Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP IPS kelas 8 semester 2 terbaru

RPP IPS kelas 8 semester 2 terbaru
Foto oleh Olena Bohovyk: https://www.pexels.com/id-id/foto/buku-tertutup-di-samping-cahaya-benang-abu-abu-di-permukaan-putih-1772122/

RPP IPS kelas 8 semester 2 terbaru

RPP IPS – di dalam mengajar kita membutuhkan perencanaan yang maksimal, agar kita bisa mendapatkan hasil yang sesuai rencana. Salah satu perencanaan tersebut yaitu RPP IPS,  dari RPP ini kita akan lebih baik di dalam mengajar karena kegiatan yang akan kita lakukan telah tercantum di dalam RPP IPS ini.

Dengan memiliki RPP IPS, kita akan lebih mudah di dalam menata suatu pembelajaran dan lebih mudah untuk mencapai target yang telah di tentukan. Tapi tidak sediki dari kita yang tidak memiliki dan tidak mau untuk menyusun RPP IPS ini, karena mereka masih bisa mengajar tanpa menggunakan administrasi guru seperti RPP IPS ini.

Kita memang masih bisa mengajar tanpa menggunakan RPP IPS, tapi hasilnya tidak akan semaksimal ketika kita menggunakan RPP. Pembelajaran yang kita lakukan tanpa menggunakan RPP akan lebih cenderung asal – asalan, karena kita tidak memiliki tujuan yang pasti ketika kita mengajar. Kita hanya akan berpatokan kepada buku pegangan guru yang kita miliki.

Dan sudah bisa di pastikan hasil yang di peroleh oleh anak – anak kita juga tidak akan maksimal. Meskipun telah mengetahui hal tersebut, kita masih saja bersikeras utnuk tidak menyusun administrasi berupa RPP IPS. Biasanya hal ini bisa terjadi karena alasan kekurangan waktu di luar jam ajar. 

Ada banyak sekali aktivitas yang tidak bisa kita tinggalkan, seperti itulah kebanyakan alasan dari kita yang berprofesi sebaga seorang guru. Dan memang hal tersebut manusiawi, karena tidak semua dari kita memang memiliki waktu yang lebih untuk bisa menyelesaikan tugas sekolah.

RPP IPS kelas 8 semester 2

Karena hal tersebut dunia guru 87 telah merangkum RPP IPS untuk semester 2, yang bisa kita gunakan langsung di kelas. Tapi sebelum kita gunakan alangkah baiknya kita bisa mengecek terlebih dahulu isi dari RPP yang di bagikan dunia guru ini. 

Tujuannya adalah untuk memastikan apakah RPP yang di bagikan ini telah sesuai dengan apa yang kita harapkan atau belum, jika belum maka kita hanya tinggal memodifikasinya saja agar lebih sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Tujuannya adalah agar kita lebih nyaman di dalam mengajar dan menggunakan RPP ini. karena semakin kita nyaman akan semakin maksimal pula kita bisa memaksimalkan diri kita. seperti yang kita ketahui RPP IPS ini adalah salah satu bagian administrasi guru IPS yang harus kita lengkapi.

Ada banyak sekali administrasi guru IPS yang yang harus kita lengkapi mulai dari prota dan promes hingga RPP IPS yang kita bahas sekarang ini. semua administrasi tersebut sangat kita butuhkan di dalam mengajar, karena semua kegiatan dan kebutuhan kita telah tersedia di dalam administrasi – administrasi ini.

Dunia guru 87 sangat mengharapkan agar kita bisa menyelesaikan penyusunan dari administrasi – administrasi ini, maka dari itu dunia guru 87 telah menyediakan administrasi – administrasi yang kita butuhkan di dalam blog dunia guru 87 ini.

Semua administrasi ini bisa langsung kita ambil, karena dunia guru 87 sangat berharap kita bisa memaksimalkan kegiatan pembelajaran apabila kita memiliki administrasi – administrrasi guru yang lengkap.

RPP IPS kelas 8 1 lembar terbaru

Tapi administrasi – administrasi ini tidak akan berarti apabila kita tidak menggunakannya, dengan kata lain hanya sebagai pelengkap administrasi saja tidak untuk di gunakan. Hal ini sama saja dengan kita tidak membuat atau melengkapi administrasi , karena isi dari administrasi tersebut tidak kita lakukan atau presentasikan.

Sama halnya seperti RPP IPS ini, apabila RPP IPS ini telah selesai kita susun tapi tidak kita gunakan maka RPP IPS ini tidak ada artinya dan tidak ada gunanya. Dunia guru 87 sangat mengharapkan agar kita bisa mempraktekkannya, karena dengan mempraktekkan apa yang kita susun akan mengasah skill kita sebagai seorang guru.

Di dalam mempraktekkan isi dari RPP IPS ini, kita membutuhkan bantuan dari media pembelajaran dan juga model pembelajaran yang tepat. Karena kedua hal tersebut yang akan menunjang RPP yang telah kita susun ini, sebagai contoh dengan bantuan media pembelajaran yang sesuai dengan materi akan mempermudah anak – anak kita untuk menerima apa yang akan kita berikan di kelas.

Untuk media pembelajaran, saya lebih suka media pembelajaran berupa video. Saya lebih menyukai video pembelajaran dari pada media pembelajaran lainnya karena lebih mudah untuk di gunakan dan lebih mudah untuk memancing ketertarikan anak – anak kita di kelas.

Apalagi jika kita bisa menyediakan media pembelajaran yang menarik, otomatis kegiatan pembelajaran yang kita adakan akan berjalan dengan menarik dan sesuai dengan harapan kita ketika menyusun RPP IPS ini.

Download RPP IPS kelas 8 semester 2

Bagi teman – teman yang menginginkan RPP IPS kelas 8 untuk semester 2 dari dunia guru 87 bisa langsung mengunduhnya pada link yang tersedia di bawah ini.

RPP IPS kelas 8 semester 2 bab 3 ( LINK )
RPP IPS kelas 8 semester 2 bab 4 ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang RPP IPS kelas 8 untuk semestere 2, semoga saja artikel ini bisa meringankan beban kita di dalam menjalankan tugas dan kewajiban di sekolah. Dan semoga saja artikel ini bisa memotivasi kita di dalam mengajar, sehingga anak – anak kita bisa mendapatkan pengajaran yang maksimal.