Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP PJOK 1 lembar kelas 3 semester 1 k13 – dunia guru 87

RPP PJOK 1 lembar kelas 3 semester 1 k13


RPP PJOK 1 lembar kelas 3 semester 1 k13 – dunia guru 87

RPP PJOK – bapak ibu guru yang mengajar di sekolah dasar pasti tidak asing lagi dengan istilah RPP, RPP ini adalah salah satu kewajiban yang harus bapak ibu guru miliki, sebelum bapak ibu guru melaksanakan kegiatan belajar mengajar baik itu di dalam kelas maupun di luar kelas.

Tata cara pembuatan suatu RPP PJOK pasti telah ada di luar kepala bapak dan ibu guru. Sudah tidak bisa di hitung lagi berapa banyak pelatihan – pelatihan yang bapak ibu guru ikuti, yang membahas tentang tata cara penyusunan suatu RPP.

Bahkan pada saat di bangku kuliahpun kita telah di bekali tata cara penyusunan RPP. Hal ini tidak lepas dari profesi yang akan kita ambil nantinya, para dosen pasti telah mengetahui bahwa mahasiswa dan mahasiswinya suatu saat nanti akan bergelut dengan RPP PJOK.

Bapak ibu guru yang sangat saya banggakan, RPP PJOK ini sangat saya harapkan agar di susun dengan semaksimal mungkin. Karena dengan RPP yang baik, kegiatan pembelajaran pun akan berjalan dengan baik juga, dan hasil pembelajaran yang di capai pun akan baik dan sesuai dengan target.

Untuk mendapatkan hasil pembelajaran yang maksimal, dalam pelaksanaan RPP PJOK ini di kelas/ di lapangan harus di bantu dengan media pembelajaran. Media pembelajaran ini adalah salah satu faktor penentu keberhasilan suatu pembelajaran, karena dengan bantuan media pembelajaran suatu materi akan lebih mudah untuk di sampaikan.

RPP PJOK 1 lembar kelas 3

RPP PJOK ini adalah salah satu tugas pokok yang harus kita kerjakan, kita tidak akan bisa melaksanakan tugas dengan baik tanpa ada RPP di samping kita. Seperti namanya rencana pelaksanakan pembelajaran, seperti apa pembelajaran yang akan berlangsung nantinya akan tergambar oleh RPP PJOK yang telah kita susun.

Tapi sebelum menyusun RPP PJOK, kita harus menyusun terlebih dahulu program tahunan dan juga program semester. Kita tidak akan bisa menyusun suatu RPP apabila prota dan promes ini belum kita susun / miliki, karena dalam prota dan promes terdapat susunan waktu yang akan kita input kedalam rencana pelaksanaan pembelajaran yang tengah kita susun.

Salah satu materi yang terdapat dalam RPP PJOK ini adalah gerakan dasar nonlokomotor, dengan bantuan RPP peserta didik diharapkan agar mampu untuk menjelaskan prosedur prosedur gerakan kombinasi seperti memutar lengan, menekuk lutut, mengayunkan lengan, dan gerakan meliukkan badan. 

Selain itu peserta didik juga sangat di harapkan agar mampu untuk mempraktekan kombinasi – kombinasi tersebut dalam bentuk permainan permainan sederhana dan atau juga pada permainan – permainan tradisional.

RPP PJOK kelas 3 semester 1

Selain materi di atas, dalam materi PJOK kelas 3 juga terdapat materi tata cara bergerak yang seimbang, yang lentur, yang lincah, dan juga berdaya tahan yang baik. Dari materi ini , peserta didik diharapkan untuk mampu menjelaskan gerakan sikap keseimbangan ketika duduk, berdiri, berjalan, berlari, selain itu peserta didik juga harus mampu untuk menjelaskan gerakan gerakan tentang latihan kelenturan otot, latihan tentang kelincahan, dan latihan tentang daya tahan tubuh.

Pada materi ini juga peserta didik sangat kita harapkan mampu memperagakan gerakan gerakan yang seimbang, yang lentur, yang lincah, dan juga berdaya tahan di dalam permainan sederhana/ permainan tradisional

Gerakan dasar yang manipulatif juga merupakan salah satu materi yang ada di kelas 3 semester 1.  Pada materi ini , kita sangat mengharapkan agar peserta didik mampu untuk menjelaskan tata cara kombinasi pola – pola dasar melambungkan dan juga menangkap, melempar dan juga menangkap bola, menahan dan juga menendang bola. Selain itu peserta didik juga di harapkan agar mampu mempraktekan kombinasi – kombinasi gerakan tersebut.

Download RPP PJOK kelas 3 semester 1

Prosedur gerakan kombinasi gerak dasar non-lokomotor ( LINK )
Prosedur bergerak seimbang, lentur, lincah, dan berdaya tahan ( LINK )
Prosedur gerak dasar manupulatif ( LINK )
Prosedur gerak kombinasi pola gerak dasar lokomotor. ( LINK )

Sekian artikel tentang RPP PJOK 1 lembar kelas 3 semester 1 k13 . semoga saja artikel ini bisa membantu bapak ibu guru.