Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PAT PKN kelas 7 terbaru

Soal PAT PKN kelas 7 terbaru
Foto oleh SHVETS production dari Pexels


Soal PAT PKN kelas 7 terbaru

Soal PAT – kegiatan penilaian merupakan salah satu kegiatan wajib yang harus di ikuti oleh anak didik kita di kelas 7 , salah satu kegiatan penilaian yang penting yang harus di ikuti tersebut adalah penilaian akhir PAT.

Kegiatan penilaian soal PAT ini merupakan kegiatan wajib yang harus di ikuti oleh anak – anak pada akhir semester 2. Dan kegiatan penilaian ini merupakan kegiatan penilaian yang terakhir yang harus di lalui oleh anak – anak kelas 7, selain remidial jika belum memenuhi standar yang di tentukan.

Kegiatan penilaian soal PAT ini sendiri merupakan soal yang di rangkum dari materi PKN di semester 2, maka dari itu kita sebagai seorang guru PKN harus bisa menyelesaikan semua pembahasan materi yang ada di semester 2 sebelum di adakanya kegiatan penilaian ini.

Jangan sampai kita tidak menyelesaikan pembahasan materi yang ada di semester 2 , karena hal ini akan menimbulkan efek yang negatif terhadap pencapaian dari anak – anak kita di kelas 7.  Anak anak ini akan cenderung tidak bisa mencapai target tersebut apabila kita tidak mampu menyelesaikan semua pembahasan materi di semester 2.

Selain itu anak – anak kita juga akan mengalami kesulitan apabila kita tidak bisa mentransfer materi tersebut dengan penuh, hal ini biasanya bisa terjadi karena kita tidak menggunakan administrasi guru PKN sebagai patokan dalam mengajar. Biasanya materi – materi yang ada di akhir semester tidak akan tersampaikan secara penuh karena kita akan menerapkan sistem kebut sehari.

Soal PAT PKN kelas 7

Beda halnya apabila kita menggunakan administrasi guru PKN sebagai pegangan di dalam mengajar di kelas. Semua materi akan tersampaikan tepat pada waktunya dan juga akan maksimal dalam hal penyerapannya.

Kita sendiri telah mengetahui perbedaan pencapaian penilaian soal PAT antara yang menggunakan administrasi guru dengan yang tidak menggunakan administrasi guru. Tentunya yang menggunakan administrasi sebagai pegangan dalam mengajar akan lebih baik lagi.

Maka dari itu alangkah baiknya sebelum memulai suatu pembelajaran , kita bisa melengkapi semua administrasi – administrasi ini agar tujuan yang kita harapkan bisa tercapai dengan maksimal. Memang terasa berat di awal ketika kita berusaha melengkapi administrasi yang menjadi tanggung jawab kita, rasa malas pasti akan menyerang kita. tapi semua itu akan terbayar lunas ketika kita bisa memaksimalkan pencapaian dari anak – anak kita.

Selain itu ada banyak aspek yang bisa menjadi penyebab pencapaian dari pelaksanaan penilaian soal pat ini, salah satunya adalah model pembelajaran yang kita gunakan. Model pembelajaran ini akan menentukan kecepatan daya tangkap anak – anak terhadap materi yang kita berikan.

Kita harus bisa memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi, selain itu kita juga harus bisa memaksimalkan penerapan model pembelajaran tersebut. Semakin maksimal kita bisa memanfaatkan model pembelajaran tersebut, semakin baik pula kegiatan pembelajaran akan berlangsung.

Soal PAT PKN

Selain model pembelajaran, media pembelajaran juga memegang peran penting dalam suatu pembelajaran. Tapi tidak sedikit dari kita yang malas untuk memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia di sekolah.

Jangankan untuk membuat suatu media pembelajaran, memanfaatkan media yang sudah ada di sekolah saja sangat jarang untuk kita lakukan. Padahal hal tersebut sangat mempengaruhi suatu pembelajaran dan nantinya juga  akan mempengaruhi hasil dari pelaksanaan soal pat.

Selain dua hal tersebut, pencapaian anak – anak kita terhadap soal pat ini juga di tentukan oleh soal yang kita susun. Tidak sedikit dari kita yang masih berpikiran bahwa semakin sulit soal yang kita susun akan semakin baik, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Karena soal pat tersebut harus kita susun sedemikian rupa agar tingkat kesukarannya bisa bervariasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sebagian dari kita mungkin masih berpikir bahwa kebanggaan dalam menyusun soal PAT adalah ketika anak – anak kita tidak bisa menjawab soal yang kita berikan. Hal ini sepenuhnya bisa saya kategorikan sebagai prilaku yang salah , karena akan mempengaruhi nilai dari anak anak kita.

Selain itu semangat belajarnya pun akan terganggu, akan terjadi penurunan semangat belajar dari beberapa anak – anak kita. hal ini tentu sangat tidak kita inginkan , karena kondisi kelas kita akan menjadi tidak kondusif dan akan sulit untuk membangkitkan semangat belajar dari anak – anak kita ini.

Download soal PAT PKN kelas 7

Dibawah ini adalah link unduhan soal pat, silahkan mengklik kata LINK di bawah untuk memulai pengunduhan.

    Soal PAT ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang soal pat kelas 7 yang bisa dunia guru bagikan kali ini, semoga saja soal pat ini bisa membantu kita dalam menjalankan kewajiban di sekolah.