Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PAT kelas 5 kurikulum 2013 – dunia guru 87

Soal PAT kelas 5 kurikulum 2013 – dunia guru 87


Soal PAT kelas 5 kurikulum 2013 – dunia guru 87

Soal PAT – setiap akhir tahun ajaran peserta didik akan mengikuti kegiatan penilaian akhir tahun, kegiatan penilaian akhir tahun ini adalah salah satu kewajiban peserta didik dalam satu tahun ajaran yang wajib untuk diikuti. Kegiatan PAT ini adalah salah satu penentu status dari peserta didik apakah mereka mampu untuk naik ke kelas yang lebih tinggi.

Tapi hasil dari PAT ini bukan satu – satunya  penentu keberhasilan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. Masih banyak aspek lain yang juga menjadi penentu apakah peserta didik pantas untuk naik ke kelas yang lebih tinggi, atau tetap tinggal di kelas 5.

Salah satunya adalah hasil penilaian setiap tema di semester 2, setiap tema yang ada di semester 2 ini akan di adakan penilaian yang bertujuan untuk melihat dan memantau perkembangan dari peserta didik. selain untuk memantau perkembangan peserta didik, nilai yang di dapatkan ini akan menjadi salah satu penyumbang dalam nilai rata – rata yang di capai oleh peserta didik.

Selain  nilai dari setiap tema, sikap dan prilaku dari peserta didik juga akan menjadi salah satu penentu keberhasilan dari peserta didik. sikap dan prilaku peserta didik ini akan dipantau dari salah satu administrasi guru yang telah kita susun yaitu buku bimbingan dan konseling.

Trek record peserta didik akan terpantau dengan baik melalui administrasi ini, kita akan sangat terbantu karena dengan administrasi ini kita akan mengetahui peserta didik yang menunjukkan penyimpangan selama kegiatan pembelajaran di sekolah.

Soal PAT kelas 5 K13

Dalam menyusun Soal PAT, bapak ibu sudah di haruskan untuk menyelesaikan semua pembahasan yang ada di tema – tema semester 2. Hal ini bertujuan agar kita lebih mudah dalam menyusun soal PAT, karena materi – materi ini akan kita input kedalam soal yang akan di ikuti oleh peserta didik di kelas 5.

Terdapat 4 tema dalam semester 2 yang harus kita buatkan soal agar pelaksanaan PAT ini bisa berjalan, salah satunya adalah tema 6 yang akan membahas tentang panas dan perpindahannya. Tema 6 ini akan berfokus pada kegiatan menemukan kata kunci setiap paragraf bacaan, menyajikan ringkasan dari suatu teks, percobaan sumber energi , dan juga kegiatan menyusun laporan percobaan.

Harapan yang ingin di capai oleh tema 6 ini adalah agar peserta didik mampu untuk menemukan setiap kata kunci yang terdapat dalam suatu bacaan, menyimpulkan bacaan dan juga menyajikan ringasan dari sebuah teks, siswa juga diharapkan untuk mampu melakukan suatu percobaan tentang sumber energi panas, setelah melakukan percobaan peserta didik juga diharapkan untuk mampu menyusun suatu laporan.

Setelah tema 6, dalam semester 2 juga terdapat tema 7 yang akan membahas tentang peristiwa dalam kehidupan. Dalam tema 6 ini akan membahas tentang mengidentifikasi latar belakang kedatangan bangsa – bangsa eropa di Indonesia, menyusun peta pikiran tentang kedatangan bangsa – bangsa eropa, selain itu dalam tema 6 ini juga akan membahas tentang sifat – sifat dari benda padat, cair, dan juga gas.

Tujuan yang ingin di capai dari tema 7 ini adalah agar peserta didik mampu untuk mengidentifikasi dan membuat peta pikiran tentang kedatangan bangsa – bangsa eropa di Indonesia, selain itu peserta didik juga di harapkan untuk mampu menjelaskan sifat sifat benda padat, benda cair, dan benda gas.

Soal PAT kelas 5

Dalam tema 8 kelas 5 ini peserta didik akan diharapkan untuk memahami isi dan tujuan yang telah tertara dalam tema 8. Kita harus mampu menyusun soal PAT yang mampu mengarahkan peserta didik untuk mampu menyebutkan peristiwa dan juga tindakan yang terdapat dalam suatu teks nonfiksi, selain itu peserta didik diharapkan untuk mampu mengidentifikasi manfaat dari air bagi kehidupan manusia, hewan dan juga tanaman.

Yang terakhir adalah tema 9 yang akan membahas  tentang benda – benda yang ada di sekitar kita. Soal PAT dari tema 9 ini akan mengarahkan peserta didik untuk mampu menyebutkan isi dalam iklan dan tujuan dari iklan tersebut, selain itu peserta didik juga akan di arahkan agar mampu untuk mengidentifikasi benda – benda yang termasuk kedalam kategori zat tunggal.

Semakin baik soal PAT yang kita susun, semakin baik pula hasil yang bisa kita peroleh. Soal ini harus kita susun dengan sedemikian rupa agar materi – materi yang ada di semester 2 mampu terangkum dengan baik.

Harapan kita adalah agar peserta didik mampu untuk menyelesaikan soal PAT ini dengan baik, sehingga akan memudahkan kita dalam menyusun nilai akhir dari peserta didik. Tidak ada seorang guru yang menginginkan peserta didiknya tidak mampu untuk menyelesaikan semuanya dengan baik.

Oleh karena itu, dalam menyampaikan suatu materi pembelajaran kita sebagai seorang guru harus memastikan materi tersebut mampu di serap dengan baik. Hal ini akan secara tidak langsung berimbas kedalam hasil penilaian yang di cepai oleh peserta didik. yang saya harapkan adalah bapak ibu mampu untuk mengkreasikan semua kemampuan agar mampu meningkatkan prestasi peserta didik.

Download soal PAT kelas 5

PAT tema 6 ( LINK )
PAT tema 7 ( LINK )
PAT tema 8 ( LINK )
PAT tema 9 ( LINK )

Demikianlah artikel tentang Soal PAT kelas 5 kurikulum 2013 , semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi bapak dan ibu guru.