Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Manfaat Manfaat Alkohol bagi kesehatan tubuh – dunia guru 87

9 Manfaat Manfaat Alkohol bagi kesehatan tubuh – dunia guru 87
Foto oleh JJ Jordan: https://www.pexels.com/id-id/foto/pria-memegang-botol-merah-dan-hitam-3115350/


9 Manfaat Manfaat Alkohol bagi kesehatan tubuh – dunia guru 87

Manfaat Alkohol – minuman beralkohol adalah minuman yang memabukkan, dan akan membawa efek negatif bagi tubuh kita, tapi tahukah kita di luar dampak negatif yang di timbulkan dari minuman beralkohol ini, ternyata minuman beralkohol mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh kita yang perlu kita ketahui. Beberapa manfaat tersebut akan di bahas oleh dunia guru 87 pada artikel ini.

Manfaat Alkohol untuk kesehatan tubuh

Dibawah ini akan di jabarkan beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi minuman beralkohol.

1.Untuk meningkatkan kolesterol baik

Beberapa minuman beralkohol seperti anggur yang menggunakan buah – buahan disebutkan bisa meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh kita. hal ini akan mampu untuk menjadi pelindung pembuluh darah pada jantung sehingga kesehatan jantung kita bisa terjaga, tapi dengan catatan mengkonsumsi minuman beralkohol ini sesuai dengan takaran tidak di konsumsi secara berlebih – lebihan.

2.Mampu mencegah Kanker

Di dalam minuman beralkohol terdapat senyawa fenol, yang bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu untuk mencegah berkembangnya kolesterol jahat, yang akan merusak pembuluh darah di jantung, selain itu manfaat alkohol juga akan mampu untuk mengurangi risiko munculnya kanker dan dapat meminimalisir perkembangan/ pertumbuhan kanker payudara.

3.Baik untuk jantung

Pada penelitian yang di lakukan oleh europan heart di sebutkan bahwa manfaat alkohol berikutnya adalah mempu untuk melancarkan aliran darah menuju jantung, yang akan sangat mampu untuk menurunkan kemungkinan terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah di jantung.

4.mengurangi Diabetes

Ternyata manfaat alkohol berikutnya adalah mampu membantu kita untuk mencegah terjadinya diabetes. Dalam diabetes care di temukan bahwa wanita yang mengkonsumsi alkohol satu gelas perhari, dan pria yang mengkonsumsi alkohol 2 gelas perhari akan membantu tubuh mengurangi kadar gula yang ada di dalam darah, yang akan meminimalisir kita bisa terjangkit diabetes.

5.gangguan kognitif bisa di cegah

Peneliti yang berasal dari loyola university mengemukakan bahwa manfaat alkohol bisa menurunkan risiko kita untuk mengalami gangguan kognitif, penyakit allzheimer, dan juga bentuk lainnya dari demensia sebesar 23%

Para peneliti berasumsi bahwa minuman alkohol mampu meningkatkan kolesterol yang baik sehingga akan meningkatkan aliran darah menuju otak., sehingga akan menguatkan sel sel yang ada di otak 

6.mengobati batu empedu

Batu empedu merupakan endapan yang keras mirip seperti batu kerikil yang akan terbentuk di dalam kantong empedu, biasanya batu empedu ini terdiri dari kolesterol yang mengalami pengerasan, yang akan menimbulkan kram bahkan rasa sakit pada perut.

Manfaat alkohol adalah mampu untuk meningkatkan kolesterol yang baik di dalam darah, yang akan mempengaruhi kolesterol di dalam kantong empedu. Penyebab lain yang bisa menimbulkan batu empedu adalah berat badan, dengan berat badan yang berlebihan akan sangat beresiko untuk terkena batu ginjal. Maka dari itu sangat di sarankan agar kita bisa menjaga berat badan yang ideal.

7.Meminimalisir risiko terjadinya disfungsi ereksi

Pada beberapa penelitian menemukan manfaatalkohol ( dalam jumlah sedang ) mampu untuk meminimalisir terjadinya disfungsi ereksi atau lebih di kenal dengan impoten. Di dalam journey of sexual medicine di sebutkan bahwa disfungsi ereksi akan menurun 25% - 30% pada orang yang mengkonsumsi alkohol.

8.mengurangi risiko terjangkit flu

Departemen Psikologi yang ada di mellon University mengemukakan bahwa kemungkinan flu akan meningkat pada orang orang yang merokok, sedangkan dengan mengkonsumsi alkohol akan menurunkan kita dari risiko terkena flu.

9.Panjang Umur

Manfaat alkohol berikutnya adalah mampu memperpanjang umur.dengan mengkonsumsi alkohol dalam takaran yang normal akan mampu untuk menambah usia seseorang. Seperti studi yang di lakukan oleh universitas campobasso di sebutkan bahwa minum dua gelas alkohol setiap harinya akan mengurangi risiko kematian 18%

Risiko minuman beralkohol

Selain mempunyai efek yang positif, alkohol juga mempunyai efek yang negatif antara lain

1.kerusakan hati
2.Anemia
3.penyakit jantung
4.Masalah Pada Otak dan juga saraf
5.kanker
6.kejang kejang
7.Asam Urat
8.gangguan tidur
9.Dan lain lain

Demikianlah pembahasan artikel tentang manfaat alkohol dan bahaya dari alkohol, alkohol yang di konsumsi dalam takaran yang normal akan membawa efek positif bagi tubuh kita, sedangkan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan akan membawa efek negatif bagi tubuh. Sekarang tergantung kita mau memilih efek yang positif atau efek yang negatif.