Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

12 makanan yang Sehat yang baik untuk kesehatan jantung

12 makanan yang Sehat yang baik untuk kesehatan jantung
Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

12 makanan yang Sehat yang baik untuk kesehatan jantung

Makananan sehat – jantung adalah bagian tubuh yang amat penting, yang harus kita rawat dan kita jaga kesehatannya. Tapi tanpa kita sadari, gaya hidup yang kita terapkan sehari – hari sangat membebankan dan merugikan kesehatan dari jantung kita.

Dibawah ini merupakan gaya hidup/ kebiasaan kita yang mampu merugikan kesehatan dari jantung kita.

1. Merokok

Sudah tak dapat di pungkiri lagi bahwa rokok pasti selalu membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Kebiasaan merokok akan memacu terjadinya pembekuan darah, sehingga aliran darah akan terhambat ketika menuju jantung. Cara terbaik untuk meminimalisir penyakit jantung adalah dengan berhenti merokok.

2. Kebanyakan makan

Kebiasaan berikutnya yang akan merugikan kesehatan jantung yaitu makan berlebih – lebihan. Denyut jantung dan juga tekanan darah akan meningkat, ketika kita makan tidak pada porsi yang normal. Kebutuhan oksigen pun akan sangat meningkat karena tekanan darah kita yang tinggi, dan hal ini akan sangat membebani jantung kita.

3. Menonton televisi

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan favorit dari ibu – ibu, apalagi pada jam – jam sinetron mulai tayang. Semua aktivitas akan di hentikan dan mulai fokus pada televisi.

Tapi tanpa kita sadari, kebiasaan ini akan menjadi pemicu serangan jantung dan juga stroke. hal ini bisa terjadi karena ketika kita sedang menonton acara favorit kita di televisi, kita akan lebih cenderung untuk diam dan tidak bergerak. Hal ini akan memicu terganggunya peredaran darah,dan juga mampu untuk memanipulasi gula dan juga kadar lemak dalam tubuh.

4. Begadang

Kalau yang ini sih sudah menjadi kebiasaan hampir setiap orang, banyak alasan yang bisa kita berikan ketika harus begadang, entah itu sibuk dengan game di gadgetnya hingga sibuk menyelesaikan lemburan.

Dan ternyata kebiasaan ini sangat membawa dampak buruk bagi kesehatan jantung kita. Metabolisme dan juga tekanan darah akan sangat terganggu dengan kebiasaan ini, dan meningkatkan kemungkinan untuk terserang penyakit jantung.

5. Alkohol

Kebiasaan meminum minuman yang beralkohol akan sangat merugikan jantung kita, karena tubuh kita akan mengubah alkohol yang masuk menjadi lemak. Hal ini akan memicu timbulnya kolesterol, dan dengan tingginya kolesterol dalam tubuh akan sangat memperlebar kemungkinan kita untuk menderita penyakit jantung.

Aneka makanan yang direkomendasikan untuk kesehatan jantung

Untuk mencegah kita dari penyakit jantung, kita harus lebih sering lagi berolahraga dan menjauhi kebiasaan – kebiasaan yang telah di jabarkan di atas. Selain berolahraga kita juga harus menjaga pola makan yang sehat, agar jantung dan tubuh bisa terjaga kesehatannya.

Dibawah ini adalah beberapa aneka makanan sehat yang sangat di rekomendasikan untuk kesehatan jantung

1. Sayuran hijau

Makanan sehat yang di rekomendasikan pertama adalah sayuran hijau, seperti kangkung, bayam, sawi, dan sayuran – sayuran hijau lainnya. Sayuran hijau ini kaya akan mineral,juga vitamin, dan anti oksidan.

2. Ikan tuna

Ikan tuna adalah makanan favorit bagi banyak orang, rasanya yang nikmat membuat kita selalu ingin untuk mengkoksumsinya. Kandungan omega 3 yang ada pada ikan tuna dapat mengobati pembengkakan pada jantung, hal ini bisa terjadi karena omega 3 ini akan mengurangi tekanan pada darah, dan mencegah pembekuan pada darah.

3. Biji – bijian

Ternyata biji bijian utuh seperti jagung, gandum dan juga beras merah merupakan makanan yang bisa meminimalisir berbagai jenis penyakit seperti penyakit diabetes, kanker, obesitas, dan juga jantung. Hal ini bisa terjadi karena yang terdapat dalam biji – bijian tersebut adalah antioksidan, mineral, protein dan lain sebagainya.

4. Alpukat

Siapa yang tidak menyukai jus alpukat ? hampir semua orang menyukai makanan sehat ini, dan ternyata alpukat adalah salah satu makanan yang sangat di rekomendasikan untuk kesehatan jantung. Kandungan lemak tak jenuh tunggal / MUFA yang terdapat dalam alpukat mampu untuk menyehatkan jantung kita.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung dan juga lambung kita. Kita cukup meminum satu sendok minyak zaitun secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

6. Buah Apel

Makanan sehat berikutnya adalah apel , makan satu sampai dua apel setiap harinya dipercaya mampu untuk menekan terjadinya penyakit jantung. Buah apel mampu mengatur gula darah kita dan juga mampu untuk menekan kolesterol yang jahat

7. Coklat hitam

Makanan sehat selanjutnya yaitu coklat hitam, kandungan flavonoid yang terdapat di dalam coklat hitam ini akan menjaga kesehatan jantung kita. Dalam beberapa penelitian risiko penyakit jantung ini lebih rendah pada orang orang yang rajin mengkonsumsi coklat

8. Ikan salmon

Ikan salmon merupakan makanan sehat yang sangat di anjurkan bagi penderita penyakit jantung. Kandungan – kandungan lemak baik yang terdapat dalam ikan salmon ini akan menjaga jantung kita selalu sehat dan meminimalisir kita untuk terserang penyakit jantung.

9. Buah Anggur

Bauh anggur juga merupakan buah yang menjadi favorit hampir semua orang. Kandungan serat dan juga floavonoid yang terdapat di dalam anggur mampu untuk menekan kemungkinan kita terjangkit penyakit jantung dan juga tekanan darah.

10. Tomat

Tomat juga merupakan makanan yang di rekomendasikan untuk kesehatan jantung. Anti oksidan yang terdapat dalam buah tomat ini akan meminimalisir efek dari radikal bebas, dan juga peradangan sehingga kondisi jantung kita akan selalu terjaga baik.

11. Ubi jalar

Ubi jalar adalah salah satu makanan sehat dari masa ke masa, kandungan thiamin dan juga vitamin B6 yang terdapat dalam ubi jalar mampu memaksimalkan fungsi dari jantung. Hal ini akan secara tidak langsung dapat menyehatkan jantung kita

12. Jeruk

Buah jeruk juga merupakan makanan sehat yang direkomendasikan untuk jantung, dari rasanya yang masam hingga manis ini sangatlah di sukai oleh banyak orang. Kandungan potasium dan juga serat pektin dalam jeruk mampu untuk menekan kolesterol dan juga tekanan darah.

Demikianlah artikel tentang 12 makanan yang Sehat yang baik untuk kesehatan jantung, semoga saja dengan adanya artikel ini dapat membantu kita dalam rangka menjaga kesehatan jantung. Karena kesehatan jantung sangatlah penting bagi setiap manusia, sehingga tidak ada salahnya untuk kita dapat berubah/ mengubah gaya hidup kita menjadi lebih baik lagi.