Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP IPS kelas 8 semester 1 terbaru 1 lembar

RPP IPS kelas 8 semester 1 terbaru 1 lembar
Foto oleh Ylanite Koppens: https://www.pexels.com/id-id/foto/kacamata-di-buku-1906437/

RPP IPS kelas 8 semester 1 terbaru 1 lembar

RPP IPS – untuk memudahkan kita di dalam mengajar,  kita membutuhkan perhitungan yang matang mulai dari persiapan media pembelajaran hingga RPP IPS yang akan menjadi jalan kita menyalurkan ilmu pengetahuan yang kita miliki.

Pada kesempatan kali ini dunia guru 87 akan membahas tentang RPP IPS yang diperuntukan untuk kelas 8 semester 1. RPP ini akan kita pakai selama satu semester yaitu semester 1, dan di dalam RPP ini akan mencakup semua materi IPS yang ada di semester 1.

RPP IPS ini sangat penting bagi kita yang ingin anak – anak kita cepat untuk mencapai target yang ingin kita capai. Hal ini bisa terjadi karena RPP ini telah tersedia dengan jelas semua kegiatan yang akan kita lakukan, sehingga kita akan lebih mudah di dalam mengajar di dalam kelas.

Usahakan untuk menyusun RPP yang memudahkan peserta didik untuk bisa mencapai target yang di inginkan dan juga yang tidak terlalu sulit untuk kita presentasikan. Akan percuma apabila RPP yang kita susun ini terlalu bagus hingga kita sendiri yang menyusunnya kesulitan untuk mempresentasikan RPP IPS tersebut.

Susunlah RPP IPS yang memudahkan kita di dalam mengajar, dan mudah untuk kita sediakan media pembelajarannya. RPP IPS ini akan dengan mudah kita presentasikan apabila media yang kita sediakan sudah sesuai dengan RPP ini.

Maka dari itu alangkah baiknya kita bisa menyediakan media pembelajaran sendiri, karena selain lebih mudah untuk kita gunakan, media yang di susun sendiri akan mengasah kreativitas kita sebagai seorang guru IPS yang mengajar di kelas 8.

RPP IPS kelas 8 semester 1

RPP IPS ini juga harus kita tetapkan model pembelajaran yang tepat, sehingga lebih memudahkan kita di dalam mengajar. Jangan sampai menggunakan model pembelajaran yang akan menyusahkan kita sendiri dan menyulitkan anak – anak di dalam belajar.

Selain kedua hal tersebut, keberhasilan presentasi suatu RPP juga tergantung kepada kemampuan dan skill kita sebagai seorang guru, kita harus selalu mengasah skill mengajar kita dari waktu kewaktu. Karena kita harus mengikuti perubahan jaman, yang juga akan menuntut kita untuk menyesuaikan cara mengajar peserta didik.

Apalagi RPP IPS yang berlaku sekarang adalah RPP 1 lembar, yang akan sangat meringankan beban kita di dalam menyusun RPP IPS ini. kita tidak akan membutuhkan waktu yang banyak untuk menyusun RPP ips ini.

Kita harus berpatokan kepada silabus IPS ketika kita menyusun RPP ips ini, karena silabus ips akan menggambarkan seperti apa kegiatan pembelajaran akan berlangsung. Antara silabus dan RPP akan berkaitan satu sama lainnya, sehingga kita tidak bisa asal – asalan di dalam menyusun RPP ini.

RPP ini hanya sebuah program atau rencana yang akan kita lakukan, RPP ini bisa berubah apabila ketika kita mempresentasikan RPP ini tiba – tiba terjadi perubahan yang mengharuskan kita memodifikasi RPP IPS ini secara praktek.

Yang penting ketika kita mempraktekan atau memodifikasi RPP ini masih sesuai dengan tujuan yang ingin kita capai. Jangan sampai kita memodifikasinya terlalu jauh hingga menyimpang dari tujuan RPP yang telah kita susun.

Untuk penyusunan dari RPP IPS ini tentu bukan menjadi masalah bagi kita, karena kita telah terbiasa untuk menyusun RPP dari tahun ketahun. Biasanya yang menjadi masalah bagi kita adalah waktu luang dari setiap orang yang berbeda – beda.

RPP IPS 1 lembar

Tidak semua orang memiliki waktu luang yang cukup untuk menyusun RPP IPS ini, maka dari itu dunia guru telah menyediakan RPP IPS untuk kelas 8 semester 1 yang bisa kita pergunakan di kelas nantinya. Tapi alangkah baiknya sebelum kita menggunakan RPP ini, terlebih dahulu di periksa apakah telah sesuai dengan keinginan kita atau belum.

Apabila belum sesuai dengan apa yang kita inginkan, kita bisa memodifikasi RPP IPS ini agar sesuai dengan keinginan kita dan tidak menyulitkan kita di dalam mempresentasikannya. Susunlah RPP senyaman nyamanya agar kita nyaman kita ketika mengajar.

Jangan sampai lupa untuk menyediakan kegiatan penilaian untuk menilai keberhasilan pembelajaran yang telah di lalui oleh peserta didik kita di kelas 8 ini. kita bisa mengambil soal – soal tersebut dari bank soal yang kita miliki, dan semoga saja hasil dari penilaian tersebut telah sesuai dengan harapan kita.

Apabila peserta didik kita belum mampu untuk menyentuh batas minimal dari kegiatan penilaian tersebut, maka kita harus melakukan kegiatan remidial yang bertujuan untuk mengejar ketertinggalan dari peserta didik tersebut.

Tapi apabila peserta didik kita telah mampu untuk mencapai batas minimal yang harus di capai, maka kita bisa mengadakan kegiatan pengayaan yang bertujuan untuk memperdalam pengetahuan anak – anak kita terhadap materi yang telah di ajarkan. Tentu saja pasti semua guru mengharapkan agar anak anaknya bisa mengikuti kegiatan pengayaan ketimbang remidial.

Download RPP IPS kelas 8 semester 1

Bagi teman – teman yang menginginkan RPP IPS untuk kelas 8 semester 1 ini, bisa langsung mengunduhnya pada link yang telah di sediakan di bawah ini. 

RPP IPS semester 1 bab 1 ( LINK )
RPP IPS semester 1 bab 2 ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang RPP IPS untuk kelas 8 semester 1, semoga saja RPP IPS ini bisa membantu kita di dalam mengajar dan memudahkan kita untuk mencapai tujuan dari pembelajaran.