Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 penyebab Nyeri ulu Hati yang perlu kita ketahui – dunia guru 87

5 penyebab Nyeri ulu Hati yang perlu kita ketahui dunia guru 87
Foto oleh freestocks.org: https://www.pexels.com/id-id/foto/hitam-dan-putih-pria-orang-tangan-128597/


5 penyebab Nyeri ulu Hati yang perlu kita ketahui – dunia guru 87

Ulu Hati – tubuh kita akan merasa sangat tidak nyaman apabila muncul nyeri pada ulu hati. Hal ini biasanya terjadi karena asam lambung yang naik, tapi beberapa pakar menyebutkan munculnya nyeri pada ulu hati ini bisa saja terkait dengan kondisi yang lebih serius lagi.

Pada kesempatan kali ini, dunia guru 87 akan merangkum beberapa penyebab terjadinya rasa nyeri pada ulu hati yang kiranya harus kita pertimbangkan untuk menjaga kesehatan kita kedepannya.

Beberapa penyakit nyeri ulu hati

Dibawah ini adalah beberapa penyakit yang mungkin menjadi penyebab munculnya nyeri pada ulu hati yang harus kita waspadai.

1.Batu empedu

Penyakit batu empedu ini terjadi karena tersumbatnya saluran empedu sehingga akan menyebabkan rasa nyeri pada ulu hati. Gejala lain yang mungkin di timbulkan dari batu empedu ini adalah mual dan muntah, menghilangnya nafsu makan, kembung, perut terasa bergah, demam, penyakit kuning, hingga nyeri pada perut setelah makan.

Yang menjadi permasalahannya adalah penyakit batu empedu ini biasanya bisa di atas dengan metode operasi. Oleh karena itu kita bisa mencegah hal ini dengan cara menjaga berat badan yang ideal dan juga kita harus bisa menurunkan konsumsi lemak dan juga protein. Kita juga harus meningkatkan konsumsi serat agar kita bisa menurunkan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita.

2.Penyakit Tukak Lambung

Penyebab terjadinya tukak lambung adalah infeksi bakteri yang berjenis h.pylori. selain hal ini, tukak lambung juga bisa di sebabkan oleh obat obatan yang kita konsumsi yang tidak sesuai dengan dosis yang telah di tentukan. Contohnya adalah mengkonsumsi ibuprofen yang merupakan obat pereda rasa nyeri, apabila kita mengkonsumsi obat ini dalam jumlah yang banyak akan dapat memicu luka pada lambung kita dan juga pada bagian usus halus sehingga akan memunculkan rasa nyeri ulu hati.

Gejala lain yang akan muncul akibat tukak lambung ini adalah muntah, mual, nyeri perut, dan rasa penuh pada perut. Dalam beberapa kasus, kita bisa melihatnya dengan munculnya pendarahan dalam yang berimbas kepada kotoran yang akan berwarna gelap, muntah dan mual, perut kembung, dan sering bersendawa.

3.Esofagitis

Penyakit esofagitis ini terjadi karena terjadinya peradangan di bagian dinding bagian dalam kerongkongan. Penyebab terjadinya esofagitis ini adalah naiknya asam lambung, infeksi bakteri atau juga virus, hingga iritasi akibat dari mengkonsumsi obat tertentu.

Esofagitis ini akan menimbulkan nyeri pada ulu hati, rasa terbakar pada dada, kesulitan ketika menelan, dan rasa asam yang sangat kuat di dalam mulut.

4.Radang Perut

Gastritis atau radang perut merupakan keadaan yang terpicu karena infeksi bakteri h.pylori. sebagian orang sering salah beranggapan bahwa radang perut ini adalah maag, padahal radang perut ini bisa menimbulkan efek negatif yang lebih besar bagi kesehatan kita.

Rasa yang di timbulkan dari radang perut ini adalah nyeri ulu hati, mual, rasa tidak nyaman pada bagian dada, hingga muntah darah, selain itu kotoran kita pun akan berwarna kehitam hitaman.

5.Pankreatitis

Pankreatitits ini bisa terjadi karena adanya peradangan pada pankreas kita. hal ini akan menimbulkan nyeri ulu hati, demam, nafsu makan yang hilang, kotoran yang berminyak, denyut jantung yang akan lebih meningkat, penyakit kuning, diare, dan lain sebagainya.


Demikianlah pembahasan artikel tentang penyebab nyeri ulu hati yang tidak bisa kita anggap remeh, kita harus bisa menjaga kesehatan dan juga pola makan yang sehat. Selain itu kita juga di sarankan untuk mengecek kesehatan kita secara rutin agar terhindar dari penyakit – penyakit yang berbahaya.