Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal PTS kelas 4 semester 1 k13 baru – dunia guru 87


Soal PTS kelas 4 semester 1 k13 baru – dunia guru 87

Soal PTS – PTS adalah singkatan dari Penilaian tengah semester, PTS ini awalnya bernama UTS atau lebih di kenal dengan ulangan tengah semester. PTS ini adalah salah satu kegiatan penilaian yang akan di laksanakan oleh guru, untuk menilai pencapaian dari peserta didik selama setengah semester.

Soal PTS semester 1 ini akan berasal dari tema 1 dan tema 2, selain itu pada artikel kali ini saya juga akan membagikan soal PTS matematika. Kegiatan penilaian PTS ini akan menjadi salah satu gambaran kita terhadap perkembangan belajar peserta didik, selain itu juga dengan diadakannya PTS ini akan memacu semangat peserta didik agar mendapatkan nilai yang baik.

Maka dari itu, kita harus bisa menyusun soal PTS yang mampu merangkum semua materi di tema 1 dan juga di tema 2. Semakin baik kita merangkum materi tersebut, semakin baik pula hasil penilaian soal PTS yang bisa kita dapatkan.

Sebagai seorang guru, kita pasti sangat mengharapkan peserta didik kita mampu menyelesaikan soal PTS ini dengan baik dan juga mendapatkan hasil yang memuaskan. Dengan tercapainya hasil yang memuaskan, tentu akan membuat kita menjadi tenang. Tenang di sini dalam artian bahwa materi yang telah kita sampaikan ke peserta didik mampu di serap dengan baik dan dalam.

Soal PTS kelas 4 semester 1

Tapi apabila peserta didik kita belum mampu mencapai target yang telah di tetapkan dalam soal PTS, berarti kita harus mereview ulang  mulai dari diri kita, peserta didik, hingga lingkungan tempat belajar. Tujuannya adalah untuk mencari dan menemukan penyebab peserta didik belum mampu mencapai target yang telah di tetapkan.

Seandainya kekurangan tersebut berasal dari diri kita, kita harus mampu menginstrospeksi diri dan juga harus mau membenahi diri kita. Hal ini bertujuan agar dalam pembelajaran kedepannya akan semakin baik lagi. Kita bisa mulai membenahi diri kita dari penyusunan RPP, kita harus mereview ulang RPP yang telah kita susun apakah RPP yang kita susun ini sudah sesuai atau belum. 

Selain mereview RPP yang telah kita susun, kita juga harus mereview ulang model pembelajaran yang kita terapkan di kelas. Model pembelajaran ini sangat berperan penting terhadap keberhasilan peserta didik dalam menyerap materi pelajaran. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencoba model pembelajaran lain yang sekiranya mampu membangkitkan semangat belajar peserta didik, dan juga mampu mempermudah peserta didik dalam menyerap materi yang kita berikan di dalam maupun di luar kelas.

Kondisi kelas juga merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu pembelajaran. Mungkin saja selama setengah semester, kita kurang memperdulikan kondisi kelas karena dikejar oleh deadline materi kita. Yang bisa kita lakukan adalah mulai untuk mengkondisikan kelas kita, agar kelas kita menjadi lebih bersih dan kondusif sehingga peserta didik bisa nyaman dan bisa berkonsentrasi dalam belajar.

Soal PTS kelas 4

Soal PTS ini biasanya akan di susun pergugus, biasanya setiap gugus akan terdiri dari 3 sampai 7 sekolah. Yang biasa di lakukan adalah membagi penyusunan soal mulai dari kelas 1 hingga kelas 6 kepada semua anggota gugus.

Tapi apabila penyusunan soal PTS ini dilakukan secara individu, bapak ibu bisa menggunakan soal PTS yang saya bagikan ini sebagai gambaran ketika menyusun soal PTS. Soal PTS yang saya bagikan ini adalah standar minimal soal yang saya berikan kepada peserta didik di kelas 4, karena pada saat penyusunan soal ini Dunia dan Indonesia sedang terserang virus COVID.

Soal dengan standar minimal ini saya berikan, karena menurut saya kegiatan pembelajaran tidak berjalan dengan baik dan juga maksimal. Selain itu saya juga ingin meminimalisir timbulnya setres pada peserta didik ketika mengikuti kegiatan penilaian soal PTS.

Download soal PTS kelas 4 semester 1

Soal PTS tema 1 ( LINK )
Soal PTS tema 2 ( LINK )
Soal PTS matematika ( LINK )

Demikianlah artikel tentang Soal PTS kelas 4 semester 1 k13 baru yang bisa saya bagikan kali ini, tetap semangat dalam mencerdaskan bangsa.