Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silabus semester 1 SMP kelas 7 K13 – dunia guru 87

Silabus semester 1 SMP kelas 7 K13
Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels

Silabus semester 1 SMP kelas 7 K13 – dunia guru 87

Silabus – pada semester 1 ini, peserta didik akan mengalami masa peralihan dari dunia mereka di sekolah dasar ke sekolah yang lebih tinggi. Pada masa ini peserta didik akan mulai belajar mata pelajaran bahasa Indonesia yang ketika mereka di sekolah dasar masih di jadikan satu dalam tema.

Pada masa ini peserta didik masih kita cari tahu pengetahuan awal mereka tentang bahasa Indonesia, karena peserta didik yang ada di kelas kita ini berasal dari berbagai sekolah dasar. Maka dari itu kita harus bisa mengarahkan peserta didik kita agar bisa mengikuti pembelajaran materi di kelas.

Silabus bahasa indonesia ini sangat berperan penting dalam kegiatan pembelajaran yang akan berlangsung, karena dengan adanya silabus semua materi yang ada di kelas 7 semester 1 ini bisa tersampaikan dengan tuntas.

Silabus ini sendiri merupakan bagian dari administrasi seorang guru, dan administrasi ini harus di miliki sebelum guru melaksanakan kegiatan pembelajaran. Silabus juga menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan peserta didik mengikuti kegiatan penilaian.

Pada umumnya silabus ini biasanya akan di bentuk dari kegiatan perkumpulan guru seperti KKG dan juga pelatihan – pelatihan lainnya. Dalam kegiatan tersebut biasanya kita akan di bagi menjadi beberapa kelompok, dari kelompok inilah silabus akan di bagi bagi penyusunannya. Tujuannya adalah untuk mempermudah kita dalam menyusun silabus, dan juga mempersingkat waktu dalam menyusunnya.

Silabus semester 1 SMP kelas 7

Tapi jangan kecewa, jika di daerah bapak ibu tidak ada atau tidak pernah ada kegiatan seperti ini, karena bapak ibu bisa menyusun sendiri Silabus dengan bantuan Mbah google. Di google tidak hanya tersedia tata cara penyusunan silabus, tapi di google juga telah tersedia silabus jadi yang bisa langsung kita pakai.

Sebelum kita memakai silabus yang tersedia di google, akan lebih baik jika kita terlebih dahulu mengecek isi dari silabus tersebut. Jika telah sesuai , kita tinggal menginput tanggal pelaksanaannya dengan bantuann kalender pendidikan. 

Yang harus kita perhatikan dalam menyusun suatu silabus adalah tanggal pelaksanaan suatu materi, agar semua materi ini bisa tuntas sesuai dengan tanggal yang telah di tentukan. Kita tentu tidak menginginkan materi bahasa Indonesia yang ada di semester 1 kelas 7 ini tidak tuntas, karena akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir dari siswa itu sendiri.

Selain silabus, kita juga harus bisa menyusun RPP yang bisa mencakup dan menggambarkan silabus yang telah kita susun. RPP ini adalah perpanjanan tangan dalam mendongkrak prestasi belajar anak – anak.

Silabus kelas 7

Setelah kita mampu menyelesaikan administrasi kelas 7 termasuk silabus, kita tinggal menyiapkan media pembelajaran agar materi – materi bahasa Indonesia bisa tersampaikan dengan tepat sasaran.

Dan agar administarasi ini bisa berjalan dengan baik, kita juga harus bisa mengelola kelas kita agar terap terjaga tingkat kondusifnya. Karena dengan kelas yang kondusif, akan sangat membantu dan mempercepat kita ketika membantu anak – anak dalam memahami materi bahasa Indonesia.

Selain Silabus kelas 7 semester 1 bahasa Indonesia ini, dalam blog ini telah saya sediakan semua administrasi yang bisa membantu guru BI dalam rutinitasnya sehari – hari di sekolah. Sehingga bapak dan juga ibu tidak perlu jauh – jauh lagi mencari administrasi kelas.

Downoad Silabus semester 1 SMP kelas 7 

Silabus semester 1 ( LINK )

Semoga saja artikel tentang silabus semester 1 SMP kelas 7 k13 ini bisa menjadi sandaran guru SMP kelas 7 dalam melaksanakan tugas dan kewajiban di tempat tugas masing – masing.