Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Cara Mencegah kanker serviks yang perlu kita ketahui

7 Cara Mencegah kanker serviks yang perlu kita ketahui
Foto oleh cottonbro studio: https://www.pexels.com/id-id/foto/kertas-kehidupan-tenang-bagian-reproduksi-6471431/


7 Cara Mencegah kanker serviks yang perlu kita ketahui

Kanker serviks – seperti yang kita ketahui kanker serviks adalah salah satu penyakit yang paling mematikan yang menyerang wanita baik itu di Indonesia maupun di luar negeri. Ini bisa kita lihat dari lansiran resmi kementerian kesehatan Republik Indonesia yang mencatat lebih dari 15.000 kasus tentang kanker serviks setiap tahunnya di Indonesia.

Tapi tidak perlu takut penyakit berbahaya ini bisa kita cegah sedini mungkin, sehingga kita bisa terhindar dari penyakit ini. pada kesempatan kali ini dunia guru 87 akan membahas beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah terjangkitnya kanker serviks.

7 cara mencegah kanker Serviks

Kenker serviks merupakan kanker yang akan muncul pada leher rahim wanita, letaknya tepat diantara vagina dan rahim. Kanker serviks ini di picu oleh HPV atau human papillomavirus. 

Dengan kita bisa mendeteksi kanker serviks ini sedini mungkin, kita akan lebih mudah untuk mengatasinya. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar kita bisa terhindar dari ganasnya kanker serviks.

1.HPV secara Rutin 

HPV ini merupakan salah satu tes yang sangat penting yang harus kita lakukan untuk mencegah kanker serviks. Seperti yang kita ketahui kanker serviks akan berkembang dari HPV, untuk wanita di atas usia 30 tahun sangat di sarankan untuk melakukan tes ini minimal 5 tahun sekali.

2.melaksanakan pemeriksaan pap smear 

Dengan kita bisa melakukan pap smear dengan rutin akan menjadi salah satu cara kita untuk mencegah kita terjangkit kanker serviks. Pemeriksaan pap smear ini merupakan pemeriksaan untuk mengambil sampel sel-sel serviks agar kita  bisa mengetahui apakah sel – sel tersebut memiliki potensi untuk berkembang menjadi kanker serviks.

Pemeriksaan pap smear harus rutin kita lakukan setiap 3 Tahun sekali mulai dari usia 21 tahun hingga 65 tahun. Pemeriksaan ini adalah salah satu pemeriksaan yang efektif untuk mencegah kankers serviks.

3.vaksin kanker serviks

Yang menjadi penyebab munculnya kanker serviks adalah HPV, maka dari itu vaksin yang cocok untuk mencegah terjadinya kanker serviks adalah vaksin HPV. HPV memiliki 100 jenis lebih, tapi yang paling sering menjadi penyebab terjadinya kanker serviks adalah HPV tipe 16 dan tipe 18. Vaksin HPV ini biasanya akan diberikan pada wanita yang belum aktif secara seksual. Usia yang paling di rekomendasikan untuk vaksin ini adalah 9 sampai 13 tahun, karena vaksin ini akan bekerja lebih baik pada imun tubuh.

Selain rentang umur tersebut kita masih boleh mendapatkan vaksin HPV ini hingga usia 26 tahun. Yang perlu kita ketahui vaksin HPV ini tidak hanya di pergunakan oleh wanita saja, pria juga bisa memakai vaksin ini agar bisa terhindar dari kanker penis, kutil, kanker anus dan bisa mencegah menularkan HPV pada pasangan.

4. menghindari hubungan seksual yang beresiko

Salah satu cara kita untuk mencegah kanker serviks adalah menghindari aktivitas seksual yang risiko. HPV ini bisa menular lewat hubungan seks, risiko terjangkitnya kanker serviks ini akan semakin meningkat apabila kita tidak menggunakan alat kontrasepsi ( KONDOM ).

5.Tidak Merokok

Jika kita tidak menginginkan untuk terjangkit kanker serviks, berhenti merokok adalah salah satu cara kita yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir kemungkinan berkembangnya kanker serviks.

6. menjaga pola makan yang sehat

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan gizi yang juga seimbang akan mampu mencegah kanker serviks. Selain itu kita juga di harapkan untuk mampu mengurangi konsumsi makanan yang memicu munculnya kanker. 

7.menstabilkan berat badan yang ideal

Cara terakhir yang bisa kita lakukan untuk mencegah kanker serviks ini adalah dengan menjaga berat badan yang ideal. Kelebihan berat badan sangat beresiko untuk memunculkan beragam masalah kesehatan termasuk juga kanker serviks.

Maka dari itu kita harus sadar diri, karena kesehatan tubuh dengan menjaga pola makan dan rajin berolahraga. Karena dengan hal inilah yang akan meningkatkan imun tubuh, sehingga akan menghindari diri kita untuk terjangkit beragam penyakit.

Makanan pemacu kanker serviks

Berikut ini adalah beberapa makanan yang harus kita hindari agar kita tidak terjangkit kanker serviks antara lain

1.makanan dan juga minuman yang beralkohol
2.daging olahan
3.makanan – makanan yang di goreng
4.makanan yang di panggang
5.makanan yang bertipe cepat saji.

Demikianlah artikel tentang cara mencegah kanker serviks yang harus kita ketahui. Dunia guru 87 sangat mengharapkan agar kita bisa menjaga kesehatan tubuh kita, karena semua aktivitas kita akan tergantung kepada kondisi tubuh kita sendiri. Selain artikel kesehatan, di dalam website dunia guru 87 juga telah di sediakan perangkat dan adiministrrasi untuk guru – guru yang di harapkan bisa mempermudah aktivitas kita di sekolah.