Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PAS semester 1 kelas 5 k13 – dunia guru 87

Soal PAS semester 1 kelas 5 k13 – dunia guru 87


Soal PAS semester 1 kelas 5 k13 – dunia guru 87

Soal PAS – Peserta didik di kelas  akan mengikuti kegiatan penilaian akhir semester atau lebih di kenal lagi dengan istilah PAS. Sudah menjadi suatu keharusan bagi peserta didik dan juga kita untuk mengikuti kegiatan PAS ini, setelah kita menyelesaikan pembahasan materi tema – tema yang ada di semester 1

Sebelum kita menyusun soal PAS ini, kita sudah harus bisa pastikan bahwa materi kita telah selesai di ajarkan baik itu di dalam kelas maupun di luar kelas. Hal ini sangatlah penting agar soal pas yang kita susun ini mampu di jawab oleh peserta didik.

Setelah kita pastikan materi yang terdapat di semester 1 ini telah tuntas, langkah selanjutnya adalah kita mulai menyusun soal pas . materi semester 1 ini akan dirangkum kedalam soal pas yaang kita susun.

Kita bisa mencari referensi dari soal - soal pas tahun ajaran yang lalu, atau bisa juga mencari di google tentang soal kelas 5. Hal ini akan sangat memudahkan kita dalam penyusunan soal pas , karena kita telah memiliki referensi yang cocok dalam menyusun suatu soal.

Selain itu dengan adanya banyak referensi, soal pas dapat kita susun ini akan lebih cepat selesai di susun karena seperti yang saya katakan di atas, dengan adanya banyak referensi akan memudahkan kita dalam menyusun suatu soal pas kelas 5.

Soal PAS semester 1 kelas 5

Ijinkanlah pada kesempatan kali ini, duniaguru87.com ingin menyediakan refrensi dalam menyusun soal pas semester 1. Besar harapan saya soal yang di bagikan ini bisa membantu bapak dan ibu dalam penyusunan butir soal pas semester 1.

Soal pas yang saya bagikan ini bisa bapak ibu guru gunakan secara langsung, tapi alangkah baiknya soal ini bisa di edit terlebih dahulu agar isi soal bisa lebih sesuai dengan materi yang telah bapak ibu guru berikan di kelas. Selain itu saya juga sangat mengharapkan agar soal ini bisa bapak ibu guru sharing lagi ke teman – teman guru sesama guru kelas 5.

Pengembangan Soal pas yang bapak ibu guru susun ini juga sangat penting untuk di lakukan, karena akan mampu mengembangkan pola pikir dari peserta didik kita di kelas 5.  Tapi saya sarankan agar pengembangan soal ini masih sesuai dengan materi yang ada di kelas 5 semester 1, agar hasil dari pelaksanaan soal pas ini masih bisa kita gunakan sebagai gambaran daya serap peserta didik.

Tapi apabila bapak dan ibu mengembangkan soal yang terlalu jauh dari materi, soal tersebut dapat saya katakan soal yang gagal. Pertama, soal tersebut tidak akan mampu untuk kita jadikan sebagai gambaran daya serap dari peserta didik. hal ini akan sangat merugikan kita sebagai seorang guru, yang sangat ingin mengetahui tentang perkembangan peserta didik.

Kedua, secara tidak langsung akan membuat peserta didik kita kehilangan semangat untuk belajar. Karena soal yang kita berikan tidak sesuai dengan apa yang mereka pelajari di sekolah ataupun di rumah. Hal ini tentu akan juga sangat merugikan kita , karena kita harus membangun kembali semangat belajar peserta didik.

Soal PAS semester 1

Selain itu anak anak juga akan mendapatkan nilai yang di bawah standar, karena soal pas yang kita berikan tidak mampu untuk di jawab oleh peserta didik kita. Secara tidak langsung, hal ini akan menambah pekerjaan kita karena kita harus mengadakan kegiatan remidial untuk memperbaiki nilai peserta didik yang di bawah standart.

Maka dari itu saya sangat menyarankan agar bapak dan ibu guru, ketika menyusun soal pas bapak ibu guru tidak terlalu jauh mengembangkan soal. Kembangkanlah soal hanya sebatas mengembangkan pola pikir dari peserta didik. jangan sampai mengembangkan soal hingga tak mampu untuk di jawab oleh peserta didik.

Dalam soal pas semester 1 kelas 5 ini, terdapat 5 tema yang harus kita susunkan soal. Mulai dari tema 1 yang membahas tentang materi organ organ gerak hewan dan juga manusia, tema 2 yang membahas tentang udara yang bersih bagi kesehatan manusia, tema 3 yang membahas tentang jenis dan manfaat makanan sehat, tema 4 yang membahas tentang sehat itu penting bagi manusia, dan tema 5 yang akan membahas tentang ekosistem yang tersedia di bumi.

Kelima materi inilah yang harus kita berikan secara mendalam, dan kita pastikan juga harus mampu di serap dengan baik oleh peserta didik. kita harus mampu mengkreasikan kegiatan pembelajaran kita agar menjadi lebih menarik, karena hal ini akan membuat peserta didik kita menjadi lebih semangat dalam mengikuti pembelajaran.

Selain itu kita juga harus mampu untuk menguasai kelas kita, agar kondisi kelas tetap kondusif sehingga pembelajaran bisa berjalan dengan baik. Hal ini kita lakukan agar peserta didik mampu mengikuti kegiatan soal PAS dengan baik, dan mampu mencapai target yang telah kita dan sekolah tentukan sebelumnya.

Download Soal PAS semester 1 kelas 5

Bapak dan ibu silahkan untuk melakukan pengunduhan pada link di bawah yang telah saya sediakan.

Tema 1 ( LINK )
Tema 2 ( LINK )
Tema 3 ( LINK )
Tema 4 ( LINK )
Tema 5 ( LINK )

Demikianlah artikel tentang soal pas semester 1 kelas 5 k 13 yang bisa saya bagikan, semoga saja artikel ini bisa membantu.