Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PTS kelas 5 semester 1 tema 1 2 3 baru – dunia guru 87

Soal PTS kelas 5 semester 1 tema 1 2 3 baru – dunia guru 87

Soal PTS kelas 5 semester 1 tema 1 2 3 baru – dunia guru 87

Soal PTS – kegiatan penilaian yang  diadakan tengah semester adalah kegiatan wajib yang harus di ikuti peserta didik, karena melalui pelaksanaan penilaian ini kita akan mengetahui sejauh mana peserta didik kita mampu untuk menyerap materi – materi yang telah kita sampaikan.

Pelaksanaan soal PTS ini akan di adakan di pertengahan semester, ketika materi 1 , 2,  dan 3 telah selesai di sampaikan. Maka dari itu sebelum melaksanakan kegiatan penilaian, kita sudah harus menyelesaikan pembahasan materi – materi yang akan kita input kedalam soal PTS semester 1.

Dalam soal PTS ini harus mampu mencerminkan materi – materi tersebut. Semakin baik soal PTS yang kita susun , semakin baik pula gambaran yang akan kita dapatkan. Bapak dan ibu bisa menyusun soal PTS ini dengan melihat referensi soal – soal yang ada di Soal PTS tahun sebelumnya. Dengan bantuan soal – soal tahun yang sudah lewat, kita akan lebih mudah untuk menyusun soal – soal yang akan di berikan ke peserta didik.

Kita hanya perlu untuk memperbaharui soal – soal tersebut, dengan tujuan agar soal tersebut lebih segar lagi dan lebih sesuai dengan materi yang telah kita berikan. Dengan bantuan soal – soal lama ini, kita akan sangat mempersingkat waktu penyusunan soal PTS sehingga kita bisa memanfaatkan waktu tersebut dengan hal – hal lain yang berkaitan dengan tugas kita sebagai seorang guru.

Soal PTS kelas 5 semester 1

Soal PTS ini juga akan menjadi salah satu penentu ketuntasan peserta didik dalam semester 1, nilai yang di dapatkan peserta didik dari pelaksanaan soal ini akan di gabungkan dengan nilai – nilai lainnya sehingga akan menghasilkan nilai semester yang di capai oleh peserta didik.

Maka dari itu agar hasil yang dicapai peserta didik sesuai dengan yang kita inginkan, kita harus bisa memaksimalkan kegiatan pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Kita harus mampu memaksimalkan semua kemampuan kita baik itu penyampaian materi, maupun pemaksimalan media – media pembelajaran.

Selain itu model pembelajaran yang kita gunakan juga akan menentukan keberhasilan suatu pembelajaran. Terdapat banyak model pembelajaran yang bisa kita pilih, saran saya pilihlah model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik kita dan model pembelajaran yang bapak dan ibu anggap mampu membangkitkan semangat belajar dari anak kita.

Karena harapan kita agar anak kita mampu menyelesaikan soal PTS ini dengan baik, dan mampu mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain itu dengan hasil yang memuaskan akan mampu untuk meningkatkan semangat belajar dari peserta didik, karena hal ini akan semakin memecut semangat peserta didik agar mampu mempertahankan dan mampu melebihi nilai yang telah di dapatkan.

Tapi apabila nilai yang di dapatkan oleh peserta didik belum memuaskan, akan mengakibatkan menurunnya semangat belajar dari peserta didik, kondisi kelas juga akan menurun tingkat kondusifnya. Untuk itu kita harus mampu membangkitkan kembali semangat belajar peserta didik agar mampu untuk meningkatkan kembali semangatnya, dan mampu untuk mencapai target yang telah kita tentukan.

Soal PTS kelas 5

Soal PTS untuk kelas 5 ini juga akan menjadi kebanggaan kita, jika hasil yang di capai sesuai dengan yang kita inginkan. Dengan tercapainya target ini akan menggambarkan keberhasilan kita dalam melaksanakan suatu pembelajaran. 

Hal ini berarti materi – materi yang kita sampaikan mampu untuk di serap oleh peserta didik, selain itu model pembelajaran yang kita gunakan sudah sesuai dengan karakteristik peserta didik. dan juga media pembelajaran yang kita gunakan juga sudah mampu untuk membangkitkan dan sesuai dengan materi yang kita ajarkan.

Soal PTS yang saya bagikan ini, bisa bapak dan ibu guru gunakan langsung untuk peserta didik. tapi saran saya agar soal ini di modifikasi terlebih dahulu, agar lebih sesuai dengan materi – materi yang telah bapak ibu guru ajarkan. Hal ini sangat penting karena tujuan kita adalah untuk melihat sejauh mana daya serap dari pesert didik kita di dalam kelas.

Download PTS kelas 5

Dibawah ini adalah contoh soal PTS kelas 5 yang bisa bapak dan ibu guru unduh , silahkan mengklik kata link untuk memulai pengunduhan.

Tema 1 subtema 1 dan 2 ( LINK )
Tema 1 subtema 3, tema 2 subtema 1 ( LINK )
Tema 2 subtema 2 dan 3 ( LINK )
Tema 3 subtema 1 dan 2 ( LINK )
Tema 3 subtema 3 ( LINK )

Demikianlah artikel tentang Soal PTS kelas 5 semester 1 tema 1 2 3 baru yang bisa saya share, harapan saya artikel dunia guru 87 ini bisa membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah.