Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 efek samping terlalu sering Minum air dingin yang perlu kita ketahui

5 efek samping terlalu sering Minum air dingin yang perlu kita ketahui
Foto oleh solod_sha dari Pexels

5 efek samping terlalu sering Minum air dingin yang perlu kita ketahui

Minuman dingin – air dingin atau air es adalah minuman favorit dari semua orang, rasanya yang segar dan juga nikmat membuat kita ketagihan untuk meminumnya terus menerus. Minuman dingin sangat cocok untuk di diminum ketika cuaca tengah terik teriknya, apalagi saat kita mengkonsumsi makanan yang pedas, minuman dingin adalah pilihan pertama yang akan kita pilih.

 Di luar dari rasanya yang nikmat dan juga segar, ternyata minuman dingin ini membawa efek negatif bagi kesehatan tubuh kita. Dunia guru 87 telah merangkum beberapa dampak dari minuman dingin bagi kesehatan tubuh, yang bisa kita jadikan acuan untuk membatasi konsumsi air dingin.

 Bahaya minuman dingin

Dunia guru 87 telah merangkum 5 efek negatif yang bisa kita alami jika terlalu sering mengkonsumsi minuman dingin. Efek negatif tersebut antara lain

1. Mengganggu pencernaan

Minuman dingin yang kita konsumsi ini akan menyempitkan pembuluh darah, akibatnya adalah pencernaan kita akan terhambat dan akan berakibat pada menumpuknya lemak di perut. Maka dari itu alangkah baiknya mulai dari sekarang kita bisa mengurangi konsumsi minuman dingin bagi yang sering mengalami gangguan pencernaan.

2. Batu ginjal

Minuman dingin seperti es teh yang kita konsumsi pada saat makan akan sangat beresiko karena dapat membentuk batu ginjal. Zat axolate yang ada di dalam es teh ini adalah penyebab utama lahirnya batu ginjal.

3. Radang tenggorokan

Minuman dingin adalah penyebab terciptanya lendir yang ada di lapisan kerongkongan, hal ini akan membuat tenggorokan kita menjadi rawan untuk terinfeksi dan juga radang. 

4. Sakit kepala

Ternyata terlalu sering mengkonsumsi minuman dingin bisa menyebabkan sakit kepala. Minuman dingin ini akan memperlampat kerja dari metabolisme tubuh, hal ini akan mengganggu saraf kita dan akan menyebabkan munculnya sakit kepala. Sakit kepala ini akan sangat menggangu kita dalam beraktivitas, pekerjaan kita pun tidak bisa kita selesaikan dengan maksimal.

5. Nutrisi tubuh akan hilang

Nutrisi yang ada di dalam makanan tidak akan bisa di serap dengan maksimal, karena energi dalam tubuh akan di gunakan untuk menormalkan suhu tubuh ketika kita mengkonsumsi minuman dingin.

Manfaat dari minuman dingin

Selain membawa dampak negatif bagi tubuh kita, ternyata minuman dingin juga mempunyai beberapa manfaat yang perlu kita ketahui. Manfaat tersebut antara lain

1. Mood

Minuman dingin mampu memperbaiki mood kita, dengan mengkonsumsi minuman dingin akan merangsang otak untuk mengirimkan sinyal yang mampu menjaga suasana hati tetap adem. Jadi jangan heran, apabila ada orang yang sedang emosi biasanya akan di berikan minuman dingin untuk menenangkan emosinya

2. Mengembalikan energi

Manfaat minuman dingin berikutnya adalah untuk menjaga tubuh tetap segar dan tidak mudah untuk cepat lelah dan juga gerah. Minuman dingin ini akan menyerap panas dan akan mendinginkannya dengan cepat

3. Meningkatnya produksi adrenalin

Minuman dingin ternyata mampu untuk merangsang adrenalin kita bisa di produksi dengan cepat. Adrenalin ini akan sangat membantu kita untuk siaga dan waspada. Selain itu minuman dingin ini juga akan dapat membantu kita agar bisa tetap fokus pada sesuatu yang kita kerjakan.

Demikianlah pembahasan dari 5 efek samping terlalu sering Minum air dingin yang perlu kita ketahui, semoga saja artikel ini bisa membantu teman – teman untuk mengetahui efek negatif dan juga efek positif dari mengkonsumsi minuman dingin.