Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 gangguan pencernaan pada manusia yang paling sering terjadi

6 gangguan pencernaan pada manusia yang paling sering terjadi
Foto oleh Sora Shimazaki: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-menderita-sakit-perut-5938358/


6 gangguan pencernaan pada manusia yang paling sering terjadi 

Gangguan pencernaan – sistem pencernaan adalah salah satu bagian tubuh yang sangat penting, kita tidak akan bisa beraktivitas dengan maksimal apabila pencernaan kita terganggu. Maka dari itu kita sangat wajib untuk bisa menjaga kesehatan pencernaan yang kita miliki, mulai dari menjaga makanan yang masuk, hingga menerapkan pola hidup sehat.

Pada kesempatan kali ini, dunia guru 87 akan membahas tentang beberapa gangguan pencernaan yang sering kita alami dan kita jumpai di dalam kehidupan sehari – hari.

Gangguan pencernaan pada manusia

Sembelit 

Gangguan pencernaan yang pertama kita bahas kali ini adalah sembelit, gangguan pencernaan ini memiliki ciri ciri yaitu frekuensi buang air besar atau BAB yang tiba – tiba menjadi lebih jarang atau lebih sulit dari hari – hari biasanya.

Penyakit ini terjadi karena berubahnya pola makan / asupan dari nutrisi. Biasanya yang menyebabkan terjadinya sembelit ini antara lain kurangnya asupan serat, konsumsi susu yang berlebihan, kurang mengkonsumsi air, jarang bergerak, setres, atau sedang mengkonsumsi obat tertentu

Sembelit memang bukan gangguan pencernaan yang berat, tapi ketika kita mengalami gangguan pencernaan ini, aktivitas kita tidak akan bisa berjalan dengan baik karena akan timbul rasa tidak nyaman. Yang bisa kita lakukan adalah memperbanyak konsumsi makanan yang berserat, memperbanyak konsumsi air, dan rutin berolahraga.

Diare

Diare atau lebih sering kita kenal dengan mencret adalah kondisi di mana kita terlalu sering BAB, dan feses yang keluar dalam bentuk encer. Biasanya diare akan berlangsung selama beberapa hari dan akan menghilang tanpa perlu perawatan. 

Tapi beda kasus pada diare akut atau diare kronis, yang akan berlangsung berminggu minggu. Biasanya penyebabnya adalah adanya penyakit pada usus seperti crohn, atau celiac.

Biasanya diare bisa terjadi karena beberapa faktor seperti alergi terhadap makanan, mengkonsumsi makanan pada saat yang kurang tepat, atau bisa juga karena keracunan makanan ( kontaminasi bakteri )

Maag

Tukak lambung atau maag yaitu luka yang terjadi di lapisan lambung.  Gejala – gejala maag antara lain mual, kembung, kurang nafsu makan, dan muntah. Penderita maag biasanya akan merasakan pegal pada bagian punggung beberapa hari atau bahkan selama beberapa minggu.

Radang usus buntu

Radang usus buntu atau apendisitis akan terjadi karena kantong pada usus besar mengalami peradangan. Gejalanya seperti munculnya rasa nyeri yang mendadak pada perut kanan bagian bawah, sakit kepala saat batuk atau ketika berjalan, mual dan muntah, nafsu makan turun, demam, hingga perut kembung.

Kanker pada saluran pencernaan

Siapa yang tidak takut ketika mendengar kata kanker, kanker merupakan salah satu penyakit yang paling kita takuti. Yang perlu kita ketahui kanker juga bisa menyerang pencernaan kita. kanker yang menyerang saluran pencernaan yaitu kanker rektum ( kanker kolorektal ) ciri cirinya adalah tumbuhnya jaringan yang abnormal di dalam usus besar.

Ambeien

Gangguan pencernaan ini terjadi karena adanya pembengkakan yang terjadi di daerah pembuluh daray yang ada di anus.  Ambeien ini biasanya terjadi karena sembelit yang terjadi terus menerus, selain itu ambeien juga bisa terjadi karena diare kronis, obesitas, dan juga kehamilan.

Menjaga kesehatan organ pencernaan manusia

Selain beberapa penyakit gangguan pencernaan yang telah di jabarkan di atas, dunia guru telah merangkum cara – cara yang bisa kita lakukan agar bisa menjaga kesehatan dari organ pencernaan 

  • Konsumsi serat yang akan menyehatkan usus
  • Mengkonsumsi makanan – makanan yang alami
  • Mengkonsumsi air
  • Mengunyah makanan dengan baik
  • Membatasi diri dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak.