Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prota PKN kelas 8 terbaru

Prota PKN kelas 8 terbaru

Prota PKN kelas 8 terbaru

Prota PKN -  kita membutuhkan sekali administrasi ini di dalam mengatur dan mengelola kegiatan pembelajaran. Administrasi berupa prota PKN ini akan sangat memudahkan kita didalam mengelola waktu ajar dari setiap materi PKN yang ada di semester 1 dan juga semester 2.

Prota PKN ini akan mengelola waktu efektif yang bisa kita gunakan untuk mengajar, tujuannya adalah untuk meminimalisir kemungkinan kita untuk kekurangan waktu di dalam mengajar. Hal ini paling sering terjadi karena kita malas untuk menyusun administrasi berupa prota PKN ini.

Jika hal ini terjadi, yang di rugikan pasti peserta didik kita sendiri. , mereka tidak akan mendapatkan pengajaran yang maksimal apabila kita mengebut materi yang seabrek itu di dalam satu kali ajar. Hal ini biasa terjadi pada materi akhir semester, karena kita tidak memiliki pengelolaan waktu yang baik sehingga hal ini bisa terjadi.

Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, kita harus menyusun administrasi ini. tapi kita tidak akan bisa menyusun prota PKN ini sebelum kita memiliki kalender pendidikan, karena kalender pendidikan inilah yang akan menentukan isi dari prota pkn yang kita susun. Kita harus berpatokan kepada kalender pendidikan ini di dalam menyusun dan menyelesaikan administrasi ini.

Prota kelas 8 PKN

Prota PKN ini akan kita susun di awal tahun ajaran dan akan berlaku selama satu tahun ajaran, maka dari itu kita harus bisa menyusun administrasi ini dengan sebaik – baiknya agar bisa mendongkrak kegiatan pembelajaran yang kita lakukan di sekolah.

Selain itu prota PKN ini juga akan mempengaruhi penyusunan administrasi – administrasi lainnya. Semua administrasi akan berpatokan kepada prota yang kita susun ini, maka dari itu semakin baik prota PKN yang kita susun akan semakin baik pula administrasi lainya bisa kita susun.

Tapi sebelum kita menyusun prota PKN ini kita harus mengetahui terlebih dahulu materi apa saja yang tersedia di kelas 8 yang harus kita input kedalam prota PKN.  Materi – materi tersebut antara lain perumusan pancasila sebagai dasar dari NKRI, menumbuhkan kesadaran terhadap UUD NKRI tahun 1945, tata urutan peraturan perundang – udangan dalam sistem hukum nasional di Indonesia, semangat kebangkitan nasional tahun 1908, sumpah pemuda dalam bingkai bhineka tunggal ika, dan memperkuat komitmen kebangsaan.

Kesemua materi tersebut harus mampu kita input kedalam prota PKN yang kita susun, dan harus mampu juga kita bagi waktu ajarnya untuk menghindari terjadinya kekurangan waktu di dalam mengajar. Hal ini kita lakukan agar anak – anak kita mendapatkan waktu belajar yang maksimal dari setiap materi yang tersedia di kelas 8 ini. kita juga sangat tidak menginginkan apabila materi kita di ajarkan dengan sistem kebut sehari , maka dari itu kita harus  bisa menyusun prota ini sebagai pegangan.

Prota kelas 8 PKN SMP

Format dari prota PKN ini sendiri telah kita kuasai, karena prota pkn dari tahun ketahun masih sama formatnya. Hal ini tentu akan mempermudah kita di dalam menyusun administrasi pokok ini, selain itu materi – materi yang ada di kelas 8 ini juga telah kita kuasai. Hal ini tidak akan menjadi masalah yang besar bagi kita untuk bisa menyusun administrasi ini.

Selain untuk membantu kita di dalam mengajar, administrasi prota pkn ini juga akan sangat kita butuhkan apabila kepala sekolah kita mengadakan supervisi guru. Pada kegiatan supervisi ini, kepala sekolah akan memeriksa kelengkapan dan kesiapan guru di dalam mengajar. Kepala sekolah akan memeriksa semua kelengkapan mengajar kita, kelengkapan administrasi, hingga cara mengajar kita di dalam kelas. Dan hal ini merupakan kegiatan wajib dari kepala sekolah.

Selain itu, prota dan administrasi – administrasi lain juga akan kita butuhkan pada waktu akreditasi sekolah. Sama halnya dengan supervisi yang di lakukan kepala sekolah, Cuma bedanya disini bukan kita saja yang akan di periksa. Semua sarana dan prasana di sekolah akan di periksa dan dinilai kesiapannya untuk di pergunakan.

Download prota PKN kelas 8 

Dibawah ini adalah link unduhan dari prota PKN yang bisa kita unduh dengan mengklik kata link yang telah di sediakan di bawah.

Prota kelas 8 ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang prota PKN kelas 8 , semoga saja prota ini bisa membantu ktia di dalam mengelola waktu pembelajaran yang baik dan benar. Karena dengan pengelolaan waktu yang baik dan benar akan memaksimalkan pembelajaran itu sendiri. Selain itu akan secara tidak langsung berimbas kepada kegiatan penilaian yang akan peserta didik ikuti.

Kita sebagai guru PKN harus bisa memaksimalkan semua pembelajaran yang kita lakukan, dengan tidak melupakan untuk selalu menanamkan pendidikan karakter kepada semua peserta didik kita di kelas 8. Pendidikan karakter inilah yang akan membimbing mereka dan menguatkan mereka untuk mencapai tujuan dan cita – citanya.