Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 penyebab Mie instan tidak baik untuk kesehatan – dunia guru 87

 

7 penyebab Mie instan tidak baik untuk kesehatan dunia guru 87
Foto oleh zijie liu: https://www.pexels.com/id-id/foto/14162750/

7 penyebab Mie instan tidak baik untuk kesehatan – dunia guru 87

Mie instan – makanan favorit yang paling banyak orang gemari adalah mie instan, bahkan mie instan ini telah di jadikan sebagai makanan pokok untuk sebagian orang. Selain harganya yang murah, mie instan ini juga mengenyangkan. Tapi yang perlu kita ketahui mengkonsumsi mie instan akan membawa efek negatif bagi kesehatan tubuh kita.

Pada kesempatan kali ini, dunia guru telah merangkum beberapa efek negatif yang di timbulkan oleh mie instan apabila di konsumsi terus menerus.

7 efek negatif mie instan

Rasanya yang nikmat dan tersedia dalam beberapa varian rasa, selain itu mie instan juga sangat mudah untuk diolah. Alasan inilah yang membuat mie instan menjadi primadona bagi sebagian besar orang, di bawah ini telah dunia guru 87 rangkum beberapa efek negatif yang bisa di timbulkan dari konsumsi mie instan

1.Penyakit Bantung

Journal of nutrition mempublikasikan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa bagi orang yang rutin mengkonsumsi mie instan, memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengalami sindrom metabolik. Hal inilah yang akan menimbulkan risiko kita terjangkin penyaki jantung, diabetes, dan juga stroke.

2.Sukar untuk dicerna tubuh

Mie instan adalah jenis makanan yang sulit untuk di cerna tubuh menurut pakar kesehatan. Proses mengolah mie instan di dalam tubuh sangatlah lama, sehingga akaan menimbulkan rasa yang tidak nyaman bagi tubuh, bahan kimia hidrokasinol dan t-build hidrokuadron yang ada di dalam bahan pengawet mie instan akan menyebabkan gangguan pencernaan dan juga diare. Hal inilah yang akan menjadi pemacu kacaunya produksi gula darah dan juga insulin.

3.kandungan garam yang tinggi

Salah satu penyebab rasa nikmat dari mie instan adalah kandungan garamnya yang sangat tinggi, dan apabila di konsumsi dalam jumlah yang sangat banyak akan memacu meningkatnya kemungkinan kita bisa terkena penyakit jantung , ginjal dan pembuluh darah.

4.Obesitas

Salah satu penyebab dari obesitas adalah mie instan, hal ini bisa terjadi karena rasa lapar akan lebih cepat muncul karena mie instan ini tidak bisa mengatasi rasa lapar seperti makanan lainnya. Yang terjadi adalah kita akan mengkonsumsi makanan dan juga amikan lebih banyajk lagi. Jika prilaku mengkonsumsi mie instan ini tidak kita batasi, akan menimbulkan surplus kalori yang akan sangat berlebihan dan berdampak pada meningkatnya berat badan kita.

5.Berbahaya untuk hati

Di dalam mie instan terdapat bahan kimia yang akan memacu kerusakan pada hati kita. jika hal ini kita biarkan terus menerus, akan sangat memungkinkan kita bisa mengalami penyakit hati yang bisa menurunkan fungsinya untuk menetralisir racun yang ada di dalam tubuh.

6.Resiko batu ginjal

Kadar garam dalam tubuh yang sangat tinggi akan membuat tekanan darah yang ada dalam tubuh meningkat, sehingga risiko kita bisa terjangkit batu ginjal akan lebih meningkat lagi. Hal ini akan memunculkan rasa nyeri ketika kita kencing dan akan menurunkan fungsi dari ginjal secara signifikan.

7.Mampu Merusak Otak

Mie instan terdapat bahan kimia yang akan membawa efek negatif bagi otak kita, seperti rusaknya sel dan juga jaringan yang ada di dalam otak. Yang akan terjadi adalah menurunnya daya ingat, fungsi kongnitif dan fungsi otak lainnya. Alangkah baiknya mulai dari sekarang kita bisa mengurangi untuk mengkonsumsi mie instan agar kita bisa menjaga kesehatan tubuh kita.

Makanan pengganti mie instan

Salah satu cara agar kita bisa mengurangi konsumsi dari mie instan adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat lainnya antara lain

1.Sup
2.Telur rebus
3.Telur goreng
4. tahu 
5.dll

Demikianlah pembahasan artikel tentang bahaya dari mengkonsumsi mie instan yang perlu kita ketahui.