Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Manfaat bulu tangkis untuk kesehatan – dunia guru 87

7 Manfaat bulu tangkis untuk kesehatan – dunia guru 87
Foto oleh Vladislav Vasnetsov: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-orang-bermain-bulu-tangkis-2202685/


7 Manfaat bulu tangkis untuk kesehatan – dunia guru 87

Bulu tangkis – salah satu olahraga yang di gemari di Indonesia adalah bulu tangkis. Jenis olahraga ini telah banyak menyumbang prestasi untuk Indonesia, hal ini bisa terjadi karena bulu tangkis telah di mainkan semua kalangan masyarakat yang ada di Indonesia sehingga akan sangat mudah untuk memilih bibit – bibit unggul untuk di jadikan atlet.

Selain untuk prestasi, bermain bulu tangkis juga akan membawa efek positif bagi kesehatan tubuh kita. Pada kesempatan kali ini dunia guru 87 akan membahas tentang beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan bermain bulu tangkis.

Manfaat bulu tangkis untuk kesehatan 

Dibawah ini akan dunia guru 87 bahas tentang beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari olahraga bulu tangkis

1.Badan menjadi bugar

Salah satu latihan kardio adalah bulu tangkis, olahraga bulu tangkis akan menguatkan jantung kita. hal ini bisa terjadi karena pembuluh darah dapat mendistribusikan oksigen dan juga nutrisi lebih baik ke tubuh kita, sehingga tubuh kita menjadi lebih bugar dan bertenaga.

2.Mencegah terjadinya hipertensi

Semua olahraga mampu mengendalikan tekanan darah dan mampu mencegah hipertensi, tapi olahraga bulu tangkis mampu memberi manfaat yang jauh lebih tinggi bagi kesehatan pembuluh darah dan juga jantung kita. 

Hal ini bisa terjadi karena bulu tangkis membuat semua tubuh kita aktif bergerak, sehingga sirkulasi darah dalam tubuh akan meningkat dan akhirnya bisa lebih mengefektifkan fungsi dari jantung dan pembuluh darah kita

3.Opsi diet

Salah satu olahraga yang mampu meningkatkan metabolisme kita lebih signifikan adalah bulu tangkis, yang akan membawa imbas terhadap pembakaran lemak yang ada di dalam tubuh kita sehingga akan bisa menurunkan berat badan.

4.fungsi otak semakin baik

Kesehatan otak ternyata juga bisa kita jaga dengan rutin berolahraga bulu tangkis, hal ini bisa terjadi karena meningkatnya sirkulasi darah yang akan menuju otak kita. kondisi inilah yang akan membawa imbas yang sangat positif bagi kinerja saraf dan juga transmiter yang ada di dalamnya.

Dengan bermain bulu tangkis selama 30 menit ( 5 X seminggu ) akan meningkatkan kemampuan dari kognitif otak kita secara signifikan, yang akan membawa efek positif seperti meningkatnya kemampuan berpikir, mengingat, berkonsentrasi , dan juga akan mudah untuk mendapatkan ide – ide yang baru. Selain itu dengan rutin bermain bulu tangkis akan mampu untuk meminimalisir terjangkit demensia saat lanjut usia.

5.Persendian dan Otot menjadi lebih kuat

Seperti yang kita ketahui otot dan sendi kita akan aktif ketika bermain bulu tangkis, hal ini akan membawa imbas pada sendi dan juga otot yang ada di dalam tubuh kita akan menjadi lebih baik dan juga lebih sehat. 

6.Solusi untuk menurunkan setres

Hormon endorphin akan di produksi oleh otak ketika kita bermain bulu tangkis, selain hormon endorphin, hormon lain yang akan diproduksi dalam jumlah yang besar adalah triptofan, dan juga serotonin. 

Hormon inilah yang akan menimbulkan rasa bagahia dan mampu untuk meningkatkan suasana hati kita menjadi lebih baik, sehingga kita tidak akan mudah untuk terkena setres

7.Mencegah munculnya penyakit yang berbahaya

Penelitian dari diabetes prevention program menyebutkan fakta bahwa dengan rutin bermain bulu tangkis bisa meminimalisir diabetes hingga 58 %. Selain itu dengan rutin bermain bulu tangkis juga akan mencegah munculnya osteoporosis, obesitas, hingga kolesterol yang tinggi.

Selain berolahraga yang rutin, kita juga wajib untuk mengimbanginya dengan makanan yang sehat dan juga bergizi, agar manfaat dari bermain bulu tangkis bisa lebih baik lagi

Olahraga pengganti bermain bulu tangkis

Olahraga bulu tangkis bukanlah olahraga yang murah, karena kita wajib untuk menyiapkan raket dan juga bolanya yang harganya tidaklah murah. Di bawah ini adalah beberapa olahraga yang bisa kita lakukan sebagai pengganti bermain bulu tangkis

1.Jalan
2.Push Up
3.leg lift
4.sit up
5.dll

Selain artikel tentang kesehatan, di dalam web dunia guru 87 juga telah di sediakan artikel – artikel tentang pendidikan yang kiranya akan di butuhkan bagi teman – teman yang berprofesi sebagai seorang guru.