Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PTS kelas 5 semester 2 tema 6 dan tema 7 baru

Soal PTS kelas 5 semester 2 tema 6 dan tema 7 baru


Soal PTS kelas 5 semester 2 tema 6 dan tema 7 baru

Soal PTS – setelah setengah semester berlalu, dalam jadwal yang telah di atur biasanya akan di adakan kegiatan penilaian tengah semesterr atau lebih di kenal dengan PTS. Kegiatan PTS ini adalah kegiatan rutin yang wajib di ikuti oleh peserta didik.

Dalam soal PTS semester 2, tema yang akan kita rangkum adalah tema 6 dan juga tema 7. Kedua tema inilah yang akan kita susunkan soal yang akan di jawab oleh peserta didik ketika mengikuti kegiatan penilaian tengah semester.

Dalam tema 6 kelas 5 akan berfokus pada materi panas dan perpindahannya, kita harus mampu untuk menyusun soal PTS yang dapat merangkum tujuan yang ingin di capai dari tema ini. tujuan pembelajaran yang ingin di capai dari tema ini adalah agar peserta didik mampu untuk menemukan kata kunci yang ada pada setiap paragraf,

Selain itu peserta didik di harapkan unutuk mampu melaksanakan percobaan tentang sumber energi panas yang dapat menyebabkan suatu perubahan, dan juga agar peserta didik mampu menyusun suatu laporan tentang percobaan tersebut.

Sedangkan untuk tema 7 akan berfokus pada materi peristiwa dalam kehidupan. Soal PTS yang kita susun ini harus mampu mengarahkan peserta didik agar mampu untuk dapat mengidentifikasi latar belakang kedatangan bangsa eropa ke Indonesia, selain itu peserta didik juga diharapkan unutk mampu menjelaskat tentang sifat sifat dari benda padat, cair , dan juga gas.

Soal PTS kelas 5 semester 2

Kedua tema itulah yang akan coba kita gambarkan dalam soal PTS semester 2 kelas 5. Usahakan untuk tidak mengembangkan soal PTS terlalu jauh dari materi, karena hal tersebut akan merugikan bapak ibu guru sendiri. Kenapa saya bisa mengatakan seperti itu, karena soal PTS yang terlalu jauh pengembangannya dari materi yang telah bapak ibu ajarkan, akan tidak mampu untuk di gunakan sebagai alat penilai daya serap materi yang telah di ajarkan.

Maka dari itu, saya sangat mengharapkan agar bapak ibu dalam mengembangkan soal tidak / jangan sampai menyimpang dari materi yang telah di sampaikan di kelas. Karena selain bapak ibu, peserta didik juga akan mengalami kesulitan ketika mengerjakannya.

Yang menjadi masalahnya adalah rasa malas yang biasanya melanda kita ketika kita menyusun soal PTS, hal ini tidak dapat di pungkiri karena memang begitu adanya. Saya pun terkadang merasakan hal yang sama ketika di haruskan untuk menyusun soal , administrasi dan lain sebagainya.

Itulah yang akan menjadi tantangan kita yaitu melawan rasa malas, hilangkanlan rasa malas dan munculkanlah kreatifitas kita sebagai seorang guru. Walaupun rasa malas ini melanda kita, kita tidak akan bisa berpaling dari tanggung jawab kita sebagai seorang guru.

Dalam artikel ini akan saya bagikan contoh soal PTS kelas 5 semester 2 , yang bisa menjadi tolak ukur bapak ibu dalam mencari inspirasi ketika menyusun soal PTS kelas 5. Dan saya sangat mengharapkan soal yang saya bagikan ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Soal PTS kelas 5

Sebagai seorang guru kita pasti sangat mengharapkan agar peserta didik kita bisa menyelesaikan soal PTS kelas 5 dengan baik dan benar. Saya sangat yakin bapak ibu juga akan merasa senang apabila nilai tengah semester yang di capai oleh peserta didik, mampu melewati batas minimal nilai yang telah bapak dan ibu tetapkan sebelumnya. 

Tapi jangan sampai bapak ibu merasa bahagia apabila soal PTS yang bapak ibu guru susun ini tidak mampu untuk di kerjakan oleh peserta didik. hal tersebut sangat tidak boleh untuk di lakukan, karena tujuan kita melaksanakan kegiatan PTS ini adalah untuk mengetahui sejauh mana daya serap dari peserta didik.

Dengan tidak mampunya peserta didik menjawab pertanyaan, akan menyebabkan munculnya nilai -nilai di bawah standar yang di capai oleh peserta didik . hal ini juga akan memberikan efek negatif pada kegiatan pembelajaran berikutnya.

Peserta didik akan mudah untuk merasa jenus, tidak ada motivasi belajar, dan akan mengakibatkan kondisi kelas kita menjadi tidak kondusif.  Hal ini tentu sangat tidak kita harapkan untuk terjadi maka dari itu dalam menyusun soal PTS, kita harus menyusun soal dengan sewajar wajarnya tidak terlalu mudah dan juga tidak terlalu sulit untuk di kerjakan.

 Karena seperti yang sudah saya katakan tadi, tujuan dari diadakannya PTS ini adalah untuk mengetahui sejauh mana daya serap dari peserta didik kita di kelas. Dalam penyusunan soal PTS ini kita juga bisa berkolaborasi dengan teman – teman kita sesama guru kelas 5, hal ini sangat saya rekomendasikan karena akan sangat mempermudah kita dalam menyusun soal tengah semester.

Selain dengan teman – teman sesama guru kelas 5, kita juga bisa berkonsultasi dengan teman – teman kita di sekolah. Mintalah masukan yang positif dan negatif agar kita bisa memperbaiki soal PTS yang telah kita susun, sehingga soal yang kita susun ini menjadi siap untuk di berikan ke peserta didik.

Download soal PTS kelas 5 semester 2

Tema 6 subtema 1 dan 2 ( LINK )
Tema 6 subtema 3 dan tema 7 subtema 1 ( LINK )
Tema 7 subtema 2 dan 3 ( LINK )

Demikianlah materi tentang Soal PTS kelas 5 semester 2 tema 6 dan tema 7 baru yang bisa saya bagikan kali ini, semoga saja bisa bermanfaat