Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prota PKN kelas 7 terbaru – dunia guru 87

Prota PKN kelas 7 terbaru – dunia guru 87
Foto oleh cottonbro dari Pexels

Prota PKN kelas 7 terbaru – dunia guru 87

Prota PKN – kita tentu tidak asing lagi dengan istilah dari PROTA ini , karena kita memang harus memiliki administrasi ini setiap tahunnya. Administrasi ini merupakan inti dari administrasi – administrasi lain yang juga harus kita miliki.

Tapi sebelum kita menyusun administrasi berupa Prota PKN ini , kita harus memiliki kalender pendidikan terlebih dahulu. Kita tidak bisa menyusun prota apabila kita belum memiliki kalender pendidikan, oleh karena itu kita harus menunggu keluarnya kalender pendidikan oleh dinas – dinas yang terkait.

Setelah kita memiliki kalender pendidikan , kita baru bisa menyusun prota pkn karena di dalam kalender pendidikan telah tertera dengan jelas jumlah waktu efektif yang bisa kita gunakan untuk mengajar. Waktu efektif itulah yang akan kita bagi lagi kedalam materi – materi yang ada di kelas 7 , dengan harapan semua materi tersebut bisa terselesaikan tepat pada waktunya.

Kita tidak bisa menyusun administrasi Prota pkn ini apabila kita menggunakan kalender pendidikan dari daerah lain , karena akan mengakibatkan berantakannya pembagian waktu dari setiap materi. Hal ini bisa terjadi karena perbedaan budaya dan adat istiadat setiap daerah di Indonesia , yang mengakibatkan perbedaan waktu libur dari setiap daerah tersebut. Maka dari itu saya katakan bahwa kita harus menggunakan kalender pendidikan yang di keluarkan oleh dinas yang ada di daerah kita.

Prota PKN kelas 7 

Dalam prota PKN yang di bagikan dunia guru 87 ini memiliki beberapa struktur mulai dari kopnya yang akan terdapat satuan pendidikan , satuan pendidikan ini adalah tempat kita bertugas sekarang , jangan sampai kita mengisinya dengan satuan pendidikan lain karena hal tersebut akan mempengaruhi prota yang kita susun.

Dibawahnya terdapat mata pelajaran, mata pelajaran ini akan kita isi dengan mata pelajaran PKN. Lalu di bawahnya akan terdapat kelas dan semester , pada bagian ini akan kita isi dengan kelas 7 semester 1 dan juga semester 2.

Dibagian akhir dari kop prota akan terdapat tahun pelajaran , pada bagian ini akan kita isi dengan tahun ajaran yang akan berlangsung. Pada bagian ini akan menentukan tahun berlakunya prota yang kita susun.

Setelah kita berhasil mengisi bagian kop dari prota PKN , kita akan beranjak untuk mengisi bagian dari kompetensi inti. Isi dari kompetensi inti ini antara lain adalah kita akan mengarahkan anak – anak kita untuk bisa menghargai dan juga menghayati ajaran dari agama yang di anutnya.

Selain itu kita juga akan mengarahkan anak didik kita untuk bisa berprilaku yang jujur , bertanggung jawab dan lain sebagainya di lingkungan sosial dan alam di tempat mereka berada. Hal ini sangat penting untuk membangun karakter dari anak – anak kita.

Kita juga harus bisa mengarahkan anak anak kita untuk bisa memahami pengetahuan yang didasarkan oleh rasa ingin tahu mereka tentang iptek. Dan yang terakhir adalah kita akan berusaha untuk mengarahkan anak didik kita untuk bisa mencoba, mengolah dan juga menyajikan ranah kongkret dan juga ranah abstrak.

Prota PKN

Kita harus bisa menginput semua materi PKN di kelas 7 ini kedalam PROTA PKN , agar kita bisa membagi waktu dari setiap materi tersebut. Materi yang ada di kelas 7 PKN ini antara lain proses perumusan dan juga penetapan pancasila sebagai dasar dari negara republik Indonesia, norma – norma dalam kehidupan bermasyarakat, kesejarahan dari perumusan dan pengesahan UUD 1954,

Keberagaman suku bangsa, agama, ras dan juga golongan di dalam bingkai Bhineka tunggal ika, kerjasama di dalam berbagai bidang kehidupan, daerah dalam kerangka NKRI. Materi – materi tersebut akan kita input kedalam prota PKN.

Harapan kita dengan adanya prota ini , tidak ada materi yang akan terlewatkan. Karena semua materi tersebut sangat penting karena akan di input kedalam soal – soal penilaian yang akan di ikuti oleh anak – anak kelas 7.

Download Prota PKN kelas 7 

Prota PKN ( LINK )

Demikianlah artikel prota PKN yang telah dunia guru 87 bagikan, semoga saja artikel ini bisa kita manfaatkan semaksimal mungkin.