Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PTS Kelas 3 Semester 1 K13 baru – duniaguru87.com

Soal PTS Kelas 3 Semester 1 K13 baru – duniaguru87.com


Soal PTS Kelas 3 Semester 1 K13 baru – duniaguru87.com

Soal PTS – kegiatan penilaian adalah salah satu kegiatan yang wajib di lakukan oleh semua peserta didik, karena melalui kegiatan penilaian semua peserta didik akan dinilai sejauh mana mereka mampu menyerap materi yang telah di pelajari di dalam ataupun di luar kelas.

Salah satu kegiatan penilaian tersebut adalah penilaian tengah semester, atau lebih dikenal dengan istilah PTS atau juga UTS. Kegiatan ini akan diadakan pada tengah semester, ketika materi tema 1 dan 2 kelas 3 telah selesai di berikan ke peserta didik.

Kegiatan PTS ini akan menilai sejauh mana daya serap anak – anak terhadap materi tema 1 dan juga tema 2 yang ada di kelas 3, maka dari itu peserta didik harus mampu menyelesaikan materi dan mampu menyerapnya dengan baik.  Yang bisa kita lakukan agar hal tersebut tercipta adalah dengan mengadakan pembelajaran yang sesuai dengan karakter kelas yang kita miliki.

Kita harus mampu untuk menguasai kelas kita, agar setiap pembelajaran mampu berjalan dengan kondusif. Hal ini sangatlah penting karena dengan kelas yang kondusif, materi akan lebih mudah di tangkap oleh anak – anak kita di dalam kelas.

Selain kondisi kelas yang kondusif, kita juga harus jeli dalam memilih dan menerapkan suatu model pembelajaran. Dari sekian banyak model pembelajaran yang tersedia, kita harus mampu untuk memilih dan menerapkan salah satu model pembelajaran tersebut di dalam kelas. 

Soal PTS kelas 3 semester 1 K13

Hasil dari kegiatan PTS ini juga ditentukan oleh penggunaan media pembelajaran, tak dapat di pungkiri banyak sekali guru – guru yang tidak menggunakan media pembelajaran untuk mendukung suatu pembelajaran di kelas. Alasannya sangat beragam, mulai dari malas untuk membuat atau menggunakannya, hingga alasan ketidak sesuaian materi dengan media yang ada di sekolah.

Para guru cenderung hanya berbekal 1 buku pegangan ( buku pegangan guru ) ketika mengajar di kelas, atau bahkan tidak membawa apa- apa karena menganggap materi telah ada di luar kepala. Ya memang saya akui materi yang telah kita sampaikan berulang – ulang kali akan masuk kedalam ingatan kita, dan mempermudah kita dalam menyampaikan suatu materi.

Tapi hal tersebut tidak akan membuat peserta didik dengan mudah menangkap materi yang kita berikan. Mereka membutuhkan sebuah media pembelajaran agar materi ini lebih menarik dan lebih mudah untuk di serap.

Soal PTS kelas 3 ini akan memuat 2 materi tema antara lain pertumbuhan dan perkembangan mahkluk hidup ( tema 1 ), dan menyayangi tumbuhan dan hewan ( tema 2 ). Kedua tema ini harus mampu kita susunkan soal yang sesuai dengan materi yang telah kita sampaikan, agar hasil dari pelaksanaan soal PTS ini mampu untuk di jadikan sebagai sebuah gambaran bagi kita.

Soal PTS kelas 3 Semester 1

Soal PTS kelas 3 semester 1 ini akan membahas tentang pertumbuhan dan perkembangan mahkluk hidup , materi tema 1 ini memiliki beberapa tujuan yang harus mampu kita capai. Beberapa tujuan pembelajaran tersebut antara lain siswa diharapkan untuk mampu mengidentifikasi bentuk pola irama yang sederhana,

Siswa juga di harapkan untuk mampu mempraktekkan pola irama sederhana, selain itu peserta didik juga sangat diharapkan agar mampu untuk menyebutkan ciri – ciri mahkluk hidup dengan tepat , dan peserta didik diharapkan untuk mampu mencari pasangan nama dan juga lambang suatu bilangan.

Soal PTS semester 1 juga akan membahas materi menyayangi tumbuhan dan juga hewan. Sama seperti tema 1 tadi, tema 2 ini juga memiliki tujuan yang harus kita capai antara lain siswa diharapkan untuk mampu mendongeng dengan cara cara yang tepat, siswa juga diharapkan agar mampu menemukan sifat – sifat pertukaran pada suatu penjumlahan.

Download Soal PTS kelas 3 semester 1

Soal tema 1 sub 1 dan 2 ( LINK )
Soal tema 1 sub 3 dan 4 ( LINK )
Soal tema 2 sub 1 dan 2 ( LINK )
Soal tema 2 sub 3 dan 4 ( LINK )

Demikianlah pembahasan artikel tentang Soal PTS Kelas 3 Semester 1 K13 baru, semoga saja artikel tentang soal PTS ini mampu membantu teman – teman.