Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prota IPS kelas 8 terbaru – dunia guru 87

Prota IPS kelas 8 terbaru – dunia guru 87
Foto oleh wendel moretti: https://www.pexels.com/id-id/foto/buku-di-rak-buku-1850022/

Prota IPS kelas 8 terbaru – dunia guru 87

Prota IPS – IPS adalah mata pelajaran yang ruang lingkupnya adalah sosial yang ada di sekitar kita, dan tentu saja hal ini merupakan hal yang wajib untuk di ketahui dan di pahami oleh anak – anak kita di kelas 8. Mata pelajaran IPS ini tidak kalah pentingnya dengan mata pelajaran lain yang ada di kelas 8, dan mata pelajaran ini juga merupakan salah satu penentu pencapaian prestasi mereka selama satu tahun ajaran.

Untuk mendongkrak prestasi belajar anak – anak kita di dalam mata pelajaran IPS, kita harus mempersiapkan program yang matang sebelum mereka mengikuti suatu pembelajaran. Program tersebut adalah Prota IPS.

Prota IPS ini adalah dasar dari semua administrasi yang harus kita miliki. Kita baru bisa menyusun administrasi lain apabila kita telah mampu untuk menyelesaikan dan menuntaskan penyusunan dari Prota IPS ini, selain itu kita harus  bisa semaksimal mungkin untuk menyusun administrasi ini , karena isi dari administrasi ini akan mempengaruhi jalannya administrasi – administrasi lainnya.

Dan perlu untuk kita ketahui, kita membutuhkan kalender pendidikan untuk bisa menyelesaikan penyusunan dari prota IPS ini . dari kalender pendidikan kita akan mengetahui jumlah hari efektif yang bisa kita gunakan di dalam mengajar, dan hari efektif itulah yang akan kita input kedalam Prota IPS ini.

Kita tidak bisa menggunakan kalender pendidikan dari daerah lain di luar daerah kita, karena hal tersebut akan merusak program yang kita susun. Hal ini bisa terjadi karena perbedaat adat istiadat dari setiap daerah yang berbeda beda, sehingga akan mempengaruhi hari libur dari setiap daerah yang ada di Indonesia. Maka dari itu kita harus menggunakan kalender pendidikan dari daerah tempat kita bertugas, agar program yang kita susun bisa berjalan sesuai dengan rencana.

Prota IPS kelas 8

Prota IPS ini tidak bisa bergerak sendiri untuk memaksimalkan suatu pembelajaran, Prota ips ini membutuhkan bantuan dari administrasi – administrasi lain yang merupakan turunan dari prota yang kita susun.

Salah satu administrasi tersebut adalah RPP IPS, RPP IPS ini merupakan bagian penting dari administrasi yang kita miliki. Hal ini bisa terjadi karena di dalam RPP IPS telah tercantum secara gamblanng semua kegiatan – kegiatan yang akan kita lakukan di dalam kelas.

Mulai dari kegiatan pendahuluan hingga kegiatan penutup akan tertera dengan jelas di dalam RPP ini, kita hanya perlu mengikuti apa yang tertera di dalam RPP IPS ini. tujuan yang ingin kita capai pasti akan lebih mudah tercapai apabila kita mengikuti kegiatan yang tertera di dalam RPP, dan tentu saja hal tersebut merupakan harapan dari semua guru.

Selain RPP IPS dan juga Prota IPS, salah satu administrasi guru IPS yang sering kita gunakan adalah bank soal. Bank soal disini adalah kumpulan soal – soal yang kita kumpulkan menjadi satu , yang akan kita gunakan untuk melakukan kegiatan penilaian.

Bank soal ini sangat memudahkan kita di dalam melakukan suatu penilaian, karena biasanya bank soal tersebut telah sesuai dengan materi yang kita ajarkan jika memang benar bank soal tersebut kita sendiri yang menyusunnya. 

Tapi apabila bank soal tersebut kita kumpulkan dari beberapa sumber yang berbeda – beda, kita harus memilahnya terlebih dahulu agar sesuai dengan materi yang akan di ujikan. Dunia guru 87 sangat mengharapkan kita bisa menyusun bank soal ini sendiri, karena kita sendiri yang mengetahui soal seperti apa yang kita inginkan untuk di berikan ke anak – anak kita di kelas 8.

Prota IPS

Selain administrasi yang telah disebutkan di atas, kita juga membutuhkan buku BK. Meskipun di sekolah kita telah tersedia guru BK tersendiri, kita tetap harus memiliki buku ini karena tujuan kita adalah untuk menjaga kondisi kelas kita tetap kondusif.

Dengan bantuan buku ini, kita akan lebih mudah di dalam mengontrol prilaku anak – anak kita di dalam kelas. Selain itu dari prilaku tersebut juga akan mempengaruhi pencapaian prestasi belajar mereka, semakin menyimpang mereka semakin menurun pula prestasi belajar anak – anak kita ini.

Selain administrasi seperti prota IPS dan juga antek – anteknya, keberhasilan suatu pembelajaran juga akan di tentukan oleh media pembelajaran dan model pembelajaran yang kita gunakan. Media pembelajaran akan mempermudah anak – anak kita di kelas untuk memahami apa yang kita sampaikan, sehingga akan mempersingkat waktu ajar kita terhadap materi tersebut.

Dan untuk model pembelajaran yang kita gunakan akan sangat mempengaruhi kelancaran kegiatan pembelajaran di kelas. Maka dari itu sebelum kita menentukan model pembelajaran yang akan kita gunakan, kita harus menganalisa terlebih dahulu apakah model pembelajaran tersebut bisa kita gunakan di kelas yang kita ajar ini.

Download Prota IPS kelas 8

Bagi teman – teman yang menginginkan Prota IPS dari dunia guru 87, teman – teman bisa mengunduhnya pada link di bawah ini. semoga saja prota ips yang di bagikan dunia guru ini sudah sesuai dengan harapan kita semua , agar bisa langsung kita gunakan.

Prota IPS semester ganjil ( LINK )
Prota IPS semester genap ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang prota IPS untuk kelas 8 yang akan di pergunakan untuk semester 1 dan juga semester 2. Semoga saja Prota IPS yang di bagikan ini bisa dipergunakan semaksimal mungkin.