Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelainan tulang yang perlu kita ketahui – dunia guru 87

Kelainan tulang yang perlu kita ketahui – dunia guru 87
Foto oleh Engin Akyurt: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-kerangka-2678059/


Kelainan tulang yang perlu kita ketahui – dunia guru 87

Kelainan tulang – kita tentu sangat mengharapkan bisa melaksanakan aktivitas dengan lancar tanpa ada halangan, tapi hal ini tidak akan berlaku bagi orang orang yang menderita kelainan tulang. Aktivitas mereka akan terganggu, bahkan kesehataan mereka pun juga akan menjadi terganggu karena kelainan tulang ini.

Maka dari itu  kita harus bisa menjaga kesehatan tulang, atau kita bisa melakukan pengobatan untuk mengobati penyakit tulang yang telah menyerang kita. pada kesempatan kali ini dunia guru akan membahas beberapa kelainan tulang yang biasanya menyerang orang – orang yang ada di sekitar kita.

Kelainan tulang pada manusia

1.Osteoporosis

Kelainan pertama yang akan di bahas oleh dunia guru 87 adalah osteoporosis, kelainan tulang ini bisa terjadi karena proses pembentukan jaringan tulang yang baru tidak mampu untuk mengimbangi penghancurang jaringan – jaringan tulang lama yang telah mengalami kerusakan. Hal inilah yang akan menyebabkan tulang kita menjadi lemah dan juga rapuh.

Bagian tulang pinggul, tulang belakang dan bagian pergelangan tangan adalah tulang yang rawan mengalami osteoforosis. Kelainan tulang ini biasanya di sebabkan oleh gangguan pada hormon, menggunakan kartikosteroid dalam jangka waktu yang lama, dan kekurangan kalsium.

Kelainan tulang ini biasanya tidak akan memunculkan gejala awalnya, tapi seiring berjalannya waktu, penderita osteoforosis akan mulai merasakan nyeri pada bagian tulang dan punggung, selain itu postur tubuh pun akan berubah, tulang lebih mudah untuk patah, dan yang terakhir adalah berkurangnnya tinggi badan kita.

2.Tumor tulang

Biasanya tumor pada tulang memiliki sifat yang jinak, meskipun masih ada di dalam kategori yang jinak, tumor tulang ini bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan tulang yang sehat. Sehingga akan menyebabkan tulang kiga menjadi gampang untuk patah atau rapuh.

3. Rakhitis

Kelainan tulang yang berikutnya adalah rakhitis, rakhitis merupakan kondisi yang akan mempengaruhi tumbuh kembang tulang pada anak – anak. Sedangkan bagi orang dewasa, rakhitis ini lebih di kenal dengan istilah osteomalacia.

Kelainan tulang ini akan mampu melunakkan dan juga melemahkan tulang kita, sehingga yang terjadi adalah kelainan pada tulang, dan bahkan patah tulang.

Kelainan tulang ini bisa terjadi karena faktor keturunan, tapi selain karena adanya faktor keturunan penyebab lainnya  dari penyakit ini adalah kekurangan vitamin D yang memiliki peran yang sangat vital dalam penyerapan kalsium

4. osteopenia

Kelainan tulang ini bisa terjadi apabila kepadatan tulang manusia jauh lebih rendah dari kata normal. Kelainan tulang ini juga bisa memicu terjadinya osteoporosis yang akan membawa efek buruk bagi tubuh kita, seperti nyeri, patah tulang,dan bungkuk. Agar bisa terhindar dari kelainan tulang ini, kita wajib untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencukupi asupan asupan penting lainnya.. kita juga wajib untuk tidak merokok dan rajin berolahraga.

5. Skoliosis

Skoliosis merupakan salah satu kelainan tulang yang juga banyak di alami oleh orang – orang yang ada di sekitar kita. kelainan tulang ini akan menyebabkan tulang bagian belakang kita melengkung kearah kanan dan juga kiri.


Menjaga kesehatan tulang

Di bawah ini telah dunia guru 87 rangkum langkah – langkah yang bisa kita lakukan di dalam menjaga kesehatan tulang .

1.Sarapan

Tidak sedikit dari kita yang seringkali melewatkan jadwal sarapan , padahal seperti yang kita ketahui bahwa sarapan sangatlah di butuhkan oleh tubuh agar bisa mendapatkan energi dan juga nutrisi yang akan di pakai untuk aktivitas kita sehari hari. Dalam rangka menjaga kesehatan tulang, kita bisa memulainya dengan sarapan yang kaya akan vitamin D dan juga kalsium seperti susu, yoghurt, sereal dan masih banyak lagi yang lainnya.

2.Olahraga

Di dalam beberapa riset yang telah di lakukan telah menyimpulkan bahwa orang akan lebih mudah untuk terserang osteoporosis jika jarang melakukan olahraga. Maka dari itu dunia guru 87 sangatlah mengharapkan agar kita bisa lebih aktif lagi di dalam berolahraga, karena dengan berolahraga tulang kita akan terjaga kekuatan dan kepadatannya.

3.Membatasi Alkohol dan juga rokok

Kedua aktivitas ini merupakan aktivitas yang akan mempengaruhi kepadatan tulang kita, selain itu kedua aktivitas ini juga akan mengakibatkan tubuh kita kekurangan kalsium juga vitamin D. Maka dari itu , jika kita menginginkan tulang yang sehat alangkah baiknya kita bisa menghindari bahkan menjauhi kedua aktivitas ini.

4. berjemur di pagi hari

Seperti yang kita ketahui matahari pagi adalah salah satu sumber dari vitamin D yang sangat di butuhkan oleh tubuh agar bisa menyerap kalsium.  Kita bisa memulainya dengan berjemur di pagi hari sebelum jam 9 pagi selama kurang lebih 15 menit dan bisa kita lakukan seminggu 3 kali.

Demikianlah pembahasan artikel tentang kelainan tulang yang bisa menyerang kita dan orang – orang sekitar kita. semoga saja artikel ini bisa bermanfaat bagi kita dan bisa kita pergunakan dengan semaksimal mungkin.