Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 kebiasaan yang bisa merusak ginjal – dunia guru 87

7 kebiasaan yang bisa merusak ginjal – dunia guru 87
Foto oleh Alexander Grey: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-menunjukkan-perutnya-saat-mengenakan-atasan-biru-2007568/


7 kebiasaan yang bisa merusak ginjal – dunia guru 87

Ginjal -  seperti yang kita ketahui ginjal merupakan bagian tubuh kita yang sangat rawan mengalami kerusakan. Apalagi kita yang tidak bisa menerapkan gaya hidup yang sehat, dengan kita tidak bisa menerapkan gaya hidup yang sehat akan memberatkan kerja ginjal kita, yang akan menjadi penyebab timbulnya penyakit – penyakit yang berbahaya.

7 kebiasaan yang bisa merusak ginjal

Ada banyak pakar kesehatan yang telah menyebutkan ginjal yang mulai rusak atau tidak berfungsi dengan baik akan menyebabkan berbagai racun yang ada di dalam tubuh kita menjadi menumpuk yang akan sangat berimbas pada kesehatan tubuh kita.

Dunia guru 87 telah merangkum beberapa kebiasaan kita yang tidak sehat yang dapat membahayakan kesehatan ginjal kita.

1.Makanan yang tinggi kadar garam

Makanan yang memiliki kandungan garam yang sangat tinggi tidak hanya bisa kita jumpai pada makanan yang kita olah sendiri atau makanan yang ada di tempat – tempat makan. Kenyataannya terdapat banyak sekali makanan yang memiliki kandungan garam yang sangat tinggi seperti biskuit, kerupuk/ keripik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kita terkadang tidak menyadarinya karena rasa dari makanan tersebut yang belum tentu terasa asin.

Makananan dengan tingkat garam yang tinggi tidak hanya akan meningkatkan tekanan darah kita, makanan dengan kandungan garam yang tinggi ini akan mampu membebani kerja ginjal kita, yang pada akhirnya akan membuat fungsi ginjal kita menurun dengan signifikan. Salah satu pakar kesehatan james simon menyebutkan hobi mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar tinggi garam akan memacu peningkatan terjadinya batu ginjal.

2.jarang memerika tekanan darah

Seperti yang kita ketahui tekanan darah mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi keadaan ginjal kita secara keseluruhan. Apabila kita mempunyai masalah pada tekanan darah tinggi yang cenderung tak terkendali, akan memicu rusaknya pembuluh darah di dalam ginjal, yang pada akhirnya akan merusak ginjal kita.

Yang menjadi permasalahannya adalah banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka mengalami masalah pada tekanan darah tinggi karena mereka jarang bahkan tidak pernah memerikannya

Dunia guru 87 sangat menyarankan agar kita bisa melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin, minimal kita bisa memerikannya dua kali dalam setahun, selain itu kita juga wajib untuk menerapkan gaya hidup sehat agar kita bisa menjaga kestabilan tekanan darah kita.

3.Merokok

Meskipun rokok merupakan salah satu pemasukan terbesar negara, yang perlu kita ketahui bahwa rokok akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi kesehatan tubuh kita

Hal ini bisa terjadi karena rokok yang kita hirup akan dapat meningkatkan tekanan darah dan juga akan mampu merusak pembuluh darah kita termasuk pembuluh darah yang ada di dalam ginjal. Dalam sebuah penelitian telah di buktikan bahwa perokok akan meningkatkan risiko kita terkena kanker ginjal hingga 40%

4.kurangnya konsumsi air

Kurangnya konsumsi air akan menimbulkan dehidrasi, selain itu kurangnya kita mengkonsumsi air juga akan memacu kerusakan pada ginjal kita secara signifikan. Hal ini bisa terjadi karena ginjal kita akan bekerja dengan sangat keras dalam menyaring darah, yang akan menyebabkan fungsi ginjal kita menjadi menurun

5.mengkonsumsi obat secara sembarangan

Hal ini tentu sangat sering kita lakukan, apabila kondisi fisik kita menurun biasanya kita akan mengkonsumsi obat – obatan yang ada di sekitar kita entah itu di supermarket atau di apotik terdekat. Dengan kita sering mengkonsumsi obat dalam jangka waktu yang panjang akan mengganggu kesehatan ginjal kita. hal ini bisa terjadi karena ginjal kita akan bekerja dengan lebih keras untuk bisa mengolah obat yang kita konsumsi, sehingga akan meningkatkan kemungkinan kerusakan pada ginjal.

6.kurang istirahat

Dengan kurangnya kita istirahat akan membuat ginjal kita menjadi tegang dan tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Hal ini akan menyebabkan kerusakan pada organ ini secara signifikan.

7.mengkonsumsi alkohol

Mengkonsumsi alkohol tidak hanya akan merusak hati, dengan kita sering mengkonsumsi alkohol akan sangat memungkinkan untuk terjadinya penyakit ginjal yang kronis.

Demikianlah 7 penyebab kerusakan pada ginjal yang bisa di jabarkan oleh dunia guru 87. Dunia guru 87 sangat mengharapkan agar kita bisa menjaga kesehatan tubuh dan ginjal kita, karena sehat itu MAHAL