Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mencegah Kanker Payudara dengan 10 cara mudah

Mencegah Kanker Payudara dengan 10 cara mudah
Foto oleh Anna Tarazevich dari Pexels

Mencegah Kanker Payudara dengan 7 cara mudah

Mencegah kanker payudara – penyakit ini merupakan penyakit yang di takuti oleh kaum hawa, dan menjadi salah satu penyumbang angka kematian di Indonesia dan juga di Dunia. Kanker payudara ini dapat di golongkan kedalam penyakit yang sangat berbahaya, tapi penyakit ini masih bisa untuk di obati.

Mencegah kanker payudara

Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi dan mencegah terjangkitnya penyakit kanker payudara.

1. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab wanita beresiko terkena kanker payudara, apalagi bagi wanita yang mengalami obesitas dan  telah melewati masa menopouse, kemungkinannya terjangkit kanker payudara lebih tinggi lagi.

Maka dari itu, kita harus bisa menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat, agar kita terhindar dari kemungkinan obesitas.

2. Alkohol

Alkohol memang tidak direkomendasikan untuk di konsumsi, karena pengaruhnya yang tidak baik untuk kesehatan kita. Semakin sering kita mengkonsumsi alkohol, semakin tinggi pula kesempatan kita mendapatkan door price hadiah kanker payudara. Cara yang paling mudah adalah dengan berhenti untuk mengkonsumsi alkohol karena alkohol sendiri tidak baik juga untuk kesehatan kantong kita sendiri.

3. Olahraga 

Cara yang paling mudah untuk mencegah kanker payudara adalah dengan cara berolahraga. Karena dengan berolahraga tubuh akan menjadi sehat, dan berat badan pun akan menjadi normal. Lakukanlah olahraga yang kalian senangi seperti senam, aerobik dan lain sebagainya.

4. Merokok

Merokok juga merupakan gaya hidup yang tidak sehat, dan dapat menjadi pemicu munculnya kanker payudara. Kemungkinan untuk terjangkit kanker payudara ini akan lebih tinggi bagi wanita yang rutin mengkonsumsi rokok. 

Cara yang paling mudah adalah dengan berhenti merokok dan mulai mengubah gaya hidup ke arah yang lebih sehat lagi.

5. Menyusui

Menyusui adalah aktivitas wajib bagi setiap wanita yang memiliki bayi, menyusui ini sendiri memiliki segudang manfaat yang bisa kita dapatkan, selain manfaat untuk si bayi. Mulai dari amannya kantong si bapak dari gigitan susu kaleng, hingga menekan risiko kita terjangkit kanker payudara.

6. Riwayat keluarga

Salah satu penyebab kita bisa terkena penyakit kanker payudara adalah riwayat kesehatan payudara dari keluarga kita, maka dari itu alangkah baiknya untuk mengecek anggota keluarga kita apakah ada dari mereka yang memiliki riwayat penyakit ini  atau tidak( ingat keluarga kalian bukan keluarga tetangga ). 

Jika memang ada salah satu keluarga yang memiliki riwayat penyakit ini, yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kesehatan kita dan rutin untuk memeriksakan kesehatan ke dokter yang terdekat.

7. Setres

Setres merupakan penyebab munculnya aneka penyakit, termasuk juga kanker payudara. Secara garis besarnya memang tidak ada ikatan langsung antara setres dengan kanker payudara. Tapi bagi wanita yang sering menderita setres akan lebih mudah lagi terjangkit suatu penyakit dan membuat kondisi tubuh menjadi tidak sehat dan secara tidak langsung akan memicu munculnya penyakit ini.

Cara mengatasinya pun sangatlah mudah, kita cukup melakukan hal – hal yang kita sukai untuk menurunkan tingkat setres yang kita alami. kegiatan tersebut antara lain shopping , bermain bersama anak, rekreasi dan lain sebagainya. Perhitungkan juga keuangan kita , agar setelah kita melakukan hoby ini tidak akan menimbulkan setres yang baru.

Demikianlah pembahasan tentang mencegah kanker payudaya yang bisa dunia guru 87 bagikan, semoga saja artikel ini bisa membantu teman teman dalam menjaga kesehatan payudara.