telah dunia guru 87 rangkum beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah kanker payudara

1.menghentikan aktifitas merokok

Pagi para wanita yang mencintai rokok, dunia guru 87 sangat mengharapkan agar kita bisa menghentikan kegiatan merokok ini. selain akan membawa efek negatif untuk tubuh, merokok juga akan menjadi salah satu penyebab munculnya kanker payudara. Selain perokok aktif, perokok pasif juga memiliki risiko yang sama untuk terjangkit kanker payudara. Maka dari itu sangat di sarankan agar kita bisa menjahui atau membatasi aktifitas di sekitar orang yang merokok.

2.Rutin Berolahraga

Seperti yang kita ketahui, aktivitas berolahraga sangat baik untuk kesehatan. Dengan rutin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya akan menghindarkan kita dari berbagai penyakit termasuk juga kanker payudara.

Dengan berolahraga secara rutin,  lemak yang ada di dalam tubuh tidak akan menumpuk sehingga hormon estrogen tidak akan di produksi secara berlebihan. Yang perlu kita ketahui sel kanker payudara yang terkena paparan dari hormon estrogen akan memacu risiko terjangkit kanker payudara.

3.Mengkonsumsi buah dan juga sayuran

Buah – buahan dan juga sayuran memiliki banyak vitamin dan juga nutrisi, sehingga buah dan juga sayuran ini sangatlah di rekomendasikan untuk di konsumsi secara teratur, karena akan membuat badan kita menjadi bugar dan juga sehat.

Selain bermanfaat untuk program diet, mengkonsumsi buah dan juga sayuran juga akan mencegah kita untuk terkena kanker payudara. Maka dari itu mulai sekarang tingkatkanlah porsi dari sayuran dan juga buah – buahan.

4.Mengkonsumsi kedelai

Kedelai ya bukan keledai hehe, kedelai merupakan salah satu sumber makanan yang sangat menyehatkan, karena kandungan kedelai yang sangat kaya akan protein, vitamin, lemak sehat, mineral dan juga rendah karbohidrat.

Mengkonsumsi kedelai bisa mencegah terjadinya kanker payudara, karena kedelai bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dan akan menurunkan kemungkinan kita untuk terkena penyakit jantung.

5.Menghindari alkohol

Salah satu cara kita untuk mencegah kanker payudara adalah dengan berhenti mengkonsumsi alkohol. Seperti yang di paparkan oleh Breastcancer.org bahwa alkohol dapat memacu peningkatan kadar esterogen dan bisa mengakibatkan kerusakan pada sel DNA. Risiko kanker payudara akan meningkat 15% bagi wanita yang mengkonsumsi alkohol secara rutin

6.mengurangi konsumsi gula

Berdasarkan penelitan yang di lakukan oleh peneliti dari university of texas MD Anderson cancer terhadap tikus yang mengkonsumsi banyak gula,  sangat beresiko terjangkit tumor kelenjar susu, yang sangat mirip dengan kanker payudara. 

Walaupun penelitian ini hanya di lakukan pada binatang, alangkah baiknya kita bisa mengurangi konsumsi gula agar terhindar dari penyakit ini.

7.Menghindari lemak jahat

Terdapat dua jenis lemak, yaitu lemak jahat dan juga lemak baik. Lemak baik terdapat di dalam buah – buahan dan juga sayuran yang memiliki fungsi untuk menurunkan risiko terkena kanker payudara.

Sedangkan lemak jahat atau lebih di kenal dengan lemak trans bisa kita temukan di dalam makanan yang di goreng, donat, biskuit, kue kering. Lemak jahat ini sangat mempengaruhi peningkatan kemungkinan dari kanker payudara.

8.Riwayat dari orang tua

Bagi wanita yang memiliki keluarga dengan riwayat kanker payudara, memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker payudara. Untuk mencegah hal ini terjadi , kita bisa memeriksakan kesehatan payudara secara rutin ke dokter

9.Menghindari konsumsi daging merah

Beberapa penelitian yang telah di lakukan menemukan bahwa mengkonsumsi daging merah akan meningkatkan kemungkinan kita untuk terkena kanker payudara, apalagi daging merah yang di masak kering ( welldone). Selain daging merah, daging beku dan juga olahan daging memiliki lemak , pengawet, dan juga garam yang lebih tinggi.

10.mengkonsumsi obat – obatan

Cara mencegah kanker payudara berikutnya adalah dengan mengkonsumsi jenis obat yang bisa mencegah terjadinya kanker payudara. Chemoprevention merupakan penggunaan obat  yang ditujukan untuk mengurangi atau meminimalisir risiko dari kanker.

11.Pembedahan

Cara mengobati kanker payudara berikutnya adalah dengan cara pembedahan. Bagi wanita yang memiliki mutasi BRCA 1 atau juga BRCA 2, kemungkinan besar terkena kanker payudara

Aktivitas pengangkatan payudara bisa jadi salah satu opsi yang bisa kita lakukan, kegiatan bedah ini bisa menurunkan kemungkinan kanker payudara hingga 95%.

Demikianlah pembahasan artikel tentang cara mencegah kanker payudara yang bisa kita lakukan, semoga saja artikel ini bisa bermanfaat bagi kita semua.