Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silabus semester 2 Bahasa Indonesia kelas 7 SMP k 13

Silabus semester 2 Bahasa Indonesia kelas 7 SMP k 13
Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels

Silabus semester 2 Bahasa Indonesia kelas 7 SMP k 13

Silabus Bahasa Indonesia – administrasi yang harus dimiliki oleh guru salah satunya adalah Silabus, silabus ini bisa di artikan sebagai suatu rencana pembelajaran yang wajib di susun , agar kita dapat melaksanakan kewajiban – kewajiban kita di tempat tugas.

Silabus di kelas 7 ini dibagi menjadi 2 yaitu silabus semester 1 dan silabus semester 2. Biasanya silabus ini akan di susun di awal semester bersama dengan administrasi – administrasi lainnya, karena kita tidak akan bisa menjalankan kewajiban / mengajar dengan baik tanpa bantuan administrasi guru.

Dalam penyusunan Silabus, kita sebagai seorang guru harus berpatokan pada kalender pendidikan yang telah di bagikan oleh dinas terkait. Dengan bantuan kalender pendidikan , kita akan bisa menginput tanggal / waktu penerapan suatu materi dalam silabus. Tujuannya adalah agar semua materi dapat tersampaikan dengan baik dan juga tepat waktu.

Tapi kita tidak bisa menggunakan kalender pendidikan daerah lain, karena pembagian waktu dalam setiap kalender pendidikan akan berbeda beda. Hal ini terjadi karena di setiap daerah memiliki hari libur/ tanggal merah yang berbeda – beda.

Yang menjadi masalah dari masa ke masa adalah rasa malas yang selalu menggerogoti kita, ketika kita menyusun administrasi guru seperti silabus ini. Rasa malas ini biasanya menyerang kita ketika awal semester, karena sisa – sisa dari efek liburan masih melekat pada diri kita hehehe.

Silabus Bahasa Indonesia kelas 7 SMP semester 2

Dalam silabus Bahasa Indonesia, biasanya sudah tersedia tabel jadi yang tinggal kita input saja isi – isinya. Yang pertama kita input adalah satuan pendidikan, satuan pendidikan ini akan kita input dengan tempat kita bertugas. Jangan sampai kita input dengan tempat tugas orang lain, karena tidak akan nyambung hehe.

Untuk bagian mata pelajarannya akan di isi dengan Bahasa Indonesia, selanjutnya pada bagian kelas dan semester akan di input dengan kelas VII semester 2. Yang terakhir pada bagian kop silabus adalah tahun pelajaran.

Selanjutnya adalah Kompetensi Inti dari silabus yang tengah kita susun. Isi dari KI ini antara lain peserta didik harus bisa menghayati ajaran dari agama yang mereka peluk, peserta didik juga harus bisa menunjukkan sikap jujur, disiplin dan lainnya ketika mereka bersosialisasi dengan lingkungan sekitar mereka.

Selain itu peserta didik harus mampu memahami pengetahuan tentang IPTEK, dan yang terakhir adalah siswa di haruskan unntuk mempu mencoba, mengolah dan juga menyajikan ranah kongkrit dan juga abstrak.

Silabus Bahasa Indonesia kelas 7 SMP

Selanjutnya setelah kita selesai menginput KI, kita akan masuk pada pembahasan dari silabus. Pada inti silabus ini adalah gambaran rencana kita dalam satu semester yang mesti kita susun dengan sebaik – baiknya. Karena selain untuk membantu kita ketika melaksanakan kegiatan di kelas, silabus juga akan menjadi arsip kita jika suatu saat kita di periksa oleh pihak yang terkait.

Pada bagian akhir silabus ini, harus kita input dengan identitas kita sebagai penyusun dan identitas kepala sekolah. Pada umumnya sebelum silabus ini di ACC oleh kepala sekolah dan di bubuhi tanda tangan beserta cap, Silabus yang kita susun ini akan di periksa terlebih dahulu apakah sudah sesuai atau belum.

Download Silabus Bahasa Indonesia kelas 7 SMP

Silabus Semester 2 kelas 7 ( LINK )

Demikianlah silabus semester 2 bahasa Indonesia kelas 7 SMP k13 semester 2 yang bisa saya share kali ini.