Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab penyakit jantung yang wajib kita hindari sedini mungkin

Penyebab penyakit jantung yang wajib kita hindari sedini mungkin
Foto oleh Los Muertos Crew dari Pexels


Penyebab penyakit jantung yang wajib kita hindari sedini mungkin

Penyakit jantung – salah satu penyakit berbahaya yang ada di dunia ini adalah penyakit jantung. Tingkat kematian yang tinggi akibat dari penyakit ini sangatlah tinggi, karena hal inilah yang membuat penyakit ini menjadi momok yang sangat menakutkan bagi semua orang.

Tak dapat kita pungkiri, gaya hidup kita yang tidak sehat ini merupakan salah satu penyebab lahirnya penyakit jantung dan anehnya kebiasaan hidup seperti ini sangatlah sulit untuk di tinggalkan. Penyakit jantung ini tak mengenal umur, dia bisa menyerang anak – anak hingga yang sudah lansia.

Dalam artikel ini, dunia guru 87 akan mencoba membahas seputar penyebab kita bisa terjangkit penyakit jantung ini.

Penyebab penyakit jantung

1. Faktor keturunan

Dilansir dari american heart association, faktor keturunan ini menjadi salah satu penyebab munculnya penyakit jantung. Maka dari itu kita harus mengetahui apakah salah satu anggota keluarga kita pernah atau sedang  terjangkit penyakit ini.

Apabila memang ada faktor keturunan dalam keluarga teman – teman, yang bisa teman – teman lakukan adalah menekan kemungkinan dari risiko terserang penyakit ini. teman – teman harus mampu menerapkan gaya hidup yang sehat agar teman – teman dapat menghindari penyakit yang sangat berbahaya ini.

2. Faktor umur

Penyebab penyakit jantung berikutnya adalah umur atau usia, tak dapat kita pungkiri semakin kita tua semakin menurun pula daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit. Biasanya kemungkinan penyempitan dan juga rusaknya arteri ini terjadi ketika kita beranjak lansia.

Fungsi otot pada jantung juga akan mulai melebah ketika usia kita semakit bertambah. Biasanya usia yang rentan terkena penyakit jantung ini adalah di atas 46 tahun untuk sebagian pria, dan bagi wanita biasanya rentan ketika mereka memasuki masa – masa dan telah menopouse.

3. Terlalu banyak makan

Mungkin sedikit aneh ketika teman – teman mengetahui alasan ini termasuk kedalam salah satu penyebab penyakit jantung. Mengkonsumsi makanan secara berlebih – lebihan merupakan penyebab terjadinya beberapa masalah kesehatan, salah satunya adalah penyakit jantung.

Mengkonsumsi makanan yang kadar lemaknya dan juga karbohidrat yang tinggi, mampu untuk memompa tingkat kolesterol dalam darah kita. Hal ini akan mengakibatkan tersumbatnya pembuluh darah yang menuju jantung, dan meningkatkan kemungkinan kita terserang penyakit ini.

4. Malas berolahraga

Olahraga membawa peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita, tubuh kita akan menjadi lebih sehat dan tidak mudah untuk terserang penyakit. Tapi tidak banyak orang yang mampu atau mau meluangkan sedikit waktunya untuk berolahraga, entah alasanya malas ataupun sibuk dengan rutinitasnya sehari – hari.

Dengan berolahraga kita akan mampu menekan kemungkinan kita terjangkit  darah tinggi dan juga obesitas. penyakit inilah yang akan menjadi penyebab  penyakit jantung.

5. Setres

Dilansir dari medical news today, setres yang terus menerus mampu menyebabkan terjadinyapenyempitan dalam pembuluh darah. Hal ini terjadi karena hormon adrenalin dan katekolamin yang di produksi sangat tinggi dalam tubuh kita.

Maka dari itu, alangkah baiknya kita dapat melakukan kegiatan yang dapat menekan tingkat setres misalnya melakukan kegiatan – kegiatan yang teman – teman anggap menyenangkan. Kegiatan ini sangat di anjurkan dalam menghilangkan atau mengurangi setres yang kita alami.

6. Merokok

Rokok membawa banyak efek negatif bagi tubuh kita, salah satunya adalah penyakit kanker ( kantong kering ) yang sudah pasti akan menyerang kita hehehe. Kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok dapat mengakibatkan tingkat elastisitas pembuluh darah berkurang, dan akan menjadi cikal bakal lahirnya penyakit jantung .

jenis Makanan  yang wajib kita hindari

1. Minuman bersoda
2. Burger
3. Kripik
4. Kentang goreng
5. dll