Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Agama Hindu kelas 6 semester 2 baru

RPP Agama Hindu kelas 6 semester 2 baru
Foto oleh Alexandr Podvalny dari Pexels


RPP Agama Hindu kelas 6 semester 2 baru

RPP Agama Hindu – RPP ini di peruntukan untuk anak – anak kelas 6 di semester 2. RPP ini adalah gambaran materi yang ada di semester 2 ini, dan kegiatan seperti apa yang akan kita lakukan di setiap pertemuan materi Agama Hindu.

Kelas 6 ini sangat penting untuk kita tanamkan materi agama dan juga budi pekerti, agar karakter anak bisa terjaga dengan baik. Karena pentingnya materi agama hindu ini terhadap perkembangan karakter anak didik kita, kita harus mampu menyampaikan materi ini dengan sebaik baiknya agar peserta didik bisa melaksanakan penilaian dan mencapai target yang  di tentukan.

RPP Agama Hindu adalah bagian dari administrasi yang harus dimiliki oleh seorang guru, dan menjadi pegangan dari guru agama dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya di sekolah masing – masing. Tanpa administrasi , seorang guru tidak akan bisa melaksanakan tugas dengan baik.

Selain RPP Agama Hindu, seorang guru agama hindu juga harus memiliki administrasi lain seperti PROTA dan PROMES, Silabus, Jurnal harian mengajar, dan lain sebagainya. Seperti yang  saya katakan di atas, administrasi inilah yang akan menunjang kegiatan pembelajaran di dalam maupun di luar kelas.

Kita tidak akan mampu menyusun RPP agama hindu, apabila kita belum mempunyai PROTA  PROMES, dan juga silabus. Administrasi inilah yang akan menjadi tolak ukur kita dalam menyusun RPP agama hindu.

RPP Agama Hindu kelas 6 semester 2

Maka dari itu, kita harus menyusun PROTA dan PROMES juga Silabus terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam menyusun RPP Agama Hindu, dan memudahkan kita dalam pembagian waktu mengajar dari setiap materi.

RPP agama hindu kelas 6 semester 2 ini akan membahas materi tentang Sadripu, dan juga Tri Rna. Secara garis besarnya Sadripu ini adalah 6 musuh manusia yang harus di hilangkan dari diri manusia. Keenam musuh ini antara lain hawa nafsu, rakus, marah, mabuk, iri hati, dan kebingungan

Ke enam musuh manusia ini harus mampu kita tekan dan juga kita hilangkan karena akan berakibat buruk bagi kehidupan kita dalam bermasyarakat.  Ke enam sifat buruk ini akan memperkeruh hubungan kita dengan keluarga, sahabat, rekan kerja, dan juga orang – orang yang ada di sekitar kita.

Materi selanjutnya yang harus di bahas dalam RPP agama hindu kelas 6 semestter 2 ini adalah  TRI RNA. Secara garis besarnya TRI RNA ini bisa di artikan sebagai tiga hutang yang dimiliki oleh manusia, hutang – hutang ini antara lain hutang ke IDA SANG HYANG WIDHI, hutang kepada Leluhur, dan juga Hutang kepada para Rsi.

Dari kedua materi inilah yang akan kita gambarkan ke RPP Agama Hindu kelas 6. Dalam RPP ini juga bisa kita lampirkan penunjang – penunjang kita dalam menjabarkan RPP di kelas, salah satunya adalah  lampiran penilaian.

RPP Agama Hindu kelas 6

Setelah bapak ibu mampu menyelesaikan RPP agama hindu ini, langkah selanjutnya adalah mengusulkan RPP ini ke kepala sekolah untuk di tanda tangani. Biasanya Kepala sekolah akan memeriksa RPP yang teman teman susun , apakah sudah bisa di terapkan atau masih perlu perbaikan. Ababila telah di setujui, kepala sekolah akan membubuhkan tanda tangannya pada RPP yang bapak ibu guru susun tersebut.

Untuk memudahkan teman teman dalam menyusun RPP Agama Hindu ini, dalam artikel ini telah di sediakan RPP yang bisa bapak  ibu pakai untuk patokan ketika mengajar. RPP ini sendiri bisa bapak ibu guru  edit lagi agar bisa sesuai dengan keinginan dari bapak dan ibu.

Untuk susunan RPP Agama hindu ini, masih sama dengan RPP lainnya , dan sudah sesuai dengan peraturan pemerintah tentang RPP 1 lembar. Dengan adanya RPP 1 lembar ini, akan sangat memudahkan bapak dan ibu dalam menyusunnya. Waktu yang di perlukan dalam menyusun RPP pun akan semakin singkat.

Download RPP Agama Hindu kelas 6 semester 2 Baru

RPP Agama Hindu kelas 6 semester 2 ( LINK )