Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 cara Menurunkan demam pada bayi dengan cepat yang dapat di lakukan di rumah

6 cara Menurunkan demam pada bayi dengan cepat yang dapat di lakukan di rumah
Foto oleh kelvin octa dari Pexels

6 cara Menurunkan demam pada bayi dengan cepat yang dapat di lakukan di rumah

Menurunkan demam – anak adalah harta yang paling berharga yang kita miliki di dunia ini, apalagi bagi pasangan - pasangan yang baru memiliki bayi. Semua hal akan kita lakukan untuk menjaga anak – anak kita ini, agar  tetap terjaga kesehatan dan juga tumbuh kembangnya.

Kita tidak akan bisa tenang apabila anak kita sakit, semua aktivitas kita pun juga akan sangat terganggu dengan hal ini. apalagi bila yang sakit ini adalah bayi kita, mereka hanya bisa menangis tanpa bisa kita ketahui penyebabnya, hal ini terjadi karena merasa tidak nyaman dengan kondisi yang mereka alami.

Menurunkan demam pada bayi

Dibawah ini telah dunia guru 87 rangkum tentang cara menurunkan demam pada bayi.

1. Berikan obat

Bagi bayi yang masih berumur di bawah 6 bulan, bapak dan ibu bisa memberikan acetaminophen untuk menurunkan tingkat demam nya.  Dan bagi bayi yang usianya lebih besar bapak dan ibu bisa menggunakan ibuprofen yang khusus untuk anak dengan dosis yang sesuai dengan takaran.

Tapi alangkah baiknya sebelum teman – teman memberikan obat ini , teman - teman lebih dahulu harus berkonsultasi dengan dokter anak yang ada di daerah teman - teman. Dokter anak inilah yang akan lebih tahu tentang penyebab anak atau bayi kita mengalami demam.

Dokter anak ini akan melakukan pemeriksaan kondisi bayi kita, dan memberikan penanganan selanjutnya  terkait dengan kondisi bayi. Hal ini lebih baik daripada kita sendiri yang memberikan obat, karena kita tidak tahu penyebab dari demam dan efek samping yang akan di timbulkan setelah kita memberikan obat.

2. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh bayi

Jika bayi kita terserang demam, kita harus tetap memberikan makanan dan juga minuman yang cukup.  Tujuannya agar bayi kita tidak mengalami dehidrasi, berikanlah bayi kita asi yang cukup, atau mungkin susu formula jika ibu tidak menyusui, dan juga air putih.

3. Mandi dengan air hangat

Bapak dan ibu bisa memandikan bayi dengan air hangat untuk menurunkan demam, bapak dan ibu sangat tidak di anjurkan untuk menggunakan air yang dingin karena akan memperparah demam pada bayi.

4. Kompres 

Bapak dan ibu bisa mengkompres bayi dengan menggunakan air yang hangat atau air biasa agar demam pada bayi bisa turun. Bapak dan ibu juga sangat tidak di sarankan untuk menggunakan air dingin dalam mengkompres , karena akan mengakibatkan bayi bapak dan ibu menjadi menggigil.

5. Istirahat

Cara menurunkan demam berikutnya adalah istirahat. Dengan melakukan istirahat tubuh bayi atau balita akan meregenerasi sel – sel sehingga demamnya akan cepat reda. Usahakan bayi atau balita bisa merasa nyaman agar mereka bisa beristirahat.

6. Menggunakan pakaian yang tipis

Bapak dan ibu bisa memakaikan pakaian yang tipis dan juga mampu menyerap keringat ketika bayi / balita terserang demam. Hindari untuk menggunakan pakaian yang tebal ataupun selimut karena hal ini akan menyebabkan demam bayi susah untuk turun.

Penyebab bayi demam

1. Imunisasi

2. Virus

3. Capek karena cuaca yang panas

4. Peradangan

5. Infeksi bakteri

Demikianlah artikel tentang 6 cara Menurunkan demam pada bayi dengan cepat yang dapat di lakukan di rumah yang bisa dunia guru 87 bahas, semoga saja artikel ini bisa membantu bapak dan ibu dalam usaha menurunkan demam pada bayi atau balita.