Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP IPS kelas 7 semester 2 terbaru

RPP IPS kelas 7 semester 2 terbaru
Foto oleh Bilakis dari Pexels

RPP IPS kelas 7 semester 2 terbaru

Salah satu perencanaan tersebut adalah RPP IPS,  RPP IPS ini sendiri merupakan salah satu administrasi yang harus dan wajib untuk kita miliki. Maka dari itu sebelum kita memulai suatu pembelajaran , alangkah baiknya kita bisa memulainya dengan menyusun RPP terlebih dahulu.

RPP IPS ini akan mengarahkan kita kedalam pembelajaran yang sesuai dengan rencana yang telah kita susun, sehingga tujuan yang ingin kita capai akan lebih mudah lagi untuk di capai. Hal ini bisa terjadi karena di dalam RPP yang kita susun telah tertera dengan jelas tentetan kegiatan yang akan kita laksanakan ketika pembelajaran berlangsung.

Mulai dari kegiatan pendahuluan yang akan di isi dengan salam dan kegiatan awal sebelum memulai pembelajaran , hingga kegiatan penutup yang kita isi dengan kegiatan – kegiatan akhir sebelum mengakhiri suatu pembelajaran.

Dengan adanya RPP IPS ini sendiri , kita akan sangat terbantukan karena kita akan bisa mengajar dengan terurut dan juga meminimalisir kemungkinan terjadinya materi yang terlewatkan. Semua materi ajar kita akan terurut dengan rapi dan akan mempermudah anak didik kita untuk menyerap materi tersebut.

RPP IPS kelas 7 semester 2

RPP IPS ini sendiri juga merupakan salah satu administrasi penting yang harus kita miliki , dan RPP ini juga akan menjadi penentu pencapaian suatu sekolah saat sekolah masuk ke masa akreditasi. Pada masa ini sekolah akan di periksa semua aspeknya , termasuk juga kelengkapan administrasi dari semua guru.

Maka dari itu agar sekolah kita mendapatkan nilai yang memuaskan, kita harus melengkapi administrasi guru yang menjadi kewajiban kita. selain itu administrasi seperti RPP ini juga akan di periksa oleh kepala sekolah dan pihak yang terkait untuk di supervisi.

Karena pentingnya RPP IPS ini terhadap tugas dan kewajiban kita di kelas dan juga di sekolah , alangkah baiknya kita bisa meluangkan sedikit waktu kita untuk menyusunnya. Apalagi RPP yang berlaku sekarang adalah RPP 1 lembar, yang akan sangat mempermudah kita dalam penyusunannya. Waktu yang di butuhkannya pun tidaklah banyak , seperti RPP IPS sebelumnya.

Tapi tidak sedikit dari kita yang tidak memiliki RPP IPS ini, sebagian dari kita malah lebih nyaman untuk mengajar tanpa berpedoman pada RPP dan administrasi – administrasi lainnya. Jangankan untuk memiliki administrasi , saat mengajarpun sebagian dari kita tidak menggunakan buku pegangan dan media pembelajaran.

RPP IPS kelas 7

Memang sih pembelajaran masih bisa berjalan , tapi pembelajaran tersebut tidak akan maksimal . mulai dari penyampaiannya hingga daya serap dari anak – anak, hal ini sendiri tentu akan memiliki efek negatif terhadap anak dan hasil dari kegiatan penilaian yang akan mereka ikuti.

Kita bisa membandingkan sendiri , antara pembelajaran yang menggunakan RPP IPS dengan pembelajaran yang tidak menggunakan RPP sebagai patokan. Dari kedua tersebut manakah yang akan menghasilkan pembelajaran yang terbaik.

RPP semester 2 IPS kelas 7

Sudah bisa di pastikan bahwa pembelajaran yang menggunakan RPP IPS sebagai patokan akan lebih baik karena kondisi kelas akan mudah untuk kita kuasai dan juga lebih kondusif. Selain itu seperti yang saya katakan tadi bahwa dengan adanya RPP ini kita akan lebih mudah untuk mengajar.

Meskipun kita harus mengorbankan sedikit waktu kita untuk menyusun RPP IPS ini, tapi semua terbayarkan dengan hasil pembelajaran yang bisa kita dapatkan. Harapan saya kita semua guru IPS yang mengajar di kelas 7 bisa memiliki RPP sebagai pegangan dalam mengajar.

Download RPP IPS kelas 7 semester 2

Bab 3 ( LINK )
Bab 4 ( LINK )

Demikianlah pembahasan tentang artikel RPP IPS kelas 7 semester 2 yang bisa dunia guru 87 bagikan , semoga saja artikel ini bisa memudahkan kita dalam melaksanakan tugas dan kewajiban di sekolah.