Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PTS PKN kelas 8 semester 1 terbaru

PTS PKN kelas 8 semester 1 terbaru
Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

PTS PKN kelas 8 semester 1 terbaru

PTS PKN – salah satu kegiatan penilaian yang penting dan harus di ikuti oleh peserta didik adalah PTS PKN, karena dari PTS PKN ini kita bisa mengetahui hasil pembelajaran pada tengah semester awal. Dan akan menjadi patokan kita untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang selanjutnya.

Dengan adanya PTS ini kita akan mengetahui sejauh mana daya serap peserta didik kita selama setengah semester, dan dengan pts inilah kita berkesempatan untuk mengetahui kelemahan kita selama setengah semester dan harus kita tutupi kelemahan tersebut.

Tujuannya adalah agar pembelajaran yang berikutnya bisa lebih baik lagi. Keberhasilan pelaksanaan PTS PKN ini biasanya tergantung kepada pembelajaran yang telah terjadi. Kemungkinan kekurangannya ada pada 3 aspek kita sebagai guru, peserta didik, dan lingkungan belajar.

Kemungkinan yang pertama adalah kita, kita mungkin kurang dalam memaksimalkan kegiatan pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Hal ini bisa terjadi karena sebagian besar dari kita tidak memiliki administrasi kegita melaksanakan suatu pembelajaran, memang terlihat simpel tapi hal ini akan sangat mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran.

Tidak banyak dari kita yang memiliki administrasi guru PKN, dan tidak banyak dari kita juga meski telah memiliki administrasi guru PKN tapi tidak mempergunakannya, administrasi tersebut hanya sebagai pajangan semata walaupun kita tahu administrasi tersebut sangatlah penting dan akan mempengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran.

PTS PKN kelas 8 semester 1

Hal ini bisa terjadi karena kita telah terbiasa dengan materi – materi ajar yang ada di kelas 8, sehingga kita menganggap administrasi ini tidaklah penting toh juga pembelajaran bisa berjalan tanpa adanya administrasi ini.

Hal tersebut merupakan salah satu pemikiran yang salah, kita sendiri telah mengetahui pengaruh pentingnya administrasi ini. saya ambilkan salah satu contoh yaitu prota dan promes, kegiatan pembelajaran yang kita lakukan ini tidak akan maksimal apabila tidak memiliki kedua administrasi ini. biasanya yang terjadi adalah kita akan kekurangan waktu di dalam mengajar bagi materi – materi yang berada di akhir, karena kita tidak memiliki patokan waktu yang pasti.

Kita juga membutuhkan administrasi lain dalam rangka memaksimalkan nilai PTS PKN ini, salah satunya adalah RPP PKN. Denagn bantuan RPP PKN ini kita akan lebih mudah di dalam mengelola suatu pembelajaran, karena semua kegiatan yang akan kita lakukan telah tertulis di dalam RPP ini.

Dan dengan bantuan administrasi ini, kita tidak akan mungkin keluar dari pembahasan yang harusnya kita bahas. Disinilah fungsi dari semua administrasi yang kita miliki, mereka mengatur semua kegiatan kita di sekolah dan di kelas agar sesuai dengan apa yang kita inginkan dan kita harapkan.

PTS PKN semester 1 kelas 8

Keberhasilan pts pkn ini tidak semata – mata dari kita seorang guru, kemungkinanya bisa jadi ada pada peserta didik kita, kita tidak tahu apakah peserta didik kita telah siap untuk mengikuti pembelajaran dari kita apa belum, atau apakah peserta didik tidak memiliki masalah yang di bawa mereka ke sekolah ?

Hal inilah yang harus kitacari tahu agar peserta didik kita bisa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan maksimal. Karena denagn pembelajaran yang maksimal akan meningkatkan kemungkinan mereka untuk bisa mendapatkan nilai yang lebih baik lagi. Kita harus bisa membuat peserta didik kita nyaman ketika mengikuti pembelajaran, karena hal tersebut juga akan mempengaruhi daya serap mereka di kelas.

Hal lain yang akan mempengaruhi keberhasilan suatu pts pkn adalah lingkungan belajar dari peserta didik itu sendiri, saya ambilkan salah satu contoh yaitu kebersihan kelas. Peserta didik kita tidak akan nyaman untuk mengikuti suatu pembelajaran apabila mereka  mendapatkan kelas yang tidak bersih  dan rapi.

Hal ini tentu akan sangat mengganggu konsentrasi peserta didik, apalagi kelas yang kotor tersebut di barengi dengan bau – bau yang tidak sedap di hidup. Hal ini tentu akan sangat mengganggu kegiatan pembeljaaran yang kita lakukan.

Untuk menghindari hal tersebut, Kita bisa mengadakan kegiatan pembersihan terlebih dahulu sebelum kita memulai suatu pembelajaran. Selain itu kondisi lingkungan di sekitar tempat belajar peserta didik juga harus mendapatkan perhatian yang lebih, karena peserta didik tidak akan bisa maksimal di dalam mengikuti suatu pembelajaran apabila tidak mempunyai kelas yang kondusif juga.

Download PTS kelas 8 semester 1

Dibawah ini adalah LINK unduhan dari PTS pkn , silahkan mengunduh PTS ini dengan mengklik kata link yang telah tersedia di bawah.

PTS PKN ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang PTS PKN untuk kelas 8 semester 1, semoga PTS PKN ini bisa memudahkan kita di dalam melaksanakan kegiatan penilaian. Semoga saja hasil penilaian PTS anak anak ini bisa sesuai dengan harapan kita sebagai seorang guru.