Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PTS semester 2 Bahasa Indonesia kelas 7 k13 – dunia guru 87

PTS semester 2 Bahasa Indonesia kelas 7  k13
Foto oleh Dids dari Pexels

PTS semester 2 Bahasa Indonesia kelas 7  k13 – dunia guru 87

PTS Bahasa Indonesia – kegiatan tengah semester anak – anak SMP kelas 7 biasanya akan di isi dengan kegiatan penilaian. Kegiatan penilaian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana peserta didik mampu menyerap materi selama setengah semester 2.

Kita tentu sangat berharap anak – anak ini mampu menyelesaikan soal PTS Bahasa Indonesia dengan baik, karena kegiatan penilaian ini juga akan menentukan tingkat keberhasilan kita dalam mengajar. Sudah pasti harapan kita adalah semua kegiatan pembelajaran yang kita lakukan berhasil, tapi apabila nilai yang di capai peserta didik belum memenuhi kriteria yang telah kita tentukan, kita harus mengadakan kegiatan remidial.

Kegiatan remidial merupakan kegiatan yang harus di adakan apabila peserta didik dinyatakan belum mencapai target yang di tentukan. Kegiatan remidial ini akan di adakan setelah peserta didik menyelesaikan kegiatan PTS Bahasa Indonesia.

Selain kegiatan remidial, bagi peserta didik yang telah melampaui batas minimal target yang telah kita tentukan akan mengikuti kegiatan pengayaan. Tujuan dari di adakannya kegiatan pengayaan ini adalah untuk memperdalam pemahaman materi peserta didik kita di kelas.

Apabila peserta didik kita lebih banyak mengikuti kegiatan remidial, berarti kita harus bisa menginstrospeksi diri apakah kita sudah bisa menyampaikan materi dengan baik atau belum. Apakah model pembelajaran yang kita terapkan sudah sesuai dengan materi dan sesuai dengan karakter peserta didik.

PTS Bahasa Indonesia kelas 7 semester 2

Terdapat banyak model pembelajaran yang berlaku di Indonesia, kita tinggal memilih model pembelajaran tersebut agar sesuai dengan materi dan mampu membangkitkan motivasi belajar peserta didik. tujuannya adalah agar ketika peserta didik mengikuti kegiatan PTS Bahasa Indonesia, anak – anak kita tidak akan mengalami/ terpaksa mengikuti kegiatan remidial.

Selain model pembelajaran, media pembelajaran juga berperan aktif terhadap tersampaikannya materi yang kita ajarkan. Usahakan untuk menyediakan media pembelajaran yang mampu untuk membuat peserta didik berkonsentrasi ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung.

Kita bisa menggunakan media pembelajaran yang tersedia di sekolah, atau kita juga bisa membuat sendiri media pembelajaran tersebut. Saya lebih merekomendasikan untuk membuat media pembelajaran sendiri, karena media pembelajaran yang kita susun sendiri akan lebih sesuai dengan materi yang akan kita sampaikan.

Karena pentingnya nilai dari PTS Bahasa Indonesia Ini, kita harus bisa memaksimalkan peran model pembelajaran dan juga media pembelajaran. Selain itu kita juga di tuntut untuk dapat menguasai kelas kita, karena dengan kondisi kelas yang kondusif akan sangat berpengaruh terhadap suatu pembelajaran.

Kita harus bisa menyetukan banyak kepala yang ada di kelas 7 ini,  kita harus mengetahui semua karakter dari peserta didik kita dan mampu mengarahkan mereka untuk bisa melaksanakan pembelajaran bersama – sama.

PTS Bahasa Indonesia kelas 7

Soal PTS Bahasa Indonesia ini  bisa kita ambil dari soal PTS tahun ajaran lalu. Hal ini akan mempermudah kita dalam menyusun soal PTS, karena soal soal tersebut telah kita laksanakan dan telah kita ketahui kedalaman dari soal tersebut.

Selain itu kita juga bisa saling sharing dengan sesama guru yang memegang pelajaran bahasa Indonesia, saling sharing soal ini akan sangat membantu kita dalam menyusun soal PTS Bahasa Indonesia. Yang perlu kita lakukan adalah menyaring soal – soal tersebut agar lebih sesuai lagi dengan materi – materi yang telah kita ajarkan di kelas.

Kita juga bisa mencari contoh soal PTS Bahasa Indonesia ini di google , seperti yang di sediakan oleh duniaguru87.com . soal yang saya bagikan kali ini, bisa bapak dan ibu jadikan acuan dalam menyusun soal PTS Bahasa Indonesia. Harapan saya agar soal ini bisa bapak ibu edit lagi agar lebih sesuai dengan pembahasan materi di kelas.

Kita harus mampu merangkum semua materi yang ada di tengah semester ini dengan baik, karena nilai yang di peroleh anak – anak ini akan menentukan hasil akhir yang di capai di akhir semester nanti. Nilai yang di peroleh peserta didik di akhir semester akan di ambil dari semua penilaian yang telah kita adakan di kelas.

Download PTS Bahasa Indonesia kelas 7 semester 2

PTS Bahasa Indonesia ( LINK )

Demikianlah soal PTS Bahasa Indonesia yang bisa saya share kali ini, semoga saja soal ini bisa membuat hari – hari kita lebih indah lagi.