Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal tematik kelas 6 tema 5 subtema 1 2 3 kurikulum 2013 – dunia guru 87

Soal tematik kelas 6 tema 5 subtema 1 2 3 kurikulum 2013 – dunia guru 87

Soal tematik – kegiatan penilaian adalah salah satu kegiatan yang akan dan harus di ikuti dan di laksanakan peserta didik. kegiatan penilaian ini akan di laksanakan ketika peserta didik telah menyelesaikan kegiatan belajar tema 5 di kelas.

Soal tematik kelas 6 tema 5 subtema 1 2 3 kurikulum 2013
Foto oleh Rebecca Zaal dari Pexels

Kegiatan penilaian soal tematik ini sangat perlu untuk di laksanakan karena kegiatan ini akan mencerminkan perkembangan pengetahuan peserta didik ketika mereka telah menyelesaikan pembelajaran di dalam kelas. Harapan kita adalah hasil dari pelaksanaan soal tematik ini bisa mencapai target yang telah kita tetapkan.

Pada artikel ini, saya akan membagikan contoh soal tematik yang saya miliki, soal tematik yang saya bagikan ini bisa menjadi gambaran bapak ibu ketika bapak ibu menyusun soal tematik kelas 6. Atau bapak ibu guru kelas 6 bisa menggunakan soal yang saya bagikan ini, jika bapak ibu merasa soal tematik ini sudah sesuai dengan materi pembelajaran yang telah bapak ibu guru sampaikan.

Tapi alangkah baiknya, jika bapak ibu menggunakan soal tematik yang saya baiknya terlebih dahulu di modifikasi terlebih dahulu. Tujuan dari memodifikasi soal tematik yang saya bagikan ini adalah untuk menyempurnakan soal tematik agar lebih sesuai dengan materi – materi dari tema 5 ini.

Semakin baik soal tematik yang bapak ibu guru susun, semakin baik pula gambaran yang bisa bapak ibu guru dapatkan. Apakah peserta didik telah mampu menyerap apa yang telah kita sampaikan atau belum mampu menyerap materi – materi yang telah kita sampaikan.

Pencapaian hasil dari soal tematik ini sangat penting bagi peserta didik, karena soal tematik ini akan menjadi bagian dari hasil penilaian merekan di semester 1 nantinya. Soal tematik ini akan di gambungkan dengan 5 soal tematik lainnya, soal tengah semester, dan juga ulangan semeseter.

Soal kelas 6 tema 5

Untuk mencapai hasil soal tematik yang sesuai target, kita harus bisa melaksanakan pembelajaran yang baik dan mampu diserap oleh peserta didik. disinilah fungsi dari rencana pelaksanaan pembelajaran dan juga jurnal harian yang telah kita susun . Dengan bantuan rencana pelaksanaan pembelajaran dan jurnal harian mengajar, kita akan bisa melaksanakan pembelajaran dengan baik. Kegiatan pembelajaran yang berlangsung juga lebih tertata , karena dalam administrasi tersebut sudah tertera batasan – batasan mengajar.

Semakin baik rencana pelaksanaan pembelajaran yang kita susun, semakin baik pula hasil belajar yang bisa kita dapatkan dari peserta didik. karena itulah kita sebagai seorang guru, dituntut untuk harus memiliki administrasi kelas dalam menunjang kegiatan pembelajaran yang akan di laksanakan.

Selain rencana pelaksanaan pembelajaran dan juga jurnal harian mengajar, kita juga harus bisa memaksimalkan fungsi dari buku bimbingan konseling. Buku bimbingan konseling ini secara tidak langsung juga akan berpengaruh pada hasil belajar siswa, dengan bantuan buku bimbingan konseling kondisi kelas kita akan lebih kondusif sehingga pembelajaran bisa berlangsung dengan baik sehingga tujuan dari soal tematik ini bisa dengan mudah dapat tercapai.

Kegiatan pembelajaran yang baik juga di tentukan dari media dan model pembelajaran yang kita pakai di kelas. Usahakan untuk menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik yang kita miliki. Begitu juga dengan pemilihan media pembelajaran, usahakan untuk menggunakan media pembelajaran yang bisa menunjang materi yang sedang kita ajarkan. Dengan bantuan media pembelajaran dan model pembelajaran ini akan sangat berpengaruh pada hasil yang akan di dapatkan anak – anak kita.

Bank soal kelas 6 tema 5

Bapak ibu guru kelas 6 , tema 5 di kelas 6 ini akan membahas tentang wirausaha. Materi tema wirausaha ini akan dibagi lagi kedalam beberapa subtema diantaranya kerja keras berbuah kesuksesan ( subtema 1 ), usaha di sekitarku ( subtema 2 ), globalisasi dan cinta tanah air (subtema 3 ).

Dalam materi subtema 1 ini kita harus bisa menanamkan sikap bekerja keras sejak usia dini, kita sebagai seorang guru harus bisa mengarahkan dan mendidik peserta didik untuk menjauhi sikap malas. Karena pentingnya materi penanaman sikap bekerja keras ini, kita harus bisa menyusun soal tematik yang bisa membangun sikap bekerja kelas dan menjauhi sikap malas.

Untuk materi subtema 2 yang membahas tentang usaha di sekitarku, kita harus bisa menjelaskan dan mengarahkan peserta didik untuk mengetahui usaha – usaha apa saja yang ada di sekitar peserta didik. tujuannya adalah agar setelah peserta didik selesai melaksanakan kegiatan penilaian soal tematik ini, peserta didik mampu menyebutkan jenis – jenis usaha yang ada di sekitar mereka.

Yang terakhir adalah subtema 3 yang akan membahas tentang globalisasi dan cinta tanah air. Peran kita disini adalah menanamkan cinta tanah air, dan rasa bangga  terhadap bangsa dan negara ini. selain itu kita juga harus bisa memantik semangat peserta didik untuk bisa bersaing di tentah persaingan global yang semakin hari semakin berat.

Download soal kelas 6 tema 5

Soal kelas 6 tema 5 subtema 1 ( LINK )
Soal kelas 6 tema 5 subtema 2 ( LINK )
Soal kelas 6 tema 5 subtema 3 ( LINK )

Demikianlah artikel tentang Soal tematik kelas 6 tema 5 subtema 1 2 3 kurikulum 2013 yang bisa saya sampaikan, semoga saja contoh soal yang saya bagikan ini bisa menjadi salah satu acuan bapak ibu guru dalam menyusun soal tematik.