Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PTS Semester 1 Bahasa Indonesia kelas 7 k13

Soal PTS Semester 1 Bahasa Indonesia kelas 7 k13
Foto oleh Akela Photography dari Pexels

Soal PTS Semester 1 Bahasa Indonesia kelas 7 k13

Soal PTS – kita sebagai seorang guru akan mengadakan kegiatan penilaian ketika anak – anak telah menyelesaiakan setengah materi yang ada di semester 1 . Soal PTS ini akan di berikan sebagai patokan daya tangkap terhadap materi yang telah di bahas di dalam kelas.

Soal PTS ini sangat wajib untuk di berikan ke peserta didik, karena selain sebagai gambaran daya tangkap peserta didik terhadap materi yang telah di bahas, hasil dari pelaksanaan soal PTS ini akan kita jadikan arsip untuk di gabungkan lagi dengan kegiatan penilaian lainnya, sehingga kita akan mendapatkan nilai akhir semester dari peserta didik.

Maka dari itu, untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dari pelaksanaan soal PTS ini, peserta didik harus bisa mengikuti semua kegiatan pembelajaran yang kita adakan dengan sebaik – baiknya.  Selain itu kita juga harus bisa memaksimalkan semua kemampuan kita agar peserta didik bisa lebih mudah lagi dalam menyerap materi.

Kondisi kelas juga menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Kita harus bisa menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, agar peserta didik merasa nyaman ketika berada di dalam kelas.

Selain kondisi kelas kita yang harus kondusif, kondisi lingkungan sekolah juga harus ikut kondusif. Peserta didik tidak akan bisa mengikuti pembelajaran dengan baik apabila kondisi lingkungan di luar kelasnya tidak kondusif. Konsentrasi dari anak – anak ini akan terpecah, sehingga menyebabkan daya serap menjadi kurang maksimal.

Soal PTS Semester 1 Bahasa Indonesia kelas 7

Dalam mengembangkan soal PTS semester 1 Bahasa Indonesia ini, kita tidak boleh terlalu jauh dari materi yang telah kita ajarkan, karena akan sangat menyulitkan peserta didik dalam menjawab soal – soal. Selain itu jika kita terlalu jauh mengembangkan soal PTS ini, akan membuat kita tidak bisa mendapatkan gambaran dari hasil belajar peserta didik.

Hal ini disebabkan oleh terlalu jauhnya soal PTS dari materi yang telah kita ajarkan. Selain itu hasil yang di dapatkan peserta didik sudah bisa di pastikan tidak akan memuaskan dan kemungkinannya sangat kecil untuk bisa mencapai nilai minimal yang telah kita tentukan.

Boleh saja sih kita mengembangkan soal PTS ini, selama soal itu masih berhubungan dengan materi yang telah kita berikan. Karena tujuan awal kita adalah untuk menilai daya serap anak – anak terhadap materi yang telah di ikuti.

Selain pengembangan soal, tingkat kesukaran soal juga harus menjadi salah satu prioritas kita dalam menyusun soal PTS. Kita tidak bisa menyusun soal PTS yang terlalu mudah atau juga terlalu sulit, karena hal tersebut juga akan merugikan kita sebagai seorang guru.

Dalam menyusun soal PTS ini , kita juga harus bisa merangkum setengah materi yang ada di semester 1. Maka dari itu kita bisa berpatokan pada soal PTS semester 1 tahun ajaran yang telah lalu, karena dengan berpatokan pada soal tahun lalu kita akan sangat di permudah dalam menyusun soal – soal.

Soal PTS kelas 7 Bahasa Indonesia

Dengan menggunakan patokan soal PTS tahun ajaran yang telah lewat, kita akan dapat menyempurnakan soal PTS tersebut. Kita telah mengetahui pencapaian maksimal dan juga minimal dari pelaksanaan soal yang lalu, maka dari itu kita akan lebih mudah menyempurnakan soal tersebut agar hasil yang di peroleh bisa lebih baik lagi.

Harapan kita pastinya semua anak anak kita bisa mencapai target yang telah di tentukan, karena selain nilai yang mereka dapatkan dari pelaksanaan soal PTS ini, anak – anak akan lebih termotivasi dalam mengikuti pembelajaran karena mereka pasti sangat menginginkan hasil yang lebih baik lagi kedepannya.

Disinilah kita dituntut untuk bisa lebih baik lagi dalam mengajar, karena seperti yang kita tahu semakin mereka termotivasi , semakin mudah pula pembelajaran tersebut bisa masuk ke dalam otak anak – anak ini

Download soal PTS kelas 7 semester 1

Soal PTS semester 1 ( LINK )

Demikianlah pembahasan tentang soal PTS yang bisa saya berikan kali ini, semoga hari kita semua bisa lebih indah dan lebih berguna lagi.