Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Ampuh mengatasi rasa gatal karena diabetes

5 Cara Ampuh mengatasi rasa gatal karena diabetes
Foto oleh PhotoMIX Company: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-memegang-tabung-hitam-1001897/


5 Cara Ampuh mengatasi rasa gatal karena diabetes

Diabetes – bagi sebagian besar orang , rasa gatal merupakan kondisi yang tidak terlalu di khawatirkan. Hal ini bisa terjadi karena gatal ini bisa menghilang dengan sendirinya setelah kita menggaruk ataupun membiarkannya saja. Yang menjadi permasalahannya adalah bagi para penderita diabetes, gatal yang muncul ini mampu membawa masalah kesehatan yang tebih berat lagi

Diabetes tidak hanya akan menaikkan kadar gula darah kita secara drastis, terdapat banyak sekali sistem dan juga organ tubuh yang akan ikut terpengaruh karena masalah kesehatan ini.

Jika hormon sitokin ini di produksi secara berlebih lebihan, akan memacu terjadinya peradangan, termasuk pula pada kulit kita. hal ini akan memunculkan rasa gatal, kering, hingga kulit kita yang pecah pecah. Bagi kita yang tidak menderita diabetes, gatal dan kulit yang kering ini tidak akan menjadi masalah. Beda halnya dengan penderita diabetes, rasa gatal dan juga kering ini jika di garuk/ jika tidak di tangani dengan sebaik baiknya akan mampu untuk menimbulkan luka  atau bisa juga lecet yang akan sangat berbahaya.

Yang menjadi permasalahannya adalah tinggnya kandungan kadar gula dalam darah akan menurunkan fungsi dari sistem pemulihan dari suatu luka.  Memang sih hal ini terlihat sangat sepele, tapi hal ini bisa menjadi awal dari amputasi dan penyakit komplikasi.

Mengatasi gatal pada penderita diabetes

Para pakar kesehatan sangat menyarankan penderita diabetes tidak asal asalan menggaruk bagian kulit yang kering, karena untuk menghindari terjadinya luka dan juga infeksi. Para penderita diabetes bisa melakukan beberapa cara di bawah ini 

1.Latihan Pernafasan

Para penderita sangat dianjurkan untuk bisa melakukan latihan pernafasan ( meditasi ). Dengan melakukan latihan pernafasan akan bisa menurunkan tingkat setres yang mampu mempengaruhi kadar dari gula darah. Dengan kita bisa menjaga kondisi gula darah yang normal, akan menjauhkan kita dari rasa gatal dan juga kulit kering. Selain itu dengan kita bisa melakukan latihan pernafasan akan membawa efek positif bagi kita karena bisa mengontrol diri agar tidak menggaruk.

2.Waktu Mandi

Mandi adalah salah satu kegiatan untuk membersihkan diri dari kotoran yang melekat di tubuh. Kegiatan ini juga akan menjaga kondisi kulit agar tetap lembab, tapi jika kita melakukan kegiatan mandi ini lebih dari 15 menit lebih, akan membuat kulit kita menjadi kering.

Efek ini akan semakin kita rasakan apabila kita mandi menggunakan air panas, hal ini bisa terjadi karena pori pori kulit kita akan melebar dan akan menyebabkan menurunya kadar minyak yang ada pada kulit. Hal inilah yang akan menjadi pemicu munculnya gatal dan kulit kering.

Durasi mandi yang mandi adalah antara 5 – 10 menit, selain itu usahakan untuk memilih sabun yang bisa menjaga kelembapan kulit agar terhindar dari kulit kering.

3.Krim Pelembab

Dunia guru 87 sangat menyarankan agar kita bisa mengoleskan krim pelembab agar bisa terhindar dari kulit kering. Selain krim pelembab, kita juga bisa menggunakan minyak zaitun, susu, dan gel lidah buaya.

4.Pola makan yang baik

Untuk penderita diabetes harus bisa menjaga pola makan agar bisa menjaga kadar dari gula darah dalam tubuh. Selain itu para penderita diabetes juga harus mengkonsumsi asam lemak omega 3 lebih banyak, karena fungsinya untuk menjaga kesehatan dari kulit. Makanan yang memiliki kandungan ini antara lain tahu, biji chia, ikan laut, dan sayuran seperti bayam.

5.humidifier

Solusi berikutnya adalah dengan memasang humidifier/ pengatur kelembaban udara di ruangan agar kita bisa terhindar dari kulit kering dan juga gatal gatal.