Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prota kelas 7 Bahasa Indonesia semester 1 k13 – dunia guru 87

Prota kelas 7 Bahasa Indonesia semester 1 k13
Foto oleh Pavel Danilyuk dari Pexels

Prota kelas 7 Bahasa Indonesia semester 1 k13 – dunia guru 87

Prota Kelas 7 –  Bahasa Indonesia adalah salah satu mata pelajaran yang akan peserta didik temui di bangku kelas 7. Pada kelas 7 ini peserta didik akan mengalami perubahan yang signifikan, perubahan lingkungan belajar menjadi salah satu faktor yang harus di sesuaikan oleh peserta didik.

Perubahan Lingkungan belajar ini diantaranya teman – teman baru, sekolah baru, dan juga guru – guru baru. Pada semester 1 ini kita akan berusaha untuk mengenal karakter dari peserta didik, dan memadukan mereka dalam satu kelas.

Semakin cepat mereka mampu untuk menyesuaikan diri, semakin cepat pula materi kita bisa tersampaikan. Selain itu prota kelas 7 ini juga memegang peran yang sangat penting, karena dengan adanya Prota ini pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana yang telah kita tetapkan sebelumnya.

Dengan adanya Prota kelas 7 ini, kita akan sangat mudah dalam mengajar dan akan lebih mudah pula dalam menyusun administrasi guru bahasa Indonesia lainnya. Prota ini adalah dasar kita untuk menyusun administrasi seperti silabus, jurnal harian mengajar, RPP dan lain sebagainya.

Kita tidak akan bisa menyusun administrasi – administrasi tersebut, apabila kita belum menyelesaikan penyusunan Prota kelas 7 ini. Alangkah baiknya, kita bisa menyelesaikan penyusunan prota ini leih awal, agar kita bisa melanjutkan penyusunan administrasi – administrasi lainnya.

Prota Kelas 7 Bahasa Indonesia semester 1

Prota kelas 7 bahasa Indonesia semester 1 ini bisa disusun dengan bantuan dari kalender pendidikan, kalender pendidikan ini akan memberikan kepada kita jumlah hari efektif belajar yang bisa kita input kedalam prota kelas 7.

Karena fungsi dari kalender pendidikan ini yang sangat vital, kita harus menunggu untuk di rilisnya kalender ini oleh dinas yang terkait. Kita tidak bisa menebak nebak hari efektif yang tersedia, karena hari efektif ini akan di input kedalam Prota kelas 7.

Dan jika kalender pendidikan yang berlaku di daerah bapak dan ibu telah di rilis, bapak ibu bisa mulai menyusun Prota kelas 7 ini dengan berpatokan pada kalender tersebut. Dan untuk mempermudah bapak dan ibu dalam menyusun prota kelas 7 ini,  saya telah melampirkan berkas prota kelas 7 dalam artikel ini.

Prota kelas 7 yang saya bagikan ini bisa menjadi gambaran untuk bapak dan ibu guru bahasa Indonesia dalam menyusun Prota. Jika prota yang saya bagikan ini telah sesuai dengan materi yang ingin bapak dan ibu bahas di kelas, bapak dan ibu bisa langsung memakainya.

Tapi jika belum sesuai dengan keinginan yang bapak dan ibu harapkan, prota kelas 7 ini bisa bapak dan ibu modifikasi lagi agar lebih sesuai dengan materi yang ingin/ akan di bahas.

Prota kelas 7 bahasa Indonesia

Saya lebih merekomendasikan untuk memodifikasi lagi Prota kelas 7 yang saya bagikan ini, karena dengan memodifikasi prota yangn sudah jadi, akan lebih sesuai lagi dengan materi – materi yang ada di kelas 7 SMP.

Selain dari artikel ini, bapak dan ibu juga bisa mencari/ sharing dengan teman sejawat yang juga bertugas sebagai guru bahasa Indonesia di kelas 7. Bapak dan ibu bisa menentukan tempat dan waktu untuk saling sharing/ berbagi informasi seputar prota kelas 7 ini.

Selain informasi dan data yang bisa bapak dan ibu dapatkan dari kegiatan sharing ini, bapak dan ibu juga akan mendapatkan hubungan baik antara sesama guru bahasa Indonesia. Hubungan baik ini sangat perlu untuk di jaga, karena kita sebagai manusia adalah mahkluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

Selain itu bapak dan ibu juga bisa mengambil Prota kelas 7 ini  pada berkas tahun ajaran yang telah lewat, hal ini juga saya rekomendasikan karena akan sangat mempercepat kita dalam menyusun prota kelas 7

Download Prota kelas 7 Bahasa Indonesia semester 1

Prota Bahasa Indonesia ( LINK )

Semoga artikel  Prota kelas 7 Bahasa Indonesia semester 1 K13 ini bisa membantu dalam menjalankan tugas di sekolah masing – masing.