Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Promes Bahasa Indonesia kelas 7 semester 1 k13 - dunia guru 87

Promes Bahasa Indonesia kelas 7 semester 1 k13 - dunia guru 87
Foto oleh Alexandr Podvalny dari Pexels

Promes Bahasa Indonesia kelas 7 semester 1 k13 - dunia guru 87

Promes Bahasa Indonesia -  sebagai seorang guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas 7 SMP, kita harus mempunyai promes sebagai pegangan dalam melaksanakan tugas. Peran Promes ini sangatlah penting karena dengan bantuan Promes , kita akan lebih gampang dalam mengatur pembelajaran dari setiap materi.

Tujuannya adalah agar setiap materi bisa terselesaikan tepat pada waktu yang telah di tetapkan, dan tidak terjadi kekurangan waktu pembahasan suatu materi.  Seperti yang kita ketahui Promes ini adalah turunan dari Prota yang telah di susun lebih dahulu. Prota dan Promes ini sendiri akan menjadi/ dijadikan dasar dalam menyusun administrasi – administrasi lainnya.

Maka dari itu kita harus mampu untuk menyelesaikan penyusunan Promes bahasa Indonesia ini, agar administrasi – administrasi lainnya bisa di kerjakan sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar baik itu di kelas maupun di luar kelas.

Kita harus bisa dan mampu menyusun promes yang sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan juga sesuai dengan kalender pendidikan yang berlaku di daerah kita masing masing. Kita tidak akan mampu untuk menyelesaikan penyusunan Promes Bahasa Indonesia ini apabila kita belum memiliki kalender pendidikan.

Dalam Kalender pendidikan, telah di sediakan jumlah waktu efektif belajar yang bisa kita gunakan dalam mengajar, waktu belajar yang efektif inilah yang akan kita input kedalam Promes Bahasa Indonesia kelas 7.

Promes Bahasa Indonesia kelas 7 semester 1

Kita tinggal membagi waktu efektif yang tersedia, agar semua materi bisa tersampaikan dengan baik dan tidak mengalami kekurangan waktu. Hal ini sangatlah penting karena selain peserta didik harus mengikuti kegiatan belajar mengajar, mereka harus juga mengikuti kegiatan penilaian yang akan menentukan pencapaian mereka selama satu semester ini.

Yang menjadi masalahnya adalah tidak sedikit dari kita yang merasa malas dan tidak perlu untuk menyusun Promes Bahasa Indonesia, padahal seperti yang saya bilang tadi promes bahasa Indonesia ini sangatlah penting untuk menunjang kegiatan pembelajaran di dalam kelas. 

Rasa malas yang berlebih lebihan inilah yang akan mengganggu produktifitas kita di dalam menjalankan tugas dan kewajiban. Kita lebih cenderung untuk tidak menyusun Promes Bahasa Indonesia apabila tidak ada tekanan atau keharusan.

Padahal jika di kerjakan, promes bahasa Indonesia ini tidak memerlukan / tidak menyita terlalu banyak waktu kita. Kita bisa menggunakan Promes tahun ajaran yang telah lewat dan menyesuaikan tanggal pelaksanaanya saja. Dengan berpegangan pada promes tahun ajaran yang telah lewat, kita akan sangat di permudah dalam menyusun dan menyelesaikan Promes ini.

Selain dari Promes tahun ajaran yang telah lewat,  kita juga bisa mencari contoh – contoh Promes bahasa Indonesia di dunia maya ( google ) . disana telah terdapat banyak website yang menyediakan Promes Bahasa Indonesia secara gratis, termasuk juga duniaguru87.com ini yang telah melampirkan contoh promes jadi di bawah artikel.

Promes kelas 7 Bahasa Indonesia

Tapi sebelum kita menggunakan promes bahasa Indonesia yang di dapatkan dari mbah google, kita harus mengedit/ menyempurnakannya terlebih dahulu agar Promes tersebut sesuai dengan materi materi yang akan kita berikan ke peserta didik.

Dan selain Promes Bahasa Indonesia, dalam blog ini telah saya lengkapi semua kebutuhan administrasi seorang guru. Tujuan saya adalah agar membuat hari hari seorang guru lebih mudah, sehingga kualitas mengajar dari seorang guru akan lebih meningkat lagi.

Karena semakin meningkat kreatifitas dan kemampuan kita sebagai guru, akan memicu juga peningkatan taraf kegiatan belajar yang kita lakukan di dalam kelas. Tujuannya ya itu saja, meningkatkan prestasi belajar anak anak kita di kelas 7 SMP ini. dan juga meningkatkan tata cara berbahasa Indonesia yang baik dan juga benar.

Download Promes kelas 7 bahasa Indonesia semester 1

Dibawah ini adalah Link download Promes kelas 7 yang bisa saya bagikan, silahkan mengunduh pada kata LINK di bawah ini.

Promes semester 1 kelas 7 ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang promes bahasa Indonesia kelas 7 semester 1 k13 ini, semoga saja artikel ini bisa membuat hari – hari kita lebih indah lagi.