Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 cara memilih sayuran segar dan sehat ala dunia guru 87

9 cara memilih sayuran segar dan sehat ala dunia guru 87
Foto oleh Tima Miroshnichenko: https://www.pexels.com/id-id/foto/sayuran-tangan-buah-buahan-memegang-7879859/


9 cara memilih sayuran segar dan sehat ala dunia guru 87

Sayuran segar – kita pasti mendambakan tubuh yang sehat dan juga segar, untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan juga segar membutuhkan usaha yang mungkin tidak mudah. Kita harus menjaga pola makan yang sehat, rutin berolahraga, dan istirahat yang cukup.

Bila kita menginginkan tubuh yang sehat, kita sangat diharapkan untuk bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. salah satu makanan yang banyak mengandung vitamin dan nutrisi adalah sayuran.

Pada kesempatan kali ini dunia guru 87 akan membahas tentang bagaimana cara kita untuk memilih sayuran yang sehat dan segar agar bisa memenuhi kebutuhan tubuh kita.

Memilih sayuran yang segar dan baik

Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa kita pakai untuk memilih sayuran yang segar dan baik

1.Sayuran dengan daun yang tidak layu

Salah satu cara memilih sayuran segar adalah dengan melihat warna dan kesegaran dari sayuran tersebut. Sayuran seperti bayam, selada, kangkung yang masih segar memiliki tekstur yang keras dan berwarna hijau yang cerah, sedangkan untuk sayuran yang tidak bagus kualitasnya akan terlihat lebih layu dan juga sudah berubah warnanya.

2.warna sayuran

Ketika kita hendak memilih sayuran, yang harus pertama kita perhatikan adalah warna dari sayuran yang ingin kita beli. Usahakan untuk membeli sayuran yang masih memiliki warna yang cerah atau warna asli dari sayuran tersebut, karena jika sayuran tersebut sudah berubah warna akan menandakan bahwa sayuran tersebut sudah tidak segar lagi, dan sudah bisa di pastikan bahwa kandungan di dalam sayuran tersebut sudah berkurang.

3.Memilih sayuran bebas dari pestisida

Cara membedakan sayuran yang bebas dari pestisida sangatlah mudah, kita bisa lihat dari bentuk sayuran tersebut, sayuran yang baik tidak akan mempunyai bentuk yang sempurna atau utuh karena bagian sayur tersebut ada yang telah di makan oleh ulat – ulat kecil. Sayuran seperti inilah yang bebas dari pestisida dan baik untuk kesehatan tubuh kita.

4.Sayuran yang belum bersih

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk memilih sayuran yang segar adalah dengan mencari sayuran yang masih memiliki akar dan masih belum di bersihkan oleh pedagang. Hal ini bisa terjadi karena sayuran tersebut akan lebih segar dan tidak akan mudah layu, selain itu kandungan air yang ada di dalam sayuran tersebut juga masih terjaga dengan sangat baik.

5.sayuran yang tidak keriput

Saat kita hendak membeli sayuran umbi umbian seperti kentang , bawang, ubi, wortel, hendaknya kita tidak memilih sayuran yang memiliki kondisi lembek, keriput, berlubang, bertunas dan juga tidak keras.

Pilihlah sayuran umbi yang masih memiliki tekstur yang keras dan memiliki aroma yang masih segar. Kita ambil contoh bawang merah yang segar, bawang merah yang masih segar tidak memiliki tunas, kulitnya tidak keriput dan lembek.

6.tidak berbau dan juga lembek

Saat kita akan memilih sayuran yang segar seperti tomat, ketimun, terong, hendaknya kita memilihnya dengan lebih teliti. Cara memilihnya cukuplah mudah, kita bisa memperhatikan kondisi dari sayuran tersebut apakah sayuran tersebut berair, lembek, robek, pecah, dan berbau. Jika sayuran memiliki spesifikasi seperti yang telah di sebutkan, berarti sayuran tersebut sudah tidak segar dan tidak layak untuk di beli.

7. Berbelanja di pasar petani

Kita pasti sering berbelanja sayuran di supermarket dan pusat pusat perbelanjaan karena lebih praktis, tapi kita bisa mencoba untuk berbelanja ke pasar petani, karena harganya akan jauh lebih murah daripada sayuran yang ada di supermarket.

Selain lebih murah, kesegaran dari sayuran yang di jual di pasar petani akan lebih segar dan sehat, karena baru di panen dari lahan mereka

8.Berbelanja di Pagi hari

Bangun bagi memang membutuhkan sedikit usaha, tapi dengan berbelanja sayuran di pagi hari akan meningkatkan kemungkinan kita untuk bisa mendapatkan sayur – sayuran yang masih segar, selain itu dengan berbelanja di pagi hari kita tidak akan kehabisan stock sayur yang ingin kita beli.

9.Memilih sayur organik

Kita semua pasti sudah mengetahui bahwa mengkonsumsi sayuran organik pasti menyehatkan, karena sayuran organik pasti bebas dari pestisida yang akan membahayakan kesehatan tubuh. Cara memilih sayuran organik yang baik adalah pilihlah sayuran yang bolong bolong bekas gigitan dari ulat, pilihlah sayur organik yang memiliki warna yang cerah, 

Hindari memilih sayuran yang memiliki bercak putih, Jika kita membeli sayuran organik yang ada di supermarket pilihlah ssayuran yang memiliki stiker organik,dan yang terakhir adalah membeli sayuran dari petani langsung.

Menyimpan sayuran yang baik dan benar

Dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menyimpan sayuran dengan baik dan juga benar

1.Memilih tempat yang tepat dan baik untuk sayuran, seperti plastik atau kertas.
2.membersihkan sayuran dari akar, tanah dan juga daun yang menguning sebelum di simpan di dalam pendingin ( kulkas )
3.Hindari menyimpan sayuran dan buah buahan pada tempat yang sama
4.membedakan tempat penyimpanan sayuran daging – dagingan

Demikianlah cara memilih sayuran segar ala dunia guru 87, semoga saja dengan artikel ini kita bisa memilih sayur – sayuran yang segar sehingga kita bisa menjaga kesehatan tubuh dan bisa beraktivitas dengan baik. Selain artikel tentang kesehatan, di dalam web dunia guru 87 juga di sediakan administrasi untuk teman teman yang berprofesi sebagai seorang guru, tujuannya adalah agar aktivitas kita di sekolah bisa lebih baik lagi.