Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silabus IPS kelas 8 semester 1 terbaru

Silabus IPS kelas 8 semester 1 terbaru
Foto oleh Emre Can Acer: https://www.pexels.com/id-id/foto/chandelier-berwarna-kuningan-2079451/

Silabus IPS kelas 8 semester 1 terbaru

Silabus IPS – administrasi ini adalah salah satu administrasi pilar yang harus kita miliki, administrasi ini merupakan salah satu dasar yang harus kita miliki sebelum kita menyusun administrasi – administrasi lainnya. Administrasi ini juga merupakan gambaran kegiatan pembelajaran yang akan kita lakukan di kelas.

Mengingat pentingnya administrasi silabus ips ini terhadap keberhasilan suatu pembelajaran, maka kita harus memiliki administrasi ini sebagai pegangan kita di dalam mengajar. Administrasi ini juga yang akan kita jadikan patokan ketika kita menyusun administrasi seperti RPP IPS.

Hal ini disebabkan karena di dalam silabus IPS yang kita susun ini terdapat kegiatan pembelajaran yang bisa kita pakai untuk RPP IPS ini. maka dari itu untuk mendapatkan RPP IPS yang baik, kita harus bisa menyusun silabus dengan baik pula.

Tapi sebelum kita menyusun silabus IPS ini, kita harus terlebih dahulu mengetahui materi – materi apa saja yang ada di semester 1 kelas 8. Tujuannya adalah agar kita bisa membagi waktu yang tersedia di semester 1 ini.

Salah satu materi IPS di semester satu ini adalah kondisi geografis negara – negara yang ada di asean melalui peta rupa bumi. materi ini sangatlah penting untuk anak – anak kita kuasai, karena dari materi inilah anak – anak kita mengetahui kondisi geografis yang ada di Indonesia dan di negara – negara asean.

Selain materi tersebut, di semester 1 ini juga terdapat materi potensi sumber daya alam yang ada di Indonesia dan di asean. Materi ini juga sangat penting untuk anak – anak kita kuasai , karena kita tentu sangat mengharapkan anak – anak ini bisa menggunakan sumberdaya alam dengan baik dan bijaksana.

Silabus IPS kelas 8 semester 1

Selain kedua materi tersebut, mata pelajaran IPS di kelas 8 semester 1 inni masih terdapat banyak sekali materi yang harus kita bahas. Agar semua materi tersebut bisa tuntas tepat pada waktunya, kita membutuhkan administrasi sebagai pendukung kita di dalam menyampaikan semua materi – materi tersebut.

Untuk susunan dari silabus IPS kelas 8 semester 1 ini masih sama seperti silabus – silabus pendahulunya. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan kita, karena kita telah mengetahui tata cara penyusunan dari silabus IPS ini.

Kita telah terbiasa untuk menyusun administrasi ini setiap tahunnya, hal ini akan menyebabkan kita lebih mudah di dalam menyusun silabus IPS untuk kelas 8 ini. tapi hingga saat ini tidak sedikit dari kita yang tidak memiliki administrasi ini, atau dengan kata lain sengaja utuk tidak menyusun administrasi seperti silabus IPS.

Hal ini bisa terjadi karena mereka masih bisa mengajar seperti biasa tanpa berpatokan kepada silabus IPS. Meskipun hasil yang akan mereka peroleh tidak akan semaksimal ketika mereka menggunakan silabus IPS ini sebagai patokan.

Silabus IPS kelas 8

Pengaruh dari silabus IPS ini sangatlah besar, maka dari itu dunia guru 87 sangat mengharapkan agar kita bisa menyelesaikan penyusunan dari silabus IPS ini agar kegiatan pembelajaran yang kita lakukan bisa berjalan dengan maksimal.

Pada kesempatan kali ini, dunia guru telah menyediakan silabus IPS yang telah jadi, dengan harapan kita bisa memaksimalkan silabus ini. karena kebahagiaan kita adalah ketika kegiatan pembelajaran yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana yang telah kita tentukan.

Silabus ini sendiri sangat kita butuhkan di dalam beragam kegiatan salah satunya adalah kegiatan supervisi. Pada kegiatan supervisi ini kita akan di periksa kelengkapan administrasi – administrasi yang kita miliki, semakin lengkap administrasi yang kita miliki semakin baik pula nilai yang akan kita peroleh. Yang biasanya akan mengadakan kegiatan supervisi ini adalah kepala sekolah tempat kita bertugas, kepala sekolah pula yang akan memberikan nilai atas kelengkapan administrasi yang kita miliki.

Selain itu silabus IPS ini juga akan kita butuhkan ketika sekolah kita mengikuti kegiatan akreditasi sekolah. Pada kegiatan ini, sekolah tempat kita bertugas akan di periksa oleh pihak yang terkait termasuk juga semua administrasi yang kita miliki juga akan di periksa.

Mengingat pentingnya silabus IPS ini terhadap tugas dan tanggung jawab kita sebagai guru IPS, dunia guru 87 sangat mengharapkan agar kita bisa melengkapi administrasi ini dengan sebaik baiknya, karena dengan administrasi yang baik akan sedikit tidaknya mendongkrak keberhasilan suatu pembelajaran.

Download Silabus IPS kelas 8

Bagi teman – teman yang menginginkan silabus IPS untuk kelas 8 semester 1 ini bisa langsung mengunduhnya pada link yang tersedia di bawah ini.

Silabus IPS kelas 8 ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang silabus IPS untuk kelas 8 dan di peruntukan untuk semester 1, semoga saja artikel ini bisa membantu di dalam melaksanakan tugas di sekolah. Semoga saja tujuan pembelajaran yang ingin kita capai bisa dengan mudah untuk tercapai.